Ciptakan Pelangi di Sepiring Hidanganmu

mie pelangi“Merah, kuning, hijau dilangit yang biru…”itu sepenggal lagu yang berjudul “Pelangi”. Apakah pernah terpikir untuk menciptakan pelangi di dalam piring hidangan Anda?. Kini Anda bisa menciptakan sendiri warna – warni pelangi tersebut. Kok bisa??? Kreasi baru para pembuat mie telah menciptakan “mie pelangi.” Jadi sekarang, anda tidak hanya akan menjumpai mie yang berwarna kuning saja namun ada yang berwarna ungu, hijau, merah, orange dan lain-lain. Lebih menarik bukan?Lalu darimana asal warna – warna itu? Dari pewarna makanan buatankah?

Mengapa harus menggunakan pewarna makanan buatan jika pewarna makanan alami telah tersedia melimpah di alam kita. Pewarna alami itu bisa didapat dari kangkung, seledri, bayam, wortel, strawbery dan ubi jalar atau “telo”(begitu orang jawa menyebutnya). Kangkung, seledri, dan bayam memberi warna hijau, wortel memberi warna orange sedangkan ubi jalar mampu menghasilkan beberapa warna. Warna umbi ubi jalar berbeda-beda tergantung jenis tanaman ubi jalarnya, seperti merah, kuning, putih, jingga, dan ungu. Sebenarnya masih banyak buah maupun sayur lain yang bisa digunakan, semua tergantung kreatifitas anda.  Dengan menggunakan aneka buah dan sayur tersebut warna mie menjadi menarik, rasanya lezat, gizinya tinggi dan aman karena pewarnanya dibuat dari sayuran dan buah-buahan.

Selain tanpa bahan pewarna, mie pelangi dari telo juga kaya serat, mengandung, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, zat besi, dan mineral. Ubi jalar mengandung kalori hanya 141, sehingga cocok untuk mereka yang harus menjaga berat badan. Ubijalar yang daging umbinya berwarna ungu, banyak mengandung anthocyanin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena berfungsi mencegah penyakit kanker. Ubi jalar yang daging umbinya berwarna kuning dan wortel  banyak mengandung vitamin A. Kandungan beta karoten dalam wortel dapat membantu mencegah rabun senja dan penglihatan yang kabur.

Mie pelangi yang terbuat dari sayuran seperti bayam, kangkung dan seledri tak kalah kandungan gizinya. Seledri mempunyai kandungan gizi yang cukup baik antara lain, kalori, protein, lemak, hidrat arang,  kalsium, fosfor, besi, Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C. Daun seledri juga banyak mengandung apiin, di samping substansi diuretik yang bermanfaat untuk menambah jumlah air kencing. Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan  sitosterol. Secara farmakologis, kangkung berperan sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan sedatif (obat tidur).  Sedangkan bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium,  besi , dan serat. Bayam baik untuk kesehatan limpa, urin, sistem pencernaan, menurunkan resiko terserang kanker, dan anti diabetes. Mau tanya cara membuat mie pelangi dari telo? Berikut langkah-langkah membuatnya.

Peralatan

  1. Markatto (alat pencetak & pemotong mi)
  2. Baskom /wadah plastik
  3. Rol kayu
  4. Panci
  5. Kompor

Bahan

  1. Ubi jalar
  2. Tepung tapioca
  3. Tepung terigu
  4. Air
  5. Garam
  6. Telur
  7. Minyak sayur

Cara Membuat

  1. Ubi Jalar dibersihkan dari kotoran dan dicuci, lalu dikukus. Setelah matang dikupas kulit arinya lalu dihaluskan.
  2. 200 gr ubi jalar kukus halus, dicampur dengan 150 gram tepung tapioka hingga rata, lalu tambahkan 250 gram tepung terigu   (adonan dasar).
  3. Buat lekukan (sumur) ditengah-tengah tepung dalam wadah dan isi dengan 1 butir telur, 1 sendok teh garam halus, 1 sendok makan air dan 1 sendok makan minyak sayur, kemudian aduk   sampai rata (bahan pencampur) hingga terbentuk adonan.
  4. Adonan dikeluarkan dari baskom /wadah lalu diuleni dengan tangan sampai terbentuk adonan yang kalis /sempurna. Pengadonan dapat dilakukan dengan menekan-nekan adonan di atas meja menggunakan kayu.
  5. Adonan kalis dibulatkan, ditutup plastik dan didiamkan ± 30 menit, lalu diadoni lagi ± 5 menit.
  6. Adonan dipotong-potong atau dibagi – bagi menjadi ± 100 gram, dibentuk bulat dan dipipihkan dengan roll kayu sampai ketebalan ± 1,5 cm.
  7. Lembaran adonan ditipiskan dengan markatto (alat pembuat mi) di mulai dari ketebalan No. 1 sampai No. 4.
  8. Lembaran adonan dipotong dengan markatto atau alat lainnya membentuk tali-tali mi.
  9. Untuk menghindari bersatunya mie, tambahkan sedikit tepung terigu sambil diratakan sehingga mie mentah terlepas satu   sama lainnya.
  10. Siapkan air mendidih yang diberi satu sendok makan minyak sayur untuk merebus mie selama 5 menit saja. Tiriskan lalu segera diberi minyak sayur.

Lebih menyenangkan bukan jika anda memakan mie ayam, bakso,  atau bakmi goreng  yang mienya berwarna – warni? Menurut ahli fengshui warna makanan yang menarik akan meningkatkan selera makan.  Ini bisa menjadi peluang usaha baru bagi anda untuk menciptakan mie ayam, bakso dan bakmi goreng yang berbeda dari pedagang lainnya didaerah anda. Selamat mencoba..
Sumber gambar http://soulfiller.com/wp-content/gallery/latin-lunch/mie-pelangi-serpong.jpg

8 Komentar

  1. Bagaimana caranya membuat mi pelangi dengan bayam dan kankung?barapa lama bisa bertahan?bagaimana mi tu mO DKeringkan atau diopen. ?

  2. bagaimana cara membut warnanya jadi satu bundelan/buletan sehingga satu porsi bisa 3 warna NB warnanya tidak terpisah

  3. harga pembelian mesin pembuat mienya berapa?ketahanan mienya berapa lama?…tolong kirim resep bepbuatanya ke email saya…terima kasih.

  4. ketahanan mienya sampe bisa berapa lama, klo boleh tau harga mesin pembuat mienya berapa?.klo bisa tolong kirim resepnya pada email saya…terima kasih…

Comments are closed.