Kacang Mete, Oleh-Oleh Khas Kendari

Potensi Bisnis Kacang MeteKacang mede adalah biji yang dihasilkan dari jambu monyet (atau sebagian orang menyebutnya jambu mete). Kacang mete ini sangat terkenal akan rasanya yang enak dan juga gurih.

Selain mengandung karbohidrat, kacang mete juga mengandung mineral, lemak dan protein. Lemak yang terkandung dalam kacang mete mencapai 82%, namun tidak perlu khawatir karena lemak yang yang terkandung didalamnya adalah lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh biasanya disebut dengan lemak baik karena bisa membantu menurunkan kolesterol, baik untuk jantung dan mudah dicerna oleh tubuh. Dibandingkan dengan kacang-kacangan yang lain seperti almond dan juga kenari, kacang mete mengandung sedikit lemak jenuh sehingga kacang mete aman dikonsumsi untuk diet sehat.

Rasanya yang lezat dan juga gurih menjadikan kacang mete mempunyai banyak penggemar. Cara mengolah kacang mete cukup mudah, hanya dengan memberi campuran bumbu bawang putih dan juga garam kemudian di goreng atau bisa juga sebagai bahan campuran untuk membuat kue.

Di Indonesia, tanaman jambu mete ini banyak kita jumpai di berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Barat, Jawa Barat, Bali dan Sulawesi. Namun, dari sekian banyak daerah tersebut, penghasil kacang mete paling besar di Indonesia adalah Kendari.

Dengan kualitas kacang mete terbaik, Daerah Kendari tak hanya mampu menembus pasar nasional namun juga sudah mampu terbang ke pasaran Internasional. Oleh sebab itulah kacang mete menjadi salah satu potensi bisnis daerah Kendari dan merupakan makanan khas daerah tersebut yang banyak dikenal se-Indonesia bahkan hingga mancanegara.

Harga untuk kacang mete di pasaran sangat bervariasi, semua itu tergantung pada kualitas kacang mete itu sendiri, ada yang kacang mete super dan juga kacang mete biasa. Hal itulah yang membedakan harga kacang mete.

Namun, rata-rata harga kacang mete yang belum dimasak dengan kemasan 400 gram adalah Rp 30.000,00 (tiga puluh ribu rupiah), sedangkan untuk harga kacang mete yang sudah dimasak bisa mencapai Rp 40.000,00 (empat puluh ribu rupiah) per kemasan 400 gram. Penjual juga akan memberikan petunjuk kepada para pembeli mengenai bagaimana cara mengolah kacang mete yang masih mentah dengan benar, sehingga kita tidak bingung mengolahnya.

Jika Anda berkunjung ke kota Kendari, jangan lupa untuk membeli kacang mete sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Sebab, sekarang ini kacang mete tak hanya menjadi oleh-oleh khas Kendari yang patut dicoba namun juga telah menjadi potensi bisnis yang mendatangkan keuntungan besar bagi masyarakat sekitar. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-v5kw6qobnGk/UepvxH9xFGI/AAAAAAAAANk/OuZhGOHj6vk/s1600/goa.jpg

1 Komentar

  1. Benar banget, disini mede benar-benar melimpah n udah swasembada..apalagi sekarang lagi puncak-puncaknya musim panen..

Comments are closed.