Kerajinan Perca: Unik, Kreatif, dan Menguntungkan

sip quiltingApa yang anda lakukan jika dirumah Anda terdapat beberapa kain yang sudah tidak terpakai lagi? Mungkin Anda akan berpikir untuk membuangnya…tapi tidakkah Anda berpikir bahwa kain-kain tersebut bisa menjadi barang yang bermanfaat bahkan menghasilkan uang bagi Anda??

Perca merupakan kain sisa yang dipandang sebagian orang sudah tidak bermanfaat lagi. Namun ditangan orang-orang yang kreatif, kain perca dapat disulap menjadi bedcover cantik, selimut, tirai, tas, boneka, alas gelas, dan lain-lain.  Pemanfaatan perca bisa untuk mempercantik kamar, ruang tamu, atau di setiap sudut rumah. Patchwork, quilting, dan appliqué merupakan tehnik-tehnik dalam pemanfaatan kain perca.

Quilts , Patchwork & Applique merupakan kerajinan tangan berbahan dasar kain perca yang disusun dan ditata secara kompak, serta terkombinasi dengan skill modern,  sehingga menghasilkan karya yang mempunyai cakupan nilai artistik dan seni tersendiri.

Secara terperinci dari arti Quilts , Patchwork & Applique sbb : Patchwork adalah seni menyusun dan menggabungkan kain perca aneka warna dan motif mengikuti pola berulang dengan cara dijahit tangan atau mesin, sedangkan Applique adalah seni membentuk gambar dari potongan kain dan ditempel diatas permukaan kain dengan menggunakan jahitan tangan atau mesin pula. Kedua seni ini kemudian disempurnakan dengan teknik jahit tindas (Quilts). Teknik ini dilakukan setelah menyisipkan sejenis busa yang disebut dakron / silikon diantara lembaran kain yang memiliki ukuran yang sama. Hasilnya akan lebih rapi dan memiliki ketebalan yang memberikan keindahan dan keunikan tersendiri.

Pemanfaatan kain perca ini selain dapat mengisi waktu bagi ibu-ibu dan remaja putri juga dapat memberikan tambahan pemasukkan bagi mereka. Bahan baku yang digunakan sangat murah karena berasal dari sisa kain yang tidak digunakan lagi. Quilting memiliki peluang usaha yang cukup baik karena produk yang dihasilkan unik dan kreatif. Di Indonesia, pengrajin quilting masih sedikt. Oleh karena itu masih banyak kesempatan bagi ibu-ibu dan remaja putri untuk mengembangkan usaha quilting ini.

Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan :
1.Rotary Cutter
Benda ini sangat tajam dan dapat memotong hingga 6 lapis kain katun. Benda ini harap dijauhkan dari anak-anak karena pisau pemotongnya tajam sekali. Biasakan setelah memakai selalu di kunci.

2.Rotary Mat
Alas untuk dipakai saat kita memakai rotary cutter dan tidak akan rusak karena memang disebut sebagai ‘self healing’ mat. Terbuat dengan berbagai ukuran dan merek serta sudah ada grid untuk akurasi pemotongan. Sebaiknya membeli yang ukuran medium 22×12 inch (1 inch=2.5cm) merek Olfa atau Omnigrid.

3.Rotary Ruler
Penggaris ini memang special untuk digunakan dengan rotary cutter dan rotary mat. Penggaris ini sudah ada tanda-tanda ukuran hingga 1/8 pecahan untuk akurasi pemotongan. Dijual dengan berbagai ukuran, tapi direkomendasikan untuk memakai merek Omnigrid ukuran 6×12 inch.

4.Mesin jahit
Mesin jahit sebenarnya pilihan saja, kalau mau cepat dan rapi silakan membeli mesin jahit. Bila ingin menghemat biaya bisa memakai metoda hand quilting; tapi hasilnya akan lama dan biasanya kita akan cepat bosan.
Mesin jahit tidak harus yang mahal, yang penting bisa untuk menjahit lurus dan sediakan jarum mesin yang tajam ukuran 80.

5.Peralatan basic lainnya seperti gunting kain yang tajam, benang, jarum pentul, dan setrika.

(Sumber Gambar : www.soulmate-bedsheet.com)

54 Komentar

  1. Kami ingin belajar lebih jauh tentang sisa kain batik untuk dijadikan barang yg harga jualnya tinggi. Jika tdk keberatan tolong di kasih alamat tempat pengrajin kain limbah batik di jember.Atas bantuannya kami sampaikan terima kasih.

    Regards,
    Solikin

  2. Assalamualaikum. Sy posisi ada di Bali, kl saya mau kursus buat barang dr kain perca dimana ya? Makasi

  3. Dimana tempat kurus krajinan tangan bahan perca, membuat tas dan kerajinan tangan laennya, terima kasih

  4. Saya tinggal di Bandung, dimana bisa kursus oatchwork dan quilting?
    perca sprei produksi sy lumayan banyak dan ingin membuat sesuatu yg berbeda.
    terima kasih untuk infonya.

  5. Smangat pagi…
    Saya ingin mengikuti pelatihan pembuatan quilt di Bandung dimana ya?
    Mohon informasi .
    Tks

  6. saya sangat berminat sekali untuk kursus patchwork and quilting di jakarta ..yang saya lihat biaya kursus nya mahal sekali , makanya saya sangat sedih karna belum mampu dengan by kursus yang sebegitu mahalnya untuk satu paket … tapi saya ingiiin sekali kursus … bisa di infokan kesaya tempat kursus yang lebih murah biar biaya kursus juga bisa saya jangkau

    thanks
    indri

  7. Sy hobby jahit,tp sy blum PD sm jahitan sendiri..sy ingin punya usaha dibidang perkainan dengan modal kecil. Bgmn solusinya? Trmksh

  8. bgmn pemasarannya? sy prnh belajar quilting n udah bikin cempal uk.15x15cm ada 100 biji. tapi cmn dihargain rp.5000,-/pc. Bgmn untk meningkatkan hrg jual? jg bgmn untk prdksi massal tp hrg bagus?
    Tks,
    email :limifen@yahoo.com
    di kopo-bandung

  9. Saya tertarik dengan pembuatan handmade.. tapi kendala pemasaran dan pencarian bahan bakunya. Link untuk mencari di mana ya

  10. melihat hasil2 yyg indah dr sisa kain perca saya sangat termotivasi dgn adanya kain2 perca yang berserakan dirimah, mohon informasi tempat kursus membuat tas di kota blitar jawa timur. terimakasih

  11. Saya ingin belajar patchwork, dimana alamatnya? Saya tinggal di Jakarta, dan waktu nya yg saya siapkan setiap hari Sabtu.

    Mohon informasinya, terimakasih.

    Maria Siagian.

  12. Assalamualaikum wr.wb. Saya seorang PNS Pemberdayaan Wanita di Lampung yang akan memberi pelatihan ketrampilan membuat produk dari kain perca kepada Perempuan (ibu n remaja) di pedesaan. Jika Bapak/Ibu berkenan, ijinkan kami memohon untuk di kirimkan beberapa contoh gambar, syukur jika bapak/Ibu berkenan membagi ilmunya saya akan sangat berterima kasih sekali, serta informasi membeli bahan baku dan alatnya. Terima kasih
    Wasalamualaikum wr.wb
    Balas

  13. sy sungguh meminati sulam dan tampal ini dan sedang mengikuti kelas di Epal ipoh

  14. Saya tinggal di pekan baru riau.d mana ya saya bsa beli peralatan di atas.dan tlong krim kan gambar,tas,selimut,dan gorden.yang telah jadi ya.
    Trima kasih.

  15. kain perca tu bisa kita dapat nya dmana?? N cara yang lebih detail untuk membuat nya gmana???

    • beli di tanah abang . byk kain murah, biasanya penggemar patchwork suka beli disana

  16. Assalamualaikum,,, saya tertark dg kerajinan kain perca ini, tolong kasih info mengenai harga&tempat membeli alat-alat tersebut,,,
    Terimakasih,,
    Email saya
    Rida_lirih@yahoo.co.id

Comments are closed.