Bisnis Bengkel Mobil Untung 20Jt Perbulan, Mau Coba?

Bisnis Bengkel Mobil Untung 20Jt Perbulan, Mau Coba?

Bengkel Mobil

Bisnis bengkel mobil adalah salah satu jasa yang selalu dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula perusahaan-perusahaan industri mobil baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang diperjual belikan di Indonesia. Jumlah mobil pribadi kini jumlahnya semakin meningkat. Dan meningkat pula jumlah bengkel mobil, meski bengkel mobil telah berdiri di mana-mana namun, peluang bisnis bengkel mobil ini masih tetap menggiurkan. Alasannya, pangsa pasarnya karena masih luas. Karena merawat mobil sudah menjadi kewajiban bagi pemilik dan pengguna mobil.

Layanan servis yang dapat diberikan, diantaranya bengkel mobil untuk semua merek mobil, bengkel yang dilengkapi sparepart, aksesoris mobil, modifikasi eksterior atau interior mobil, car spa atau salon mobil, cuci mobil, serta reparasi panggilan.

bengkel mobil

Untuk memulai bisnis bengkel mobil ini ada yang perlu Anda perhatikan seperti mempelajari beberapa hal yang berakaitan dengan kerusakan mobil. Misalnya, cara membongkar, menganalisis dan mentafsir biaya kendaraan. Bagi Anda yang lulusan sekolah perbengkelan, hal tersebut justru akan menunjang bisnis Anda. Carilah pemasok kebutuhan bengkel yang bisa menyediakan barang-barang berkualitas dengan harga yang tidak terlalu mahal. Cari juga pekerja yang terampil dalam memperbaiki mobil dan ramah terhadap customer.

Biasanya montir yang sudah punya nama, berpengaruh terhadap datangnya pelanggan. Pelanggan biasanya akan pindah ke bengkel dimana sang montir bekerja. Untuk gaji montir senior mencapai Rp 2 juta perbulan. Itupun belum termasuk uang makan. Kalau hasil kerja montir Anda bagus, pelanggan biasanya menitip uang tips.

Strategi Bisnis Bengkel Mobil

Pencarian Lahan

Mencari lahan untuk lokasi usaha memang tidak mudah. Bila kawasannya sudah terkenal, nilai jual atau kontraknya jelas sangat tinggi. Kalau modal belum cukup, Anda bisa bermitra dengan pemilik lahan dengan cara bagi hasil. Biasanya bagi hasilnya 50%-50% atau 40%-60%.

Ada beberapa hambatan yang akan Anda temui ketika menjalani usaha ini. Karena bisnis ini sudah menjamur dimana-mana maka peluang bisnis juga semakin kecil, sehingga kemungkinan peluang laba akan sedikit. Tingginya harga sparepart, juga dapat mempengaruhi nilai laba dari bisnis Anda.

Strategi Mencari Lokasi Bisnis

Mencari lokasi bisnis bengkel mobil bukan perkara yang mudah. Beberapa hal tentunya harus dipertimbangkan. Bukan hanya faktor harga sewa lahan saja namun juga cara yang dilakukan dalam memilih lokasi yang tepat untuk bisnis.

Memilih lokasi yang strategis tentunya menjadi salah satu pemicu yang dapat mempengaruhi ramainya pelanggan. Maka dari itu pilih lokasi usaha yang ramai banyak dilalui khalayak umum. Faktor kemudahan jalan dalam menuju area bisnis juga mesti Anda pertimbangkan. Semakin mudah dilalui dan banyak jalan yang bisa diakses menuju lokasi tersebut tentunya menjadi daya tarik tersediri.

Pelayanan Pelanggan

Strategi yang sebaiknya Anda lakukan adalah jalin hubungan baik dengan pelanggan. Jaga komunikasi agar konsumen tetap menjadi pelanggan setia, lakukan pelayanan yang baik dan benar.

Ramah dengan para pelanggan serta sabar mendengarkan kebutuhan dan keluhan pelanggan menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Berikan pelayanan setelah melakukan service dan meminta kritik saran guna meningkatkan pelayanan yang kurang agar semakin baik.

Menjaga Kualitas

Menjaga pelayanan Anda dengan memberikan pelayanan yang paling baik, maka kedepankan kebersihan, kerapihan, kenyamanan dan kecepatan dalam pelayanan, jaga pula hubungan baik dengan semua mitra bisnis. Jangan lupa melakukan after service setelah selesai melakukan perbaikan. Hal ini dapat membantu citra dan kualitas bengkel Anda. Semakin baik kualitasnya tentu bengkel menjadi primadona para pelanggan.

Strategi Promosi

Promosikan bengkel Anda ke perusahaan-perusahaan. Tawarkan servis bulanan bagi karyawan dengan system pembayaran diskon. Anda bisa memberikan kupon potongan harga setiap melakukan service dalam jumlah tertentu dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Bisa juga Anda memberikan kupon gratis service dalam jarak radius per KM. Dengan cara tersebut dinilai dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan dapet menarik pelanggan untuk kembali dan kembali lagi.

