Peluang Bisnis

Peluang Usaha Susu Kambing Etawa, Untungnya Gak Main-Main

Peluang Usaha Susu Kambing Etawa, Untungnya Gak Main-Main?

Tahukah kamu kalau peluang usaha susu etawa ini untungnya enggak main-main? Pastinya penasaran kok bisa untungnya besar. Simak penjelasan berikut ini kalau kamu mau tau jawabannya.

Susu kambing memiliki lebih banyak manfaat dari susu sapi. Susu yang berasal dari hasil perahan kambing etawa ini diklaim mampu menyembuhkan alergi, melancarkan pencernaan, menyehatkan stamina, dan lainnya. Melihat susu kambing memiliki banyak manfaat, maka ada peluang bisnis yang ditonjolkan dari ternak kambing etawa ini.

Menurut hasil dari penelitian United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Di setiap 100 gram susu kambing mengandung komposisi 4-7% lemak, 3-4% protein, 134 gram kalsium, 4,5% karbohidrat, dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein,  karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, besi, lemak,  natrium, magnesium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol.

Tertarik Dengan Peluang Usaha Susu Kambing Etawa? Simak Dulu Manfaatnya

Susu etawa ini tentunya bukan hanya segar dan nikmat tapi juga kaya akan manfaat lho. Mau tau apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut :

Mudah Dicerna Dalam Tubuh

lemak yang terkandung didalamnya sangat rendah maka tak heran jika susu ini mudah diserap dan dicerna oleh tubuh kita. Susu ini juga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena teksturnya yang lembut. Kandungan gula yang rendah menjadikan susu ini aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Menurunkan Kolesterol dan Menbantu Menjaga Kesehatan Jantung

Susu mengandung kalsium yang tinggi serta fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang. Kandungan lemak esensial seperti linoleat dan arakidonat mempermudah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan tersebut menjadikanya mudah dibakar dan disimpan dalma tubuh sebagai lemak yang dapat membantu kesehatan jantung.

Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dalam susu ini dipercaya dapat merawat kulit berjerawat dan menyehatkan kulit. Kandungan asam laktat yang ada dalam tubuh dapat membantu membersihkan sel kulit mati dan mecerahkan kulit saat dikonsumsi secara rutin.

Rendah Alergi

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing ini dinilai lebih rendah protein sehingga menurunkan resiko alergi terhadap susu. Sehingga susu kambing ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Mencegah terjadinya penyakit pencernaan seperti usus bocor dan kolik. Dipercaya pula membantu untuk mencegah eksim kulit dan jerawat.

Memperbaiki Saraf

Kandungan zinc dan megnesium yang ada dalam susu ini menjadikannya dapat menghindarkan stres dan juga menenangkan saraf otak.

Membantu Menyembuhkan Anemia

Susu kambing mengandung banyak zat bezi yang dapat membantu meringankan penyakit anemia dan membantu melancarkan wanita haid.

Melindungi Paru-paru

Kandungan fluorin yang berfungsi sebagai antiseptik dalam tubuh. Mencegah pertumbuhan bakteri.

Simak Kisah Pemuda Yang Mengambil Peluang Usaha Susu Kambing Etawa Ini !

Peluang usaha susu kambing etawa saat ini sedang berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut tidak lepas dari perubahan konsumsi masyarakat. Sekarang ini bukan hanya kebutuhan makan dan minuman saja, akan tetapi trend juga merupakan salah satu yang membuat perkembangan perubahan konsumsi masyarakat, nah dewasa ini susu kambing etawa bisa dikatakan sedang naik trend. Segmen pasar susu kambing etawa juga luas, mulai dari anak – anak, dewasa, hingga lansia, baik laki – laki maupun perempuan, sehat ataupun sakit.

Dengan kecerdasan dan ketekunan melihat peluang bisnis seorang Ridwan mampu membuat produk dari hasil peternakan kambing yang ia punyai. Produk yang telah ia buat yaitu susu murni kambing organik, susu bubuk, dan sabun batangan.

