Tekuni Bisnis Jahe Merah, Minuman Sehat Beromset Cerah

Pilihan menekuni bisnis jahe merah bagi para pemula memang ide yang bagus. Trend bisnis di tahun 2021 ini salah satunya adalah berbisnis dibidang makanan dan minuman. Jahe sendiri masuk dalam kategori minuman herbal yang diperkirakan jadi trend bisnis di tahun ini. Minuman sehat kini menjadi salah satu minuman yang paling banyak diburu karena tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat.

Jahe merah atau yang biasa dikenal dengan nama latin Zingiberaceae Officinale Rose merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dimanfaatkan masyarakat sebagai ramuan obat tradisional. Namun seiring dengan perkembangan kreativitas dan hadirnya inovasi baru dari para pelaku usaha, saat ini jahe merah berhasil diolah menjadi minuman sehat yang memiliki prospek bisnis cukup cerah.

This image has an empty alt attribute; its file name is Tekuni-Bisnis-Jahe-Merah-Minuman-Sehat-Beromset-Cerah-720x432.jpg

Meskipun pada dasarnya jahe merah tidak jauh berbeda dengan jahe biasanya yang digunakan sebagai bumbu masakan. Tetapi aroma dan sensasi rasa yang terkandung dalam jahe merah lebih pedas jika dibandingkan dengan jahe biasa. Sehingga tidak heran bila jenis jahe tersebut sangatlah cocok bila diolah menjadi produk minuman unik yang memberikan sensasi hangat bagi para konsumennya.

Selain mampu menghangatkan badan, minuman jahe merah ternyata bisa meringankan radang tenggorokan, sakit asma, melancarkan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah masuk angin. Hal inilah yang menjadikan produk minuman jahe merah mulai digemari konsumen dan menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan untung besar bagi para pelakunya.

Resep Serbuk Jahe Merah

Bahan :

  • Jahe merah 0,5 kg
  • Gula 0,4 kg
  • Air putih secukupnya

Cara Membuat :

  1. Pertama jahe merah dicuci dari sisa tanah, kemudian potong kecil-kecil.
  2. Masukkan dalam blender dan tambahkan air secukupnya. Bisa juga jahe merah diparut hingga mendapatkan hasil parutan jahe kasar.
  3. Kemudian masukkan jahe yang sudah dihaluskan dalam saringan. Peras seperti memeras santan, lalu diamkan perasan selama beberapa menit. Tunggu hingga mendapatkan endapan di bagian wadah.
  4. Selanjutnya pisahkan air perasan jahe dengan endapan putih bagian bawah wadah.
  5. Lalu air perasan jahe merah dimasukkan dalam wajan. Tambahkan gula kemudian panaskan dengan api sedang.
  6. Aduk perlahan secara terus menerus sampai air jahe mendidih. Lalu kecilkan api dan terus aduk hingga jahe mengental.
  7. Jika sudah mengental berarti jahe merah bubuk sudah hampir jadi. Terus aduk hingga memperoleh serbuk jahe merah instant.
  8. Kemudian angkat dan tiriskan, tunggu agak dingin kemudian blender kembali untuk mendapatkan ukuran serbuk kecil.
  9. Jika sudah masukkan dalam wadah besar dan serbuk jahe merah siap dikemas dalam wadah sachet.

Bisnis Jahe Merah

Konsumen

Minuman jahe kini sedang naik daun pasalnya saat ini sedang banyak diburu oleh kalangan masyarakat. Penyebabnya karena jahe bisa mencegah virus corona. Jadi tak heran jika kini minuman jahe tengah dicari. Sudah pasti jika para penggemarnya bakalan banyak sekali. Tak perlu ragu untuk memulainya karena sekarang sudah banyak media yang memabantu memaksimalkan pemasaran dengan digitalisasi.

Lokasi Jualan

Memulai usaha minuman jahe tidak harus langsung besar dan memiliki gerai. Sebab bisnis ini bisa dimulai dari skala kecil rumahan. Kamu bisa memulainya dari garasi rumah. Bisa juga memanfaatkan ruangan kosong yang ada dirumah. Setelah nanti bisnis mulai stabil dan makin banjir orderan bisa perlahan melebarkan sayap untuk memperluas bisnis.

Cara Jualan

Ada beberapa cara jualan yang bisa kamu gunakan untuk menjual minuman jahe merah bubuk ini. Pertama kamu bisa memilih membuka gerai dirumah dengan memanfaatkan ruang kosong atau garasi. Cara lain yang bisa kamu gunakan lagi adalah dengan isstem konsiyansi. Yakni sistemnya menitipkan barang dagangan di warung atau toko swalayan.

Tantangan

Permasalahan yang paling sering dihadapi para pelaku bisnis adalah masalah internal, yakni management, pemasaran, SDM, produksi, distribusi, keuangan dan produk itu sendiri. Namun dengan upaya selalu melakukan perubahan dan inovasi untuk perbaikan diproduk. Maka semua akan teratasi, yang terpenting adalah menyelesaikanya dan memperbaiki secara perlahan.

Varian Jahe Merah

Dari sekian banyak bisnis minuman herbal, jahe merah menjadi salah satu minuman yang paling digemari dan paling dicari. Selain kaya akan manfaat untuk tubuh, khasiatnya juga bantu meredakan berbagai sakit ringan. Varian yang ditawarkan jahe merah ini bisa beragam, seperti jahe merah original, creamer, serta jahe merah bubuk.

Selain dijual dalam bentuk kemasan sachet kamu juga bisa memilih jenis minuman siap saji. Misalnya seperti original ginger, espresso ginger, kreamy ginger, vanilalate ginger, chocolate ginger, strawberry ginger, green tea ginger dan capucino ginger.

Produksi Jahe Merah

Produk jahe merah bisa diproduksi dengan cara tradisional. Sehingga sudah pasti bebas bahan pengawet. Bahan yang digunakan juga bahan bermutu dan berkualitas. Jadi tidak perlu diragukan lagi oleh para konsumen. Strategi pemasaran yang digunakan bisa mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, mengikuti berbagai macam event pameran dan memanfaatkan bantuan para reseller.

Pemasaran

Selain itu manfaatkan pemasaran digitalisasi, dengan memasarkan di marketplace (shopee, bukalapak, tokopedia). Bisa juga bekerjasama dengan layanan pesan antar gofood dan grabfood. Strategi lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memaksimalkan penggunaan sosial media sebagai alat untuk promosi. Semua media digitalisasi tersebut sudah dipercaya sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Jangan salah dengan memanfaatkan tanaman jahe merah ini ternyata bisa mengantongi omset puluhan juta rupiah setiap bulannya. Semoga informasi bisnis jahe merah minuman sehat beromset cerah ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Jangan pernah takut untuk berinovasi, lihatlah peluang pasar disekeliling, dan ciptakan peluang baru untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

17 Komentar

  1. Saya berminat turut memasarkan jahe merah (creamer,original dll)…apakah bisa dengan sistem dropship (setiap ada order uang sy kirim n produk Anda kirim langsung ke customer atas nama saya). Tks

    Reply
  2. Assalamu’Alaikum Pak.
    Kamin Butuh Informasi Pemasaran Jahe Merah,
    Kebetulan Kami Punya Usaha Tanaman Jahe Merah Namun Kami Mengalami Kesulitan Pemasaranya.
    Atas Bantuan Info Pemasaran Jahe Merah
    Kami Ucapkan terima Kasih.

    Reply
  3. Ass…kum.
    Pak kami ada stock jahe merah.. Apa bapak membutuhkan??? harga kami bisa atur mufakatnya. Trima kasih…

    Reply
    • saya butuh jahe merah yg luar dalamnya merah. sgra hub saya . sy butuhkan 2 kg jahe merah yg luar dlam nya berwarna merah. utk obat

      Reply
  4. Aslm.Mlkm kepada bapak Darul dan bapak Lutfi saya tertarik dengan peluang bisnis tg bpk buat dan sy ingin mencobanya di daerah saya di pematang siantar jd mhon bantuanya.. wasalam………..

    Reply
  5. saya ♍ȃǘ memuIai usaha minuman jahe merah,tp saya bIum tau resep minuman jahe yang enak bgaimana! mohon saran untuk rsesp jahe merah yang enak bagai mana.. Terimakasih!!!

    Reply
  6. Bapak Darul Mahbar dan Bapak Luthfi, sy punya usaha pembuatan gula kristal/gula semut. Barangkali gula kristal sy bisa dikombinasikan dg jahe merah anda, sy siap bekerjasama. Saya juga siap mengirimkan sampel produk guka kristal sy ke alamat anda.

    Reply
    • bukannya jahe merah berasal dari pematangsiantar? kalau enggak,jadi apa minuman kesehatan asal pematangsiantar?

      Reply

Leave a Comment