Fasilitas Menunggu

Ketika melakukan perbaikan mobil rusak atau service tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Meski hanya 1 sampai 2 jam pastinya akan terjadi kebosanan dan kejenuhan menunggu.

Berikan fasilitas ruang tunggu agar waktu saat menunggu terasa menyenangkan. Sediakan ruang menunggu yang nyaman, bersih dan rapi. Anda juga bisa menyediakan ruangan ber-AC, memisahkan antara ruang merokok dan bebas rokok, sediakan fasilitas TV, memberikan minuman atau cemilan sebagai salah satu cara yang bisa Anda lakukan.

Layanan Panggilan

Banyaknya persaingan menjadikan usaha yang satu ini menjadi bisnis umum atau sudah banyak para pelaku usaha yang menekuni bisnis ini. Jika Anda tidak kreatif dalam memberikan layanan maka yang terjadi Anda akan kalah dalam persaingan.

Berikan layanan dengan memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk melakukan panggilan dengan mendatangkan montir kerumah jika keadaan mobil yang perlu diservice tidak terlalu rusak parah.

Hal ini tentunya akan menjadi salah satu solusi bagi pelanggan yang mengalami kerusakan dijalan dan kebingungan mencari bengkel terdekat. Anda bisa memberikan layanan dengan membantu memperbaiki dilokasi tempat kerusakan mobil. Agar tidak menyulitkan, Anda bisa memberikan layanan tersebut dalam jarak tertentu untuk melakukan panggilan service.

Layanan GO-Mekanik

Memberikan gebrakan baru dengan cara menyediakan layanan go-mekanik. Yaitu ketika pemilik mobil sedang sibuk dan tidak sempat servis datang ke lokasi bengkel sediakan layanan jemput mobil untuk dibawa ke bengkel dan diperbaiki. Ini tentu memudahkan bagi para pelanggan yang tidak punya waktu dan kesempatan melakukan service.

Booking Melalui Aplikasi

Layanan yang satu ini tentu sangat memudahkan para pelanggan. Menggunakan aplikasi booking ini tentu sangat membantu. Pelanggan tidak perlu melakukan reponya antri dengan datang langsung ke bengkel.

Adanya fasilitas booking melalui aplikasi ini pelanggan bisa melakukan pesanan antrian dirumah dan ketika datang ke bengkel langsung tinggal registrasi dan datang pada saat gilirannya dilayani. Dengan cara tersebut tentu pelanggan tidak akan merasakan lamanya antri dan menunggu giliran.

Memberikan Souvenir Untuk Pelanggan Setia

Salah satu yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan kembali lagi yaitu dengan memberikan bonus. Sekecil apapun bonus yang diberikan tentunya akan membuat pelanggan senang. Tidak ada salahnya sesekali Anda memberikan souvenir atau hadiah kecil kepada pelanggan tetap Anda, seperti kalender, tempat minum, tempat makan, kipas kecil, bolpoint dan notes. Anda bisa menambahkan brand bengkel dalam souvenir tersebut yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi promosi.

Modal Usaha

Modal untuk membuka bengkel mobil bisa mencapai Rp 100 juta. Modal tersebut dapat dipakai untuk menyewa lahan, membeli kunci-kunci, onderdil dan peralatan bengkel lainnya.

Usaha bengkel ini bisa mencapai keuntungan hingga Rp 20 juta – Rp 40 juta  per bulan setelah dipotong dana operasional dengan catatan bengkel Anda didatangi 30 mobil dalam sehari. Pendapatan yang sangat menggoda.  Untuk pembayaran onderdil ke pemasok biasanya dapat mundur sampai lima bulan belakang.

 

Sumber gambar : www.binisUKM.com

95 thoughts on “Bisnis Bengkel Mobil Untung 20Jt Perbulan, Mau Coba?”

  1. Assalamualaikum sy mau sharing tentang bengkel teman sy. Temen sy itu punya bengkel cukup gede cuma sayang dengan peralatan dan modal kecil terus manajemen yg dia terapkan tidak sesuai dengan yg diharapkan pegawai sehingga bbrp thn ini pegawainya banyak keluar kerja dikarenakan sistem penggajiannya bukan bulanan melainkan persentasi dr mobil yg masuk untuk diservice ato kerusakan. Sedangkan lahan yg dia pakai sekarang nyewa dengan biaya sewa 30 jt/thn sehingga dirasa berat sekali untuk ukuran bengkel seperti itu. Padahal pelanggan banyak sedangkan tenaga kerja ato montir yg handal dia ngga punya. Jd dia keteteran bila banyak mobil yg masuk. Untuk itu sudah sy sarankan coba robah manajemen yg sekarang dia blm sanggup menggaji montir secara bulanan itu yg menjadi permasalahan karena modal kecil. Dengan kebutuhan dia yg sangat banyak sehingga manajemen yg dia terapkan menurutku salah. Bagaimana solusinya biar bengkel temenku itu bisa berjalan dengan baik apakah ada yg mau bermitra dengan dia yg mau menanamkan modalnya kl keadaannya seperti itu?

    Reply
  2. rencana saya tahun ini ingin membuka bisnis modifikasi mobil ini.
    saya sudah memiliki lahan.
    tetapi berapakah kira” dana yang dibutuhkan untuk membeli berbagai peralatan.
    bisa anda kirimkan detail jumlah yang dibutuhkan ke email saya:kristopel.yuda@gmail.com/fb:maruba yuda kristopel siburian.
    bagaimana pula cara kita agar mendapatkan pelanggan??
    apakah yang harus dilakukan setelah membuka bengkel ini.bagaimana caranya kita agar memiliki pelanggan.
    mohon bantuannya teman” sekalian.
    kiranya saya mendapatkan informasi yang sangat penting.
    terima kasih…

    Reply
  3. Saya seorang mekanik yg sudah berpengalaman lebih dari 13 thn. Dan customer yg sudah lumayan banyak, krn saya banyak berhubungan dengan member2 komunitas otomotif, sudah 1tahun ini saya buka bengkel sendiri dgn modal dari teman, sekalipun saya sudah punya banyak pelanggan, hasil inkam per hari masih jauh dari yg diharapkan, krn keterbatasan dana/sparepart dan sarana bengkel seperti toilet, air tidak ada. Saya saat ini masih ngontrk tempat 25jt/thn. Kiat apa yg harus saya lakukan untuk menaikan inkam bengkel? Terima kasih

    Reply
  4. Saya ada rencana ingin membuka bengkel di awal th 2015 ini, utk lokasi kebetulan udah ada di pinggir jalan raya, tepatnya di jalan raya bogor (cibinong). Rencana utk tahap awal hanya bergerak dibidang ganti oli, tambal ban, jual aki dan part yg umum aja. Hal ini dikarenakan saya belom mempunyai tenaga ahli / montir yg mumpuni. Bagi ada yg mempunyai kenalan di bidang distributor oli, aki, dan lainnya, mohon disharing melalui email saya di andybestman77@gmail.com. Dan jika ada yg udah mempunyai pengalaman didalam menjalankan usaha spt ini mohon.dibagi juga kiat” nya. Thanks, salam sukses buat semuanya

    Reply
    • Berbagi pengalaman usaha bengkel,dulu waktu pertama kali saya mulai meng3mbangkan usaha bengkel saya,saya di tawari sebuah tempat yang lumayan luas untuk ukuran bengekl kecil dengen modal kecil juga,tapi seiring waktu alahamdulillah mulai bisa berkembang dengan modal kepercayaan pelanggan kepada saya,mungkin mulai ada sedikit kepuasan dari konsumen dari hasil kerja dan pelayana,dan konsumen yang masuk ke bengkel saya hampir semua rata rata adalah konsumen baru yang tidak tau kalo di tempat sekitaran nya ada bengkel,ada juga konsum3n yang datang dari jauh atau luar kota,padahal saya tidak pernah promosi atau iklan,ternyata saya dengar dari hampor semua konsumen bengkel saya,mereka rata rata hanya dapat rekomendasi dari teman nyabyang ternyata pernah melakukan servis di bengk3l saya, mungkin itulah yang terpenting buat buka usah bengkel yaitu tanamkan kepercayaan pada konsum3n melaui pelayana dan hasil kerja,untuk kehutuhan sparepart karna di kota saya tinggal tidak lengkap toko penjual dengan kebutuhan separepart,maka saya lakukan pembelian ke luara kota ke jakarta, seiring waktu juga saya tanamkan kepercayaan penjual sparepart kepada bengkel saya dengan cara s3lalu belanja kebutuhan sparepart satu merk mobil satu toko,saya kunci toko yang lumayan komplit untuk jadi langgana belanja sparepart saya untuk setiap satu merk mobil,dan alhamdulillah seiring waktu mereka bisa percaya kepada bengkel saya untuk menyuplai kebutuhan sparepart bengk3l saya tanpa harus bayar terlebih dahulu,begitu juga sparepart seperti non merk mobil seperti oli,cairan rem,cairan radiator,busi,lampu lampu kabel,dan penujang kbutuhan alat bengkel, saya tanamkan metode seperti itu,,,itu semua saya pakai untuk strategi penegmbangan bengkel,san alhamdulillah saya melihat sekarang konsumen sudah banyak dan merasa sedikit puas dengan sedikit pelayanan bengekl saya yang memang dikatakan tidak memadai untuk pelayanan maksimal sebuah bengkel, salm bengkel,maju terus berkarya pantang mundur,,semoga bermanfaat

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba