Ide Jajanan Jadul Yang Bakal Bawa Kamu Nostalgia Masa Kecil

Siapa nih yang lagi cari ide jajanan buat dijadiin bisnis? Cari ide memang ngak mudah ketika merealisasikan ketika sudah mendapatkan sebuah ide. Nah di era modern ini ada banyak jajanan kekinian yang beragam bentuk dan rasanya. Jajanan jadul yang dulunya sempat viral kini mulai tergeser dengan perkembangan zaman. Bahkan kini wujudnya hampir tak terlihat. Mungkin di beberapa tempat saja kita bisa menemukannya.

Padahal tak sedikit pula yang merindukan jajanan jadul ini. Selain karena enak dan melegenda, ketika menikmati jajanan jadul ini rasanya seperti nostalgia masa kecil. Nah sebenarnya ada banyak bahkan beragam jajanan jadul yang sangat unik dan menarik untuk coba. Bahkan tak kalah enak dengan jajanan kekinian yang kini sedang viral. Semakin sulitnya menemukan jajanan jadul ini karena banyak yang sudah tidak menjual makanan khas jaman dulu ini.

Nah buat kamu yang lagi cari ide jajanan untuk berbisnis, mungkin beberapa jenis jajanan ini bisa kamu jadikan referensi. Selain untuk melestarikan jajanan nusantara. Tentu juga agar jajanan ini tidak hilang ditelan masa dan anak cucu kita bisa menikmati jajanan melegenda yang dulunya viral di kalangan masyarakat Indonesia.

Ide Jajanan Jadul

Rambut Nenek

Siapa yang tidak menyukai jajan yang satu ini? Pasti semua anak kecil menyukai jajanan ini. Pasalnya rasanya yang manis membuat anak kecil yang menikmatinya akan ketagihan. Jajanan ini mirip dengan gulali atau arumanis. Jajanan ini berbahan dasar gula yang disajikan dengan kerupuk berbentuk lingkaran. Nah jajanan yang satu ini sangat melegenda dan viral jaman dulunya karena rasanya yang manis.

Grubi

Jajanan yang satu ini tak kalah manis dan enak jika dibandingkan dengan rambut nenek. Jajanan ini terbilang murah dan merupakan jajanan sederhana. Terbuat dari ubi jalar dan gula merah. Tak hanya manis saja namun juga gurih yang khas menjadikan ketika mencicipi jajanan ini tak bisa berhenti untuk memakannya.

Permen Gulali

Tak jauh berbeda dengan rambut nenek, gulali ini juga terbuat dari bahan dasar gula. Jajanan ini biasanya diberi kental manis coklat di sekitaran permen. Bahkan dulu ada beberapa topping menarik seperti meses, choco chips, kacang coklat dsb. Jajanan ini cukup banyak disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan warnanya yang beragam. Banyaknya topping juga menjadikan daya tarik tersendiri. Selain itu berbagai bentuk yang lucu dan unik yang dibuat penjual juga menjadikan para anak kecil yang melihat tertarik dengan jajanan yang satu ini.

Jipang

Ide jajanan kali ini cukup menarik, hampir semua anak zaman dulu pasti pernah mencoba jajanan yang satu ini. Jajanan ini berbahan dasar ketan dan gula merah. Rasanya yang gurih, manis dan renyah cukup membuat ketagihan. Nah paling nikmat jika jajanan yang satu ini dinikmati ketika bersantai bersama teh atau susu.

Gemrose

Ide jajanan yang satu ini sangat menarik, siapa yang tidak suka dengan jajanan yang satu ini? pasti semua bakalan suka. Terutama para anak kecil, 1 hal yang membuat menarik dan menyukai dari jajanan yang satu ini adalah kembang gula diatasnya. Jajanan ini adalah kue kecil yang mirip dengan kancing. Kemudian di bagian atasnya terdapat kembang gula berwarna-warni. Rasanya yang renyah, gurih dan manis menjadikan jajanan ini cukup digemari pada zaman dulu. Terutama anak kecil yang paling disukai dari jajanan ini pasti kembang gula diatasnya.

Telur Buaya

Jajanan yang satu ini juga menjadi salah satu favorit para anak zaman dulu. Jajanan ini bentuk ya mirip dengan telur buaya makanya di namakan telur buaya. Terbuat dari adonan tepung terigu dan telur sebagai kulit. Dan isian di dalamnya berupa coklat atau gula merah yang manis dan legit. Nah rasanya ini yang nagih menjadikan ketika menjajal hanya 1 biji bakalan ketagihan.

Telur Cicak

Ide jajanan yang satu ini sangat unik dan menarik. Di zaman dulu jajanan ini termasuk salah satu jajanan paling populer di kalangan para anak kecil. Bentuk dan warnanya yang beragam menjadikannya disukai banyak anak-anak. Permen ini berbentuk bulatan kecil seperti telur cicak. Bahan dasar jajanan ini terbuat dari kacang kedelai yang diselimuti gula warna-warni.

