Cobain Pedasnya Usaha Kuliner Modal Kecil Rujak Es Krim!

Cobain Pedasnya Usaha Kuliner Modal Kecil Rujak Es Krim!
https://travelingyuk.com

Usaha kuliner modal kecil kali ini membahas mengenai usaha rujak es krim. Membicarakan soal usaha memang membutuhkan modal untuk memulainya. Tidak melulu selalu dengan modal yang besar namun usaha bisa dijalankan dengan modal usaha kecil. Dengan modal kecil pun tidak menutup kemungkinan untuk meraih kesuksesan seperti yang dilakukan oleh pengusaha sukses berikut ini.

Usaha rujak es krim ini termasuk usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Selain mudah untuk dijalankan, kuliner yang satu ini peminatnya cukup banyak. Siapa tak kenal dengan rujak es krim? Santapan ringan ini memiliki rasa yang khas dan lengkap karena adanya perpaduan rasa rujak yang pedas asam dan sensasi dingin es krim/ es puter yang lembut dan manis. Jadi ada rasa manis, pedas, asam dan dingin dalam satu hidangan saja.

Manfaatnya pun bukan hanya sebagai santapan ringan saja, namun rujak es krim ini mempunyai manfaat meningkatkan stamina tubuh Anda, karena banyaknya kandungan vitamin C dari racikan aneka buahnya. Kuliner khas ini sangat cocok dinikmati pada saat siang hari, rasa dingin es nya bisa membuat segar, rasa pedasnya menghindarkan kita dari rasa kantuk.

Usaha Kuliner Modal Kecil Rujak Es Krim

Info bisnis 

Salah satu tempat untuk dapat menikmati rujak es krim ini adalah di Jl. Palagan Yogyakarta. Rujak es krim milik pak Dardi ini berasal dari Wonosari Gunung Kidul, dan beliau memulai usahanya sejak tahun 1992 hingga sekarang. Pak Dardi mulai berjualan pada pukul 11 siang hingga 5 sore. Setiap harinya pak Dardi membawa 22 liter es krim/es puter.

Untuk buah-buahanya 5 hingga 7 kg yang terdiri dari 7 macam buah yaitu: mentimun, mangga, nanas, jambu air, kedondong atau kweni (salah satu saja), pepaya dan bengkoang. Semua buah yang digunakan untuk rujak es krim, adalah buah yang masih setengah matang. Sehingga rujak es krim yang disajikan kepada para konsumen masih segar.

Setiap harinya Pak Dardi memasarkan rujak es krim menggunakan gerobak kayu. Jadi tidak memerlukan ruangan atau lokasi usaha yang besar. Selain itu peralatan yang digunakanpun juga sederhana hanya cobek dan ulekannya, karena rata – rata pembelinya lebih senang membawa pulang atau membungkus rujak es krim tersebut dengan plastik.

Satu porsi rujak es krim, biasa dihargai Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per porsinya. Sensasi kesegaran buah bercampur es krim, serta dijual dengan harga yang murah membuat minat konsumen akan produk tersebut semakin meningkat.Cobain Pedasnya Usaha Kuliner Modal Kecil Rujak Es Krim!

Analisa Usaha Kuliner Modal Kecil Es Krim

Konsumen

Kuliner yang kini mulai berkembang di Jogja bahkan di kota-kota besar lainnya ini, memang tak sedikit peminatnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, kalangan bawah, menengah bahkan atas pun sangat menyukainya. Harganya yang murah dan mudah didapatkan di pinggir jalan, membuat rujak es krim laris manis diserbu konsumen.

Kelebihan bisnis

Memulai bisnis rujak es krim tidak dibutuhkan modal besar. Dengan modal terbatas Anda bisa memulai usaha ini. Bahan-bahan baku buah mudah didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak menyulitkan karena peralatan yang dibutuhkan tidak banyak dan bisa ditemukan didapur.

Bermodalkan gerobak, peralatan seperti cobek, pisau, dan piring serta memanfaatkan lokasi di pinggir jalan, Anda sudah dapat memulai bisnis ini. Selain itu bisnis rujak es krim juga tidak membutuhkan lokasi usaha yang besar. Jadi usaha ini bisa dibuka di depan rumah Anda, dipinggir jalan yang ramai dilalui banyak orang atau bisa juga dijajakan berkeliling.

Kekurangan bisnis

Kendala dalam bisnis ini adalah pada saat musim penghujan tiba. Tentu saat musim hujan datang peminat es berkurang, “adem-adem ngombe es!” begitulah celethukan sebagian orang Jawa.

Selain itu kesegaran buah juga tidak bisa bertahan lama karena banyak yang berair dan kurang fresh karena lembab. Sehingga perhatikan jumlah stok buah dan sambal yang dibutuhkan setiap harinya. Karena jika tersisa, buah dan sambal sisa sudah tidak segar lagi bila digunakan untuk dijual esok hari.

Pemasaran

Pemasaran rujak es krim dapat dicoba dengan mendisplay buah – buahan pada gerobak. Dengan buah – buahan yang terlihat penuh, akan mengundang selera para konsumen dan secara tidak langsung menjadi alat promosi yang mendorong orang untuk membeli rujak es krim.

Promosi juga dapat dilakukan dengan menuliskan nama usaha dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Hal tersebut untuk mempermudah konsumen yang ingin memesan rujak es krim.