Berdasarkan pengalamannya, kambing yang mengeluarkan susu yaitu kambing betina yang sudah memasuki usia matang. Satu kambing betina bisa menghasilkan susu 1 – 2 liter perhari, kapasitas dari peternakan Ridwan mampu 50 – 60 liter susu perhari.

Ridwan menjual susu bubuk mulai dari harga Rp 17.500—Rp 40.000 per kemasan, sedangkan harga susu murni organik Rp 75.000 per liter. Bisnis kambing etawa ini juga bukan hanya diambil susunya saja, daging dan kotorannya pun juga bisa dijadikan bisnis.

Mau Ambil Peluang Usaha Susu Kambing Etawa? Simak Faktor-faktor Yang Harus Diperhatikan

  1. Memiliki empati terhadap konsumen karena peluang usaha susu kambing etawa ini memiliki potensi yang cukup bagus dan dapet meningkat apabila dilakukan pemasaran secara berkala. Tentunya peminat akan minuman ini cukup banyak, mengingat minuman ini tidak hanya segar namun juga kaya karena alsan kesehatan dan akan manfaat yang baik untuk tubuh.
  2. Kebanyakan perusahaan susu sapi adalah perusahaan skala besar. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam memasarkan susu kambing ini. Namun hal tersebut bukanlah penghalang dan menjadikan susu kambing ini tak laku dipasaran. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan baranding. Hal ini bukan hanya menjadikan produk menjadi lebih banyak penggemarnya namun juga membuat kemasan lebih menarik.
  3. Menjangkau segmen pasar baru untuk mencapai target dalam pemasaran. Bukan perkara mudah memang mengenalkan produk baru kepada masyrakarat. Apalagi dengan kehadiran susu sapi yang telah lebih dulu menjadi primadona masyarakat. Hal ini dilakukan misal dengan menjangkau target pasar menengah hingga kebawah yang mana kebanyakan mereka tidak begitu sering dalam mengkonsumsi susu sapi. Dengan kehadiran susu kambing yang lebih segar dan sehat ini.
  4. Menciptakan inovasi dan kreasi baru dalam mengenalkan produk susu kambing ini. Mungkin sah-sah saja apabila kamu menjualnya dalam bentuk bubuk. Namun kamu juga mengkreasikannya dalam bentuk cair. Akan lebih baiknya lagi jika kamu mengenalkan susu kambing ini dengan tampilan baru dengan inovasi padauan rasa-rasa buah.

Tips Memulai Usaha Susu Kambing Etawa

Susu kambing etawa ini menjadi inovasi baru dalam dunia susu. Jika pada biasanya susu sapi yang lebih dikenal dikalangan masyarakat kini kehadiran susu kambing ini merupakan cara baru menikmati susu organik yang lebih sehat. Mau tau tips memulai bisnis ini? Mudah kok. Simak yuk tips apa saja yang bisa kamu tiru.

  1. Berikan inovasi baru dan kreatif dalam sajian susu kambing ini agar lebih menarik minat para konsumen untuk menikmati susu ini. Jika biasanya pebisnis menawarkan susu dalam bentuk bubuk, kamu juga bisa mengolahnya dalam bentuk susu cair rasa buah atau bisa juga mengolahnya menajdi yoghurt.
  2. Berikan desain kemasan yang menarik dan bentuk yang unik. Hal ini akan membantu dalam proses pemasaran.
  3. Menarik konsumen dengan memberikan diskon dan voucer potongan harga dengan jumlah pembelian tertentu.
  4. Terus melakukan pemasaran dan promosi produk secara online maupun secara offline. Meski pun produkmu sudah dikenal secara umum oleh kalangan masyarakat. Kamu tak boleh berhenti untuk terus memasarkannhya. Gunakan brosur ataupun menawarkannya melalui sosial media.

Demikian tadi adalah tips yang bisa kamu tiru dan mesti kamu perhatikan sebelum menekuni bisnis yang satu ini. Semoga dapat membantumu untuk memberikan inspirasi. Salam sukses!

 

(sumber gambar : https://frozenfoodsite.files.wordpress.com/2017/08/pe1.jpg)