Di balik Suksesnya Kaos C59

c 59PT Caladi Lima Sembilan adalah perusahaan yang bergerak dalam industri garmen, khususnya T-Shirt sablon. Resmi berdiri pada tahun 1980, tepatnya 12 Oktober 1980, bertepatan pula dengan pernikahan pasangan  Marius Widyarto Wiwied dan Maria Goreti Murniati. Pada awalnya modal yang dimiliki perusahaan ini sangat terbatas, karena modal awal yang mereka gunakan untuk membuka usaha bukan hasil pinjaman dari bank, teman ataupun orang tua, melainkan dari hasil penjualan kado pernikahan mereka, sebesar Rp. 2,5 juta. Dengan hanya memiliki dua orang karyawan, sebuah mesin jahit dan satu mesin obras.

Nama C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana Pak Wiwid, dan istrinya pertama kali tinggal, yaitu di Jalan “Caladi No.59, Bandung”. Alasannya sangat sederhana, yaitu agar pembeli lebih mudah apabila ingin memesan atau membeli lagi. Yang pada akhirnya dijadikan sebagai komitmen untuk memberikan layanan jasa terbaik, sesuai waktu dan kualitas yang diinginkan konsumen.

Model bisnis yang pertama kali dijalankan Pak Wiwid dan istrinya ini  adalah dengan melayani pesanan T-shirt bergambar (sablon) dari perorangan, sekolah-sekolah, perguruan tinggi maupun instansi Pemerintahan di Bandung. Pak Wiwid tidak hanya mendesai dan menyablon saja, tapi juga mengerjakan semuanya. Mulai dari menerima pesanan, membeli bahan, mencelup, menggunting, menyablon, menjahit, sampai mengemas. Walaupun pada saat itu pengerjaannya masih manual belum menggunakan computer.

Kemudian pada tahun 1985, C59  mulai menunjukan keunggulan dari segi bahan tshirt, jenis sablon, dan teknik pisah warna. Di samping itu C59 juga sangat memperhatikan kepuasan pelanggan, dengan dapat mengikuti secara langsung bagaimana desain kaus pesanan tersebut di buat. Dan ternyata pesanan perusahaan semakin meningkat.

Tahun 1986 C59 beroprasi dengan 20 mesin jahit. Dan pada tahun 1990, C59 semakin berkembang dengan membangun pabrik dan fasilitas modern. Bersamaan dengan di bangunnya took retail (showroom) yang pertama di jalan Tikukur No.10. Pada tahun ini pula penjualan C59 semakin meningkat dengan dengan omzet di atas  Rp 1 miliar.

Periode tahun 1993-1994 C59 berdiri secara sah sebagai perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan Bapak Marius Widyarto Wiwied sebagai
Direktur Utama (hingga saat ini), yang di lanjutkan dengan ekspansi ke beberapa kota di Indonesia dengan membuka Toko sendiri dan bekerjasama dengan Ramayana Department Store sebagai saluran distribusi ke Jakarta, Balikpapan, Yogyakarta, ujung Pandang, Lampung dan Malang.

Berikut ini Perkembangan dan Prestasi C59 dari tahu 1996 – 2008:

  1. Tahun 1996 PT.Caladi Lima Sembilan (C59) memperoleh penghargaan Upakarti untuk Kategori Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain itu pada tahun 1999 PT.Caladi Lima Sembilan (C59) memenangkan penghargaan Internasional Merit Award untuk kategori tema Kalender terbaik (Best Calender Theme).
  2. Tahun 2000 ( 20 tahun C59) mulai memasarkan produknya ke Eropa Tengah (Ceko, Slovakia dan Germany). Sedangkan untuk mengembangkan pasar Lokal nasional, C59 menjalin kerjasama dengan Matahari Departement Store. Yang kemudian konsep serta varian Produknya mengalami perubahan. Yaitu dari “ Basic Shirt “ ( kaos oblong ) menjadi “ Fashion Apparel “ dengan segmentasi kalangan remaja usia 14 – 24 tahun.
  3. Tahun 2001, C59 memperoleh peringkat pertama dalam ajang penghargaan Enterprise 50 ( 50 UKM Nasional Terbaik ) yang di selenggarakan oleh Accenture dan majalah SWA.
  4. Tahun 2002-2003 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) turut berperan dalam trend para kawula muda, dengan mengadakan “ C59 Street Fiesta ”, yang di selenggarakan di 3 kota besar di jawa, yaitu Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.
  5. Tahun 2004 PT. Caladi Lima Sembilan (C49) sesuai dengan slogannya “Express Your Style”, C59 turut ambil bagian dalam mengekpresikan
    music anak muda dalam ajang “ Indonesian Idol “, bekerjasama dengan sebuah Televisi Swasta Indonesia (RCTI) dan Fremantle Media Enterprises,Ltd. ( penyelenggara acara reality show dari America)
  6. Tahun 2007 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) mendapat penghargaan Hade Award dari Dinas Perindustrian Jawa Barat, dan KICK (Kreative Independent Clothing Komunity), sebagai pelopor perclothingan di Bandung Jawa Barat.
  7. Tahun 2008 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) bekerjasama secara resmi dengan Dekranasda Kota Bandung, Ardan Management Group, Saung Angklung Udjo, Miing fellowship, dan SMK 14/SMSR.

Tekad, keberanian, kreatifitas dan keyakinan Pak Wiwid lah yang membuat usaha ini terus berkembang hingga saat ini. Dan sekarang, Pak wiwid tinggal menikmati hasil usaha yang telah di rintis bersama istrinya tersebut dengan omset ratusan juta rupiah perbulannya.

26 Komentar

  1. sy sering dapat orderan kaos dr perusahaan ato organisasi..sy ingin coba pake prodak C59…gmn carax?slma ini sy pake prudksi garmen lain…..

  2. di makassar ada cabang ndak mas…..kalo ada dimana alamatnya.kalo di surabaya alamatnya dimana?

  3. tentunya senang dan bangga pernah memakai & memesan kaos c59. pengalaman berharga saya pernah memesan kaos lebih dari 10 kali dalam jumlah lebih dari 75, tapi itu dulu, karena saya saat ini kena PHK. oh ya banyak teman2 LSM yang memakai kaos tersebut banyak yang berkomentar kaos c59 adalah kaos bagus, serta berkualitas. kini kaosku c59 banyak yang kusimpan sebagai kenangan yang berharga.
    terima kasih aku pernah menjadi bagian di dalamnya, walaupun sebagai seorang pemesan. semoga tuhan memberkati.

  4. saya bekerja di sebuah perusahaan batu bara yang memakai ribuan alat alat berat, dan karyawan2 di perusahaan tempat saya bekerja sangat suka dengan kaos c59 yang bergambar alat2 berat, itu saya anggap sebagai peluang usaha untuk menjual kaos c59 dengan gambar alat2 berat, karena selama ini blm ada yang memasarkan kaos c59 tersebut di perusahaan saya yang karyawannya ribuan… Tolong bantu saya, bagaimana caranya saya bisa mendapatkan kaos c59 dalam skala besar, supaya saya bisa memasarkannya…. Terima kasih…

  5. Gimana cara dan syaratnya apa ?, untuk menjadi distributor kaos c59. Dan tolong saya dikirim alamat dan no tlpn perusahaan..

  6. pak wiwid saya salud dengan kerja keras bapak. saya tertarik untuk bisnis seperti ini tapi saya harus jujur bahwa saya tidak punya modal satu sen pun. saya hanya punya peluang pemasarannya yaitu karyawan pabrik tempat saya bekerja. mereka perlu seragam untu bekerja tapi tidak ada yang menyediakan kaosnya. jadi peluang ini saya anggap sebagai satu kesempatan bagus untuk memulai bisnis.
    Pak wiwid bisa kasih solusi saya ???

  7. pak wiwid yg terhormat,sy punya keinginan tuk membuka cabang di cikarang/ci bausa prlu modal awal brapa,terima kasih.

  8. Siang Bpk/Ibu,

    Dulu waktu SMA kelas saya pernah pesan kaos yg disablon dg gambar Einsten dan ada tulisan Balad Einsten. Nah sekarang
    saya mau pesan Kaos yang di sablon tapi gambarnya lain kira2
    jika hanya 5lusin dg dua gambar bisa tidak?? Dan harga kaos serta sablonnya brp?? Tolong diemailkan ke email saya beserta
    alamatnya dan no telp yg bisa di hubungi….
    Haturnuhun.

  9. Kaos idolaku dulu jaman SMA. Dah lama ngga kedengeran lagi gaungnya sampai sekarang. Apa kabar? Aq mau jadi agen distributornya. Gimana caranya yach??

  10. salut bwt pk.wiwid

    sya seing kali mendengar kisah orang2 yg sukses berawal dari modal yang minim. jika saya ingin berbisnis apakah saya harus dengan modal yang minim ya pak biyar sukses?

    Semoga kisah pengusaha C59 yang Bapak baca dapat memotivasi Bapak untuk terus berkarya. Penjelasan dari pertanyaan Bapak telah kami kirimkan melalui email Bapak, kami persilahkan Bapak untuk membuka email Bapak. Terimakasih
    Salam sukses

  11. persaingan di industri clothes atau kaos saat ini sangat ketat apalagi sensitif price yang amat rumit karena perilaku konsumen di indonesia mudah terpengaruh. Bisa di sharing strategi yang digunakan oleh C59 untuk hal tsb? saat ini saya juga sedang pakai kaos C59 kebetulan didapt ketika perusahaan saya mengadakan turnamen olahraga, hehe cukup lama tidak pernah pakai kaos C59 saya pikir sudah tidak terdengar lagi karena arus persaingan yang ketat tsb

  12. hebat nih dua pasangan suami istri. bermula menjual kado pernikahan buat modal . sekarang jd omset milyaran .klo orang jepang bilang sugoi da nEEE subarashiiiii !!!!!

  13. Dear Bapak Marius Widyarto Wiwid,

    Dengan ini kami mengundang Perusahaaan bapak untuk turut serta dalam acara pertemuan yang akan kami selenggarakan dalam waktu dekat, yang akan ditentukan kemudian setelah terkumpul beberapa Perusahaan yang akan berpartisipasi.
    Perusahaan Expanda Enterprise bergerak dibidang Event Organiser bekerja sama sekaligus membantu Departemen Luar Negeri untuk mengajak Para Pengusaha dari Indonesia untuk ikut serta dalam “Business Mission To African Countries” dan mengadakan Pameran disana. Kepada yang berminat mengembangkan usahanya ke negara2 Africa Departemen Luar negeri akan membantu dan memfasilitasi Para Pengusaha dari keberangkatan ke Afrika, selama disana dengan mengatur jadwal perjalanan, jadwal pertemuan dengan Para Pengusaha Afrika dan sampai dengan kembali ke Tanah Air.
    Guna melaksanakan semua ini dengan baik, maka kami akan mengadakan pertemuan dengan Para Pengusaha yang berminat untuk datang kepertemuan yang akan kami adakan setelah terkumpul beberapa Perusahaan guna membahas persiapan keberangkatan. Bila Perusahaan Bapak berminat mohon kirim email balasan atau dapat menhubungi kami di
    PT. Expanda Kreasi Indonesia
    Alamat di Lina Building lt,2 suite 202 Jl. HR Rasuna said Kav. B7 Jakarta 12910 Telephone : (021) 5274182, Fax : (021) 5274180
    Email : expanda_enterprise@yahoo.co.id

  14. semangat bpk wiwid moga jadi inspirasi buat saya….sukses dan smoga semakin berkembang usaha yg bpk jalan kan saat ini…

  15. ya jadi inget pernah beli produk C59, waktu itu kalo ngak salah ada salah satu counternya di jogja. belinya disana, namun tak pernah dengar kabar berikutnya.
    Kalo melihat judul artikelnya tentunya C59 masih exis dan sukses, sudah ada lembaga usahanya “PT”. Sukses buat C59.

  16. Bagai mana Caranya kalau saya mau menjadi salah satu distributor dari prodak C59 ? Terimakasih.

  17. bagaimana dengan perkembangan usaha C59 ditahun 2010 ini? apa perusahaan ini masih tetap eksis? terima kasih…

Comments are closed.