Namun strategi pemasaran yang paling penting yaitu menjaga kualitas rasa yang dimiliki rujak es krim, sehingga para konsumen yang datang akan mempromosikan usaha Anda kepada rekan maupun kerabat dekat mereka melalui promosi dari mulut ke mulut.

Kemudahan dizaman modern kini berjualan bisa bergabung dengan layanan gofood. Atau bisa mempromosikannya di berbagai media sosial. Dengan berbagai cara kreatif dalam menawarkan kuliner maka strategi dengan mengandalkan media sosial akan berhasil.

Kunci sukses

Bila ingin sukses menekuni usaha kuliner modal kecil ini tentu tak lepas dari beberapa kunci sukses menjalankannya. Beberapa point dibawah ini merupakan tips agar banyak pelanggan yang menyukai rujak es krim Anda, diantaranya :

  1. Buatlah racikan bumbu rujak yang pas
  2. Buatlah keunikan cita rasa yang khas dibandingkan dengan pesaing
  3. Usahakan untuk menjual dengan harga standart, tidak terlalu mahal dan tidak pula terlalu murah.
  4. Berikan pelayanan yang ramah dan sopan pada pelanggan
  5. Cari pengepul buah agar mudah mendapatkan bahan baku yang masih segar dengan harga yang miring.
  6. Jaga pula kebersihan di sekitar lokasi usaha, agar konsumen tidak segan  untuk mampir membeli rujak es krim.

Resep Pembuatan Rujak Es Krim

Bahan:

  • Jambu air
  • Nanas
  • Timun
  • Bengkoang
  • Dondong
  • Mangga
  • Pepaya

Bahan Bumbu Rujak:

  • cabe merah (sesuai selera)
  • cabe rawit (sesuai selera)
  • 2 sdt terasi goreng
  • 70 gram Gula jawa
  • 1 sdm Asam
  • 100 ml air matang

Bahan untuk membuat Es Puter:

  • 1 liter santan kental
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air
  • 200 gram kelapa muda, cincang halus

Cara Membuat Es Puter :

  1. Didihkan santan bersama garam, daun pandan, dan gula pasir sampai matang, aduk-aduk santan supaya tidak pecah.
  2. Masukkan larutan maizena, aduk rata lalu angkat dan dinginkan
  3. Buang daun pandannya, lalu tambahkan kelapa muda
  4. Masukkan ke ice cream maker lalu proses sesuai petunjuknya.
  5. Sajikan dengan pelengkapnya.

Cara Manual Membuat Es Puter :

  1. Setelah langkah no.3 di atas, simpan es puter dalam kontainer di freezer selama 5 jam atau sampai mulai beku
  2. Haluskan dengan mixer/ keruk dengan sendok sampai hancur
  3. Simpan lagi di freezer sampai beku
  4. Ulangi langkah no.2 dan no.3 beberapa kali sampai es puter menjadi berbutir halus.

Analisa Ekonomi

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Gerobak lengkap (plus perlengkapan) Rp 1.500.000,.
Peralatan                           Rp   200.000,.+
Total                               Rp 1.700.000,.

Biaya Produksi
Kelapa 4 kg                         Rp    26.000,.
Es batu 20 buah                     Rp    10.000,.
Buah-buahan 7 kg (7 macam)          Rp   150.000,.
Bumbu                               Rp    50.000,.
Plastik                             Rp    20.000,.
Lain-lain                           Rp    24.000,.+
Jumlah                              Rp   280.000,.

Omset / hari
( Rp 3.000,. x 100 porsi )       =  Rp   300.000,.

Laba bersih / hari
( Rp 300.000,. - Rp 280.000,. )  =  Rp    20.000,.

Laba bersih / bulan
( Rp 20.000,. x 30 hari )        =  Rp   600.000,.

Demikian ulasan analisa usaha kuliner modal kecil rujak es krim yang bisa kami sampaikan. Semoga membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai usaha yang satu ini. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan, salah satunya adalah kemasan untuk menyempurnakan produk. Kami menyediakan berbagai kemasan dengan desain yang menarik yang dapat membantu menunjang produkmu. Cek di web dikemas.com saja.

Sumber gambar : tim bisnisUKM

6 thoughts on “Cobain Pedasnya Usaha Kuliner Modal Kecil Rujak Es Krim!”

  1. mau tanya beli icemaker diamana dan harga berapa.alat yang paling ringan berapa harganya.trima kasih.semoga sukses.

  2. Rujak es krim? wow..enak banget..rasanya unik..pedas..asam..segar khas rujak serut tp ada “toping” es puter yg gurih dingin. Sekali coba pasti suka…yummm
    Cara makannya diaduk2..rasanya..mirip salad buah..tp lebih “tasty”

  3. @redian

    sebelumnya saya pernah lht usaha rujak es krim ini di TV. kalau yg saya lihat itu es krim nya digabungkan dengan rujak nya.

    jadi rasa nya MAK NYOS… ^_^

  4. Maaf sblm ny, otak saya msh blm bs mencerna dg benar rujak es krim d atas,, apakah rujak buah n es krim nya d jual trpisah atau d jadikn satu? (maaf kn otak saya yg kecil (^_^;) Krn klu d gabungkan, tlg d posting jg cara penyajian ny,, trims n skali lg maaf klu d anggap lucu

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba