Peluang Usaha

Hangatnya Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan Makin Menggoda!

Hangatnya Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan Makin Menggoda!

Peluang usaha kuliner siomay ikan tak kalah menarik dibandingkan dengan usaha kuliner lainnya. Siomay ikan merupakan kuliner yang sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Selain sebagai camilan favorit, siomay ikan juga sangat mudah kita jumpai. Bahan baku untuk membuat siomay pun sangat mudah didapatkan. Biasanya untuk membuat siomay ikan yang enak dan lezat, kita membutuhkan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya, kemudian mencampurnya dengan tepung tapioka. Siomay ikan disajikan lengkap dengan kentang, tahu, kol dan bumbu kacang yang khas.

Konon, siomay ikan tenggiri ini berasal dari Tiongkok, akan tetapi saat ini sudah mulai beradaptasi menjadi makanan tradisional khas Indonesia yang layak untuk dijadikan sebagai usaha kuliner yang menjanjikan. Siomay ikan tenggiri mudah dijumpai, mulai dijajakan secara keliling ala gerobak, mangkal di pinggir jalan, hingga restoran besar karena rasanya yang benar-benar menggoyang lidah.

Meskipun bisnis siomay ikan tenggiri ini semakin hari sudah kian padat pemain. Namun usaha kuliner ini masih saja memiliki celah untuk tumbuh dan berkembang. Tidak ada salahnya jika Anda juga ikut meramaikan pasar dengan mengais untung dari usaha kuliner siomay ikan tenggiri.

Resep Membuat Siomay Ikan Tenggiri

Bahan Siomay :

  • 250 gram ikan tenggiri yang digiling sampai halus
  • Tepung sagu
  • 3 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • ½ sendok teh garam halus
  • 1 batang daun bawang segar yang diiris halus
  • 1 butir putih telur
  • Beberapa lembar kulit pangsit

Bahan Untuk Membuat Saos Kacang :

  • 200 gram kacang tanah, goreng dengan minyak kemudian haluskan
  • 500 ml air hangat
  • 2 sendok makan air asam jawa (dari campuran 1 sendok makan asam jawa dengan 3 sendok makan air)

Bumbu Halus :

  • 6 buah cabai merah keriting yang digoreng
  • 4 siung bawang putih yang digoreng
  • 3 sendok makan gula merah yang telah disisir
  • 1 sendok teh garam
  • Jeruk limau
  • Kecap manis

Cara Membuat :

  1. Campurkan ikan tenggiri yang telah dihaluskan dengan tepung sagu, minyak wijen, bawang putih, garam, telur dan daun bawang kemudian aduk sampai rata.
  2. Setelah adonan rata kemudian banting-banting sampai adonan kalis atau kental. Setelah itu masukkan dalam plastik.
  3. Letakkan kulit pangsit ke dalam cetakan kue mangkuk, lalu olesi kulit pangsit dengan menggunakan air lalu masukkan adonan siomay ikan tenggiri.
  4. Kukus siomay ikan tenggiri selama kurang lebih 30 menit.
  5. Sambil menunggu siomay ikan tenggiri matang, Anda bisa membuat saos kacang dengan mencampurkan kacang tanah yang telah dihaluskan dengan bahan bumbu halus kemudian ulek sampai merata.
  6. Sajikan siomay ikan tenggiri dengan saos kacang, jeruk limau dan kecap. Bisa ditambahkan dengan tahu, kol, kentang atau pare.

Analisa Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan

Mau menjajal peluang usaha kuliner siomay ikan? Simak dan pelajari bagaimana analisa usahanya berikut ini :

Konsumen

Siomay ikan tenggiri banyak memiliki penggemar mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua. Selain rasanya yang lezat dan gurih, siomay ikan tenggiri juga banyak di jajakan. Dan yang terpenting, harga kuliner ini pun relatif ekonomis sehingga mudah didapatkan. Sehingga tak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang menjadi primadona masyarakat.

Memulai Bisnis

Usaha Kuliner siomay ikan tenggiri adalah jenis usaha kuliner olahan hasil laut yang bisa dijalankan sesuai dengan modal usaha yang dimiliki. Jika modal kecil yang dimiliki, maka bisa dijajakan secara keliling ala gerobak atau dijajakan di pinggir jalan. Sedangkan jika modal usaha yang dimiliki relatif besar maka bisa memulai usaha dengan membuka warung siomay atau restoran.

Dalam memulai usaha kuliner siomay ikan tenggiri, yang terpenting untuk selalu diperhatikan adalah dalam hal rasa. Biasanya pelaku bisnis sudah memiliki resep yang telah dipraktekkan secara turun temurun. Selain memperhatikan rasa siomay ikan yang enak dan khas, kebersihan juga harus selalu dijaga. Tidak hanya kebersihan tempat, akan tetapi juga kebersihan dalam meramu siomay dan penyajiannya.

Keuntungan Bisnis

Modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha kuliner siomay ikan tenggiri ini tidaklