Ide Bisnis Hampers Tumpeng, Unik dan Menarik!

Bisnis hampers tumpeng merupakan ide baru yang cukup menarik. Jika biasanya kita lebih familiar dengan hampers berisi kue kering. Berbeda dengan ide hampers kali ini yang mengangkat makanan khas Jawa. Yakni Tumpeng yang merupakan nasi kuning berbentuk kerucut yang diberi lauk pauk. Kemudian diberikan alas daun pisang untuk membuat tampilan jadi lebih menarik dan segar.

Nasi tumpeng merupakan sajian yang biasanya disuguhkan pada saat acara tertentu. Namun kini nasi tumpeng ini bisa dinikmati meskipun tidak sedang ada acara. Ukurannya pun beragam ada yang berukuran besar ada pula yang berukuran mini. Pilihan ukuran mini cukup banyak digemari karena porsinya pas untuk dimakan 1 orang.

Menariknya ide kali ini nasi tumpeng dijadikan hampers dengan dikemas lebih menarik dan mewah. Dengan dikemas menjadi hampers tentu menjadikan nilai jualnya tinggi. Konsep unik dan pengemasan yang cantik akan menarik minat para konsumen. Maka bisnis hampers tumpeng nasi kuning ini memiliki prospek yang bagus untuk dijalankan.

Resep Membuat Nasi Tumpeng

Bahan :

  • Nasi 1 kg
  • Lengkuas 2 cm
  • Kunyit 5 cm
  • Jahe 5 cm
  • Bawang merah 5 siung
  • Kelapa tua 1 buah
  • Daun salam 4 lembar
  • Serai 2 batang
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 2 lembar
  • Santan 900 ml

Cara Membuat :

  1. Pertama cuci beras sampai bersih, lalu rendam dengan air bersih.
  2. Sementara itu bersihkan lengkuas, bawang merah, jahe, kunyit. Lalu haluskan bumbu tersebut dengan ditambah garam secukupnya.
  3. Kemudian selanjutnya masukkan santan yang sudah disaring ke dalam beras yang telah dicuci bersih.
  4. Lalu masukkan daun salam dan serai, kemudian rebus beras dengan ditambahkan daun salah dan serai. Masak dengan api kecil dan aduk-aduk hingga air menyusut dan beras hampir matang.
  5. Jika dirasa sudah matang maka bersihkan dulu nasi kuning dari rempah seperti serai, lengkuas, daun salam.
  6. Lalu siapkan panci untuk mengukus, panaskan air dan tambah daun pandan. Lalu masukkan nasi dan kukus sampai benar-benar matang.
  7. Jika sudah, angkat nasi dan dinginkan terlebih dahulu dalam suhu ruang.
  8. Setelah dingin mulai bentuk kerucut dan tata lauk pauk dalam wadah.

Tips Menata Hampers Tumpeng

Pemilihan Wadah

Untuk membuat hampers nasi tumpeng maka pilih wadah yang sekiranya cocok dan unik sehingga menarik minat para konsumen. Kamu bisa menggunakan besek dari anyaman bambu agar terlihat lebih estetik dan unik. Pilih besek dengan ukuran sedang yang muat untuk makanan 1 hingga 2 porsi.

Siapkan Lauk

Nasi tumpeng kurang lengkap rasanya tanpa tambahan pelengkap lauk pauk. Sebelum menatanya dalam wadah maka pastikan jika ada lauk pelengkapnya misalnya seperti kering tempe, tahu atau tempe goreng, ayam goreng, abon, perkedel kentang, irisan telur dadar, mie goreng, sambal goreng ampela ati, balado telur, kerupuk dan lalapan seperti timun dan tomat.

Tambahkan juga sambal sebagai pemanis tampilan nasi tumpeng. Jangan lupa untuk mempercantik tampilan nasi tumpeng kamu juga bisa menambahkan cabai merah keriting dan selada sebagai garnish. Bisa juga ditambah pemanis wortel yang dibentuk.

Menata Menu

Selanjutnya menata menu nasi tumpeng beserta lauk pauknya. Untuk terlihat lebih rapi dan menarik siapkan mangkuk yang terbuat dari daun pisang untuk wadah lauk pauknya. Kemudian sebelumnya alasi besek dengan daun pisang. Kemudian tata nasi tumpeng sedemikian rupa dan masukkan lauk pauk dalam wadah daun pisang berbentuk mangkuk. Lalu tambah dengan garnish untuk membuat nasi tumpeng semakin terlihat manis. lalu tutup kembali dengan besek untuk menjaga benda asing masuk dalam makanan.

Hiasan

Sebagai pemanis untuk membuat hampers nasi tumpeng lebih cantik lagi tambahkan label dengan desain cantik ukuran panjang melingkari besek. Selain itu fungsinya juga untuk mensegel besek agar tidak tumpah dan dapat dibuka-buka. Buta label dengan desain yang menarik dan berisi informasi tentang brand bisnismu.

Jika tidak suka dengan label kamu juga bisa menggantinya dengan tali rami untuk mensegel besek. Buat tali pita dan tambahkan kartu ucapan yang manis untuk membuat siappaun yang membuka dan memakanya akan terkesan dengan isi pesannya.

Pilihan lain jika kamu kurang suka dengan keduanya, kamu juga bisa menghias luar besek dengan pita yang melingkari seluruh besek dan dengan tambahan kartu ucapan manis yang membuat tampilannya jadi lebih menarik.

Sekian pembahasan kita mengenai bisnis hampers tumpeng nasi kuning yang bisa kamu jadikan referensi menarik. Kamu juga bisa memanfaatkan bisnis yang satu ini sebagai makanan takjil atau untuk dikirimkan ke sanak saudara sebagai menu berbuka puasa.

Pemasaran Produk

Konten Relevan

Strategi pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan hampers tumpeng nasi kuning dengan membuat sebuah konten. Konten yang relevan yang membahas tentang produk dengan dikombinasikan elemen ramadan. Kemas dengan konsep yang menarik namun tetap simpel untuk memudahkan audience dalam memahami isi konten.

Dengan konsep konten yang yang relevan antara produk dengan tema ramadan akan menarik trafik website di mesin pencari google. Menurut beberapa pengamat analis trafik selama ramadan, konten yang berkaitan dengan ramadan naik hingga 4 kali lipat. Maka sebaiknya kamu menyiapkan konsep konten mulai dari sekarang.

Maksimalkan Media Online

Trend pemasaran bisnis 2021 ini lebih dominan megacu pada iklan video. Penggunaan iklan video dinilai lebih menarik dengan tambahan efek dan filter. Salah satu media online yang biasa digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah youtube dan tiktok.

Kedua media tersebut sangat berpengaruh dalam sebuah iklan produk. Hanya dalam hitungan menit informasi dapat dengan mudah tersebar ke penjuru daerah. Sehingga jangkauannya menjadi jauh lebih luas. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai media untuk melakukan promosi.

Jangan lupa untuk membuat konten video yang menarik dan juga kreatif. Konten yang simpel dan kreatif akan mudah dipahami dan para penggunanya juga akan menikmati konten yang informatif, menghibur dan relevan.

Promosi Dibeberapa Sosmed

Untuk mengembangkan bisnismu sudah sepantasnya jika kamu mulai belajar melek digital dan mencoba beberapa media online untuk promosi. Maksimalkan dengan mencoba sosial media seperti facebook, instagram, youtube, tiktok, google my bussines, website, marketplace dan pinterest.

Aktif Update

Untuk membuat akun bisnismu tetap ramai selama bulan ramadan. Maka pastikan kamu selalu aktif update konten untuk memancing interaksi calon konsumen. Pastikan kamu upload konten di waktu efektif ketika orang aktif di sosial media.

Waktu efektif orang online di sosial media berubah selama ramadan. Selama ramadan para pengguna sosmed aktif dalam 3 waktu. Pada pagi hari sekitar setelah 04.30 hingga jam 08.00. Siang pada pukul 11.00 hingga 15.00, dan terakhir setelah shalat terawih sekitar pukul 20.00 hingga 22.00 malam.

Sekian pembahasan kita tentang bisnis hampers tumpeng nasi kuning. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat memberikan referensi bagi pembaca sekalian. Selamat mencoba.

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment