Kunci Sukses Usaha Katering Skala Rumahan

Bisnis katering skala rumahanBagi Anda para ibu rumah tangga tidaklah perlu merasa berkecil hati dengan profesi ibu rumah tangga, karena profesi itu sangat mulia dan Anda juga tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan banyak pilihan bisnis rumahan yang bisa dijalankan. Seorang ibu rumah tangga pastinya akan memiliki banyak waktu untuk berkreasi sambil mengurus keluarga tanpa harus meninggalkan rumah.

Di tengah aktivitas yang terus meningkat, usaha katering adalah salah satu jenis bisnis rumahan yang menguntungkan bagi para ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan banyak sekali yang dapat dijadikan sebagai target pasar untuk usaha katering. Misalnya saja katering untuk makan siang karyawan, nasi box, acara pesta, katering anak kos, arisan dan lain sebagainya.

Untuk memulai usaha katering di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar usaha katering yang Anda rintis dapat berjalan dengan lancar, tidak menemui kendala dan hambatan yang berarti serta mendatangkan keuntungan besar. Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar pesaing Anda dan siapa calon konsumen Anda sehingga usaha katering dapat berjalan dengan baik.

Setiap masakan tentunya harus mempunyai resep yang jelas, karena ada kalanya kita tidak bisa membuat masakan itu sendiri melainkan karyawan kita. Oleh sebab itu, buatlah standar operasional prosedur untuk resep masakan andalan dari usaha katering Anda agar rasanya tidak berubah-ubah. Menu masakan adalah hal pertama yang biasanya di tanyakan oleh calon konsumen. Menu masakan yang enak serta harga yang terjangkau adalah menu yang banyak dicari. Usaha katering biasnya menyediakan menu seperti nasi, aneka sayur, aneka lauk, aneka kue dan lain sebagainya.

Buatlah rencana usaha sesuai dengan usaha katering yang Anda pilih. Dalam membuat rencana usaha, Anda juga perlu melakukan survei untuk mengetahui seberapa ketat persaingan bisnis di dunia katering, daftar menu beserta harganya dan target pasar. Jika usaha katering Anda masih termasuk dalam bisnis rumahan dengan pelanggan yang masih sedikit, maka rumah pribadi kita bisa dijadikan sebagai tempat usaha.

Meskipun usaha katering Anda merupakan bisnis rumahan yang masih berada disekitar rumah, tetaplah membuat tempat untuk usaha yang cukup luas agar Anda dan karyawan bisa bekerja lebih leluasa. Pastikan juga Anda mempunyai fasilitas yang memadai seperti air, listrik, pembuangan limbah, mudah diakses dan tidak mengganggu masyarakat sekitar.

Menjalankan usaha ketering juga membutuhkan peralatan penunjang untuk mendukung usaha katering Anda, misalnya saja seperti lemari pendingin, lemari untuk menyimpan alat memasak dan peralatan makan serta berbagai macamperalatan lainnya. Setelah semua yang Anda perlukan untuk memulai usaha katering tersedia, saatnya Anda melakukan promosi dan menawarkan usaha katering Anda.

Bisnis rumahan yang menguntungkan ini mungkin akan terasa sangat berat diawal Anda merintisnya, karena Anda harus melakukan semuanya sendiri. Namun, lama kelamaan usaha Anda akan berkembang sehingga Anda dapat mempertimbangkan untuk mengangkat beberapa karyawan yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Modal kecil bukan alasan untuk menjalankan suatu usaha apa adanya. Profesionalitas dalam sebuah usaha terutama bisnis jasa dilihat dari pelayanan yang terbaik, tepat waktu dan sesuai janji, mutu serta rasa yang berkualitas tinggi. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : https://alidesta.files.wordpress.com/2015/04/kuliner-indonesia.jpg?w=660

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba