4 Tips Mengembangkan Bisnis Biar Konsumen Tidak Bosan

Mengembangkan bisnis dalam menjalankan roda bisnis perlu adanya startegi. Memang dalam bisnis tak selalu pertumbuhan perusahaan memiliki dampak pada profit atau keuntungan. Hal terpenting adalah effort yang lebih dalam menghasilkan profit yang maksimal. Ciri khas atau keunikan dari suatu produk yang membedakan antara produk satu dengan yang lainnya. Tentunya hal tersebut adalah salah satu aspek penting yang dapat mendorong kesuksesan suatu produk.

Maka penting sekali dalam memfokuskan kembali bisnis yang kamu jalankan. Bukan tidak mungkin bisnis yang sudah besar dan lama berjalan bisa kehilangan fokus. Entah itu dari sistem manajemen yang kurang melakukan pemantauan produk. Bahkan konsumen yang mulai bosan dengan produk. Jika terus menerus terjadi maka penjualan akan mengalami penurunan.

Dari situlah perlu adanya pengembangan dan mulai fokus kembali pada pertumbuhan bisnis. Mungkin selama ini pelaku bisnis sudah menetapkan target pasar, sudah benar-benar mengenal jati diri bisnisnya dan telah menyusun tujuan bisnis. Namun kurang yakin dalam mencapai tujuan yang telah disusunnya. Ini dia beberapa tips mengembangkan bisnis :

Tips Mengembangkan Bisnis

Bergabung Dengan Komunitas

Terkadang skill komunikasi  sangat diperlukan para pelaku usaha untuk bisa membuat bisnis yang kita jalani terus berkembang dan lebih dikenal oleh banyak orang. Meski awalnya tak jarang para pemula kurang fasih dalam berkomunikasi. Namun kamu tak perlu khawatir karena kita bisa memanfaatkan komunitas bisnis untuk membangun rasa percaya diri kita menjadi seorang pengusaha.

Menurut beberapa pengalaman orang, untuk menjalankan bisnis fashion. Kemudian bergabung dengan komunitas sesama pelaku bisnis, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan baik untuk pengembangan diri maupun bisnis. Inilah beberapa manfaat dari bergabung dengan komunitas :

Membantu memperkenalkan bisnis

Tak kenal maka tak sayang, adalah salah satu pepatah yang memang sangat perlu ditanamkan oleh siapa saja, tak terkecuali pelaku bisnis. Menjadi bisnis yang mudah dikenal banyak kalangan memang diperlukan inisiatif kita untuk terlebih dahulu memperkenalkan diri. Jangan pernah gengsi, jika ingin sukses, cobalah untuk berkomunikasi atau memperkenalkan terlebih dahulu tentang bisnis yang kita jalani.

Mendapat informasi tentang solusi bisnis

Pengalaman berharga atau solusi dalam menjalankan bisnis sangat mungkin kita dapatkan dari rekan atau kenalan bisnis yang berkaitan dengan bisnis yang kita jalani. Berbincang ringan tentang permasalahan bisnis yang kita jalani tak jadi masalah.

Permasalahan dalam bisnis pasti terjadi apalagi bisnis yang dijalani baru berjalan beberapa bulan. Sharing dengan sesama pelaku bisnis bisa dijadikan sebagai salah satu referensi untuk mencari informasi dan solusi dari permasalahan bisnis yang kita hadapi saat ini.

Saling Memberikan Motivasi

Setiap pengusaha tentu harus menjaga semangat dan motivasi bisnis dalam dirinya. Membentuk motivasi bisnis bisa dilakukan dengan membaca tulisan yang ditulis oleh CEO dari sebuah bisnis atau hasil wawancara antara pelaku bisnis dan pewawancara.

Dari situ kita bisa melihat gaya pelaku bisnis menjalankan bisnisnya. Jangan ragu untuk memberikan komentar setiap hasil dari wawancara atau tulisan yang dibuat, ini juga membantu kita untuk memperkenalkan bisnis yang kita jalani.

Memperluas Jaringan Bisnis

Untuk awal menjalankan bisnis, kita perlu mendapat banyak kenalan agar kita mendapatkan rekan yang membantu untuk mempromosikan bisnis yang baru kita jalani. Untuk menjaga eksistensi bisnis kita.

Jangan pernah menutup diri atau takut untuk minta bantuan untuk mempromosikan bisnis yang kita jalankan. Selanjutnya berbicaralah dengan kenalan bisnis dan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Membeli Konsumen Dari Pesaing

Jadi konsepnya kalian menjual lebih banyak produk pada konsumen yang sama. Tentunya kamu bisa membeli konsumen pesaing dengan beberapa strategi. Pilihan yang satu ini mungkin terasa cukup berat, sebab bisa saja menggunakan cara menurunkan harga produk, menawarkan service dan kualitas. Bisa juga dengan dengan gencar melakukan promosi produk. Serta mengajak konsumen pesaing untuk mencoba merek produkmu.

Menjual Produk di Beberapa Platform

Menjual produk ke beberapa tempat bisa menjadi pilihan tepat. setiap kali kamu mencari konsumen baru maka kamu diharuskan untuk menjelaskan keunggulan produkmu dipasar baru. Ciptakan presepsi positif di mata kosnumen jika produkmu memang berkualitas.

Jika biasanya kamu menawarkan produk hanya secara offline. Sekarang coba mulai merambah menjual produk secara online dengan memanfaatkan beberapa platform digital. Misalnya instagram, tiktok, youtube dan marketplace.

Jelaskan secara detail produk mulai dari keunggulan, varian, manfaat dan benefit yang didapatkan ketika order produkmu. Kamu harus bisa untuk mengedukasi konsumen alasan mengapa konsumen harus membeli produkmu. Buat mereka merasa bangga memesan dan menggunakan produkmu.

Mengelola Pelanggan

Diskon

Bagaimana mengelola pelanggan yang benar? Nah caranya dengan membuat mereka tidak hanya membeli 1 produk jika membeli 3 produk sekaligus lebih murah. Dengan begitu kamu akan mendapatkan untung besar.

Jika sebelumnya konsumen hanya akan membeli 1 produk dengan harga 100.000. Namun jika memberikan diskon pada pembelian produk minimal 3 konsumen bisa membeli hingga 3 produk.

Paket Bundling

Kemudian tawarkan paket bundling, jika konsumen membeli produk makanan twarkan pula paket bundling makanan dengan minuman sekaligus. Ini akan membuat konsumen yang awalnya hanya membeli makanan saja akhirnya akan sekaligus membeli minuman juga.

Hadiah Gratis

Salah satu yang trik yang bisa kamu gunakan adalah dengan memberikan hadiah gartis. Cara ini bisa membangun lebih banyak penjualan. Misalnya saja ketika kamu menjual produk kosmetik berikan pula hadiah gratis beuty blend atau kuas.

Tawarkan After Service

Jika konsumen telah menjadi pelangganmu sejak lama dan dulu pernah membeli produk standar. Apabila sekarang membeli produk yang premium maka kamu bisa berikan garansi lebih lama.

Sekian bahasan kita tentang bagaimana mengembangkan bisnis agar konsumen tidak mudah bosan dan produkmu tetap eksis dipasaran. Semoga informasi diatas bermanfaat ya guys!

2 Komentar

  1. Setuju mas fuad, selain bisa mengembangkan bisnis, komunitas juga bisa sebagai ajang silaturahmi…salam kenal & sukses selalu

    Reply

Leave a Comment