Jual Beli HandPhone Second (Bekas)

handphone second

Kring…kring… Hp ku berbunyi…eh ada sms masuk..

Siapa sekarang yang tak punya handphone (HP)? Pastinya hampir semua orang punya dan butuh dengan yang namanya HP. Dahulu sekitar tahun 90an sampai awal 2000an HP masih tergolong barang mewah karena harganya yang mahal dan hanya segelintir orang saja yang punya. Coba lihat sekarang, semua orang pegang HP bahkan ada yang punya dua atau bahkan lebih. Harga yang semakin murah dan tentunya perang antar operator yang menurunkan atau memberikan berbagai bonus yang menarik yang membuat HP ini semakin laris. Fitur-fitur dari HP itu sendiri juga cukup dominan apa lagi setelah akhir-akhir ini banyak sekali produk-produk cina yang masuk ke Indonesia yang menawarkan harga murah tapi fitur wah…

Ketergantungan seseorang akan HP kian meningkat, karena sangat membantu dalam berkomunikasi dan menyingkat waktu serta bisa membuat dunia ini “semakin kecil”. Mobilitas manusia semakin meningkat, pekerjaan semakin padat sehingga komunikasi menjadi hal yang sangatlah penting dalam aktifitas sehari-hari.

Konsumen
Inilah yang seharusnya Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang bagus. Tak semua orang membutuhkan Hp yang baru, banyak juga orang-orang yang lebih memilih barang second yang harganya jelas lebih miring. Bahkan kebanyakan orang sekarang punya lebih dari 1 handphone. Konsumen handphone second lebih banyak berasal dari masyarakat menengah bawah, karena mereka lebih menyukai produk dengan harga yang murah.

Info Bisnis
Untuk memulai usaha ini, yang paling penting adalah menyiapkan lokasi usaha yang strategis. Misalnya dengan menyewa tempat usaha di pusat keramaian seperti mall atau kios di pinggir jalan yang ramai. Selanjutnya sediakan tempat untuk display produk, seperti rak atau etalase yang terbuat dari kaca. Dengan menggunakan rak atau etalase kaca, konsumen dapat memilih handphone yang ingin dibelinya dengan mudah.

Selain itu untuk stok barang dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama antar counter handphone second, sehingga bila stok Anda sedang kosong bisa diambilkan di counter rekan kerja Anda. Selain itu Anda bisa mencari supplier handphone bekas yang banyak ditemukan di kota – kota besar. Sehingga stok barang Anda tidak sampai kosong.

Pemasaran
Untuk menarik minat konsumen, Anda dapat memasang papan harga handphone , spanduk, atau neon box di depan lokasi usaha Anda. Sehingga orang yang tidak sengaja melewati lokasi Anda, tertarik dan mampir untuk membeli handphone. Selain itu utuk memperoleh banyak konsumen, Anda dapat memilih lokasi usaha di pusat keramaian yang  banyak dikunjungi orang. Atau bisa juga memperluas informasi dengan memasang iklan di media cetak maupun media elektronik, agar bisnis Anda diketahui khalayak ramai.

Kelebihan bisnis
Handphone masih menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, sehingga peluang pasar produk ini masih sangat tinggi. Selain itu keuntungan dari penjualan handphone sangat besar, dari satu buah handphone bekas bisa memberikan keuntungan hingga ratusan ribu rupiah bagi pelaku bisnisnya.

Kekurangan bisnis
Satu – satunya kendala yang paling berpengaruh terhadap bisnis ini adalah persaingan bisnis yang sudah sangat tinggi. Banyaknya keuntungan bisnis jual beli handphone, banyak diminati masyarakat. Sehingga banyak counter handphone yang saat ini bermunculan, dan menawarkan harga jual serta kualitas produk yang bersaing.

Kunci sukses
Walaupun sudah banyak pemain lama dalam bisnis ini, tetapi peluangnya masih sangat terbuka. Carilah tempat yang strategis, lakukan promosi-promosi, dan yang penting kualitas barang Anda harus dijaga. Karena kepuasan pelanggan akan menjadi kekuatan Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu usaha jual beli handphone second (bekas), berhasil diterima oleh pasar.

Analisa Ekonomi
Modal Awal:
Sewa tempat 1thn (kecil)                    Rp  6.000.000,00
Etalase  (kecil)                            Rp    600.000,00
Kursi                                       Rp    200.000,0
Promosi & kartu nama                        Rp    300.000,00
Stok awal Hp 10 buah                        Rp 10.000.000,00+
Jumlah                                      Rp 17.100.000,00

Biaya operasional per bulan
Listrik                                     Rp    100.000,00
Telepon                                     Rp    100.000,00
Transportasi                                Rp    250.000,00
Stok Hp 10 buah                             Rp 10.000.000,00+
Jumlah                                      Rp 10.450.000,00

Omzet per bulan
@ Rp 1.200.000,00 x 10 hp      =        Rp 12.000.000,00

Laba per bulan
Rp 12.000.000,00 - Rp 10.450.000,00 = Rp 1.550.000,00

(Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/_WfBH7GMEeO0/SfkdH_-uyPI/AAAAAAAAALE/270tcpJEFwY/s400/hp2.jpg)

5 Komentar

  1. Saya tertarik untuk peluang bisnis tersebut
    resiko terbesar dari usaha tersebut itu apa bos ?
    lalu bagaimana meminimize kan resiko itu,agar bisnis berjalan lancar.
    Terima kasih

  2. saya cukup tertarik dengan bisnis ini,
    kira – kira untuk stock awal kulakan HP second yang harganya murah dimana ya???
    saya domisili di jawa timur. terima kasih

  3. Kepercayaan juga harus dijaga
    karena saat ini bisnis hp second juga sudah menjamur, jadi haru ada nilai lebih yang kita berikan..

Comments are closed.