Kemasan

Inovasi Kemasan Produk UKM Untuk Hadapi MEA 2016

Kemasan produk menarik syarat hadapi MEA 2016Dalam satu bulan ke depan, masyarakat Indonesia sudah harus siap menghadapi dan mempersiapkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016. Di mana persaingan dalam bidang perdagangan akan menjadi semakin ketat, bahkan bukan hanya proses penjualan saja yang ketat akan aroma persaingan namun juga trik pemasaran akan menjadi syarat bagi para pelaku UKM untuk mencapai kesuksesan memasuki MEA 2016.

Agar tak kalah bersaing dengan produk-produk asing, langkah yang bisa diambil pelaku UKM untuk memaksimalkan potensi produknya yaitu dengan melakukan inovasi baru terhadap kemasan produk UKM.

Baca Juga Artikel Ini :

Memilih Kemasan Produk Sesuai Dengan Trend Pasar

Sebelum Membuat Kemasan Produk Kenali Jenis Bahannya

Seperti kita ketahui bersama, saat ini kemasan produk menjadi salah satu faktor penentu apakah produk tersebut akan diterima di pasaran atau tidak. Kualitas pengemasan yang dilakukan para pelaku UKM pun disinyalir dapat meningkatkan nilai penjualan sebuah produk. Tidaklah heran bila untuk memenuhi target penjualan produk memasuki MEA 2016, cara pengemasan pun harus sangat diperhatikan dan dilakukan dengan baik oleh para pelaku UKM.

Dalam membuat desain kemasan produk, Anda perlu mempertimbangkan sisi kreativitas yang sesuai dengan jenis produk. Bisa jadi, ketika barang Anda merupakan produk yang sudah dijual oleh banyak penjual lain, maka Anda sebaiknya mencari desain kemasan unik untuk memasarkannya. Pilih desain kemasan produk yang inovatif dan belum pernah digunakan oleh penjual lain sebelumnya. Keunikan tersebut juga dapat menjadi trademark atau ciri khas bagi perusahaan Anda.

Contoh yang banyak digunakan oleh para pelaku UKM ialah mengemas ulang produk makanan kecil dengan berbagai kemasan menarik dan tentunya menggunakan warna-warna yang unik. Keunikan tersebut yang akan menjadi sangat mudah diingat oleh para konsumen sehingga produk Anda akhirnya memiliki tempat tersendiri di hati para konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Terkait dengan MEA 2016, pengemasan produk pun akan sangat membantu Anda untuk memenangkan persaingan dengan para pelaku UKM lainnya baik pesaing dari Indonesia maupun dari Negara Asia Tenggara lainnya.

Selain itu dalam memilih kemasan produk, keindahan saja ternyata tidak cukup untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Selain keindahan dari kemasan yang Anda pilih, Anda juga harus memperhatikan mengenai kualitas bahan kemasan yang Anda pilih, apakah dapat menjaga kualitas produk Anda hingga ke tangan konsumen, ataukah kemasan tersebut tak cukup kuat untuk menjaga produk Anda dari resiko kerusakan saat proses pengiriman barang berlangsung. Anda harus benar-benar mempertimbangkan kualitas dari bahan kemasan yang digunakan.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?

Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.

Klik Disini

Terutama untuk produk makanan, tentu jenis dan bahan baku kemasan yang digunakan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Sebab, kemasan yang tidak kuat hanya akan membuat produk rusak dan makanan menjadi cepat basi sebelum sampai ke tangan para konsumen. Menyongsong MEA 2016, pemilihan kemasan produk dengan kualitas bagus juga wajib menjadi prioritas Anda sehingga target penjualan Anda pun akan menjadi semakin naik dari waktu ke waktu.

Saat ini, mendapatkan tempat tersendiri di hati para konsumen selagi menyongsong MEA 2016 menjadi sebuah keharusan agar tak tersingkir dari ketatnya persaingan pasar ASEAN. Ingat, pilih kemasan produk yang berkualitas agar para konsumen semakin puas dan jangkauan pasar semakin luas.

Sumber gambar : http://cms.monitorday.com/statis/dinamis/detail/2205.jpg

SHARE YUK!