Taik Kucing

Ide jajanan jadul selanjutnya adalah taik kucing, istilah lain dari kue yang satu ini adalah widaran. Disebut dengan nama taik kucing karena bentuknya mirip dengan taik kucing. Warnanya pun menarik karena bermacam-macam dan beragam. Jajanan ini terbuat dari tepung ketan, tepung tapioka, telur dan air. Begitu kalis maka adonan dibentuk lonjong dan digoreng. Setelah itu di dinginkan dan di balur dengan karamel gula hingga mengeras.

Kuping Gajah

Hayo siapa yang suka dengan jajanan yang satu ini? zaman kita kecil jajanan yang satu ini juga tak kalah menarik dan populer pastinya. Bentuknya lucu menyerupai kuping gajah. Tipis dan teksturnya renyah dan memiliki rasa yang cukup manis tapi tidak berlebihan. Jajanan ini pun sangat menarik karena hadir dengan tampilan yang berwarna-warni. Coraknya pun lucu ada bentuk garis yang memutar. Namun yang biasanya terkenal adalah kuping gajah warna coklat dengan lapisan warna putih.

Balung Kethek

Jajanan yang satu ini merupakan jajanan yang sangat jadul dan membuat kangen masa kecil. Salah satu jajanan sederhana dan simpel. Terbuat dari singkong yang dikeringkan dan digoreng garing. Setelah itu diberi bumbu cair terbuat dari gula merah , cabai rawit, air dan garam. Perpaduan yang sangat menarik. Rasanya yang pedas, manis gurih dan renyah menghiasi setiap gigitan balung kethek ini.

Mie Lidi

Mie lidi adalah salah satu jajanan zaman dulu yang juga sangat digemari. Bahkan hingga sekarang ini penikmatnya tak pernah surut. Malah semakin bertambah banyak. Jajanan ini terbuat dari mie yang digoreng kemudian dibumbui dengan bumbu asin dan pedas. Rasanya yang gurih ini sangat nikmat dan disukai para anak kecil pada zaman dulu.

Lidah Kucing

Tentu bagi anak angkatan tahun 90an sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Jajanan ini sering dihidangkan pada hari raya lebaran bersama kue kering lainnya. Lidah kucing ini terbuat dari putih telur. Bentuknya yang tipis dan rasanya yang manis dan gurih menjadikan kue ini salah satu jajanan yang cukup digemari.

Kue Semprong

Ide jajanan berikutnya adalah kue semprong. Kue yang satu ini sangat menarik. Tipis, gurih dan renyah menjadikan kue ini sangat digemari. Biasanya bentuk dan warnanya beragam ada yang digulung ada juga yang dibentuk seperti kipas seperti leker. Rasa kue ini di zaman dulu seperti ada rasa manis, jahe dan gurih.

Pilus Kembang

Jajanan zaman dulu yang tak kalah menarik adalah pilus kembang. Ada yang ingat dengan jajanan yang satu ini? Camilan ini berbentuk kembang dan berwarna – warni. Para anak angkatan 90an pasti tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Rasanya yang gurih, renyah ini cukup menggoda selera. Ditambah ukurannya yang mini dan berwarna-warni ini menambah keceriaan saat mencamilnya.

Geti Wijen

Siapa yang ingat dengan jajanan jadul yang satu ini Namanya geti wijen, nah bentuk jajanan yang satu ini pipih panjang tipis dan diatasnya ada taburan wijen yang menyelimuti penuh. Jajanan geti wijen ini rasanya cukup manis dan gurih. Jajanan ini terbuat dari kacan tanah ada pula yang terbuat dari wijen atau bahkan digabungkan keduanya. Mirip dengan enting-enting namun bentuknya lebih kecil dan imut.

Ampyang Gula

Jajanan yang satu ini sangat melegenda, terbuat dari kacang tanah utuh dan gula jawa yang dikeringkan. Rasanya cukup manis dan gurih, jajanan ini masuk dalam jajanan tradisional yang meski sudah lama namun penikmatnya tetap banyak hingga sekarang.

Kacang Umpet

Ide jajanan jadul kali adalah kacang umpet. Jajanan ini terbuat dari kacang tanah yang dibungkus dengan keripik pangsit kering. Rasanya beragam, ada yang manis, gurih bahkan pedas. Jajanan ini sampai sekarang masih banyak penggemarnya karena rasanya yang enak dan renyah. Bentuknya yang unik ini dinamakan kacang umpet karena bentuknya kacang yang ngumpet dan digulung dalam pangsit.

Nah itu tadi adalah beberapa ide jajanan jadul yang hits pada zamannya dulu. Tak sedikit yang kini juga merindukan jajanan yang satu ini. Namun keberadaanya kini semakin sulit untuk ditemukan karena sudah semakin tergeser dengan jajanan kekinian. Ditambah lagi tak banyak yang memproduksi sehingga masih minim yang melestarikan jajanan jadul ini. Padahal jika dilihat pangsa pasarnya masih luas dan banyak penikmatnya. Bahkan rasanya tak kalah menarik dengan jajanan kekinian, rasanya pun cukup unik dan otentik.

Gimana nih kamu mau mengambil peluang yang satu ini untuk menekuni bisnis jajanan jadul? Tadi adalah beberapa ide jajanan jadul yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan ide inspirasi buat yang sedang cari ide jajanan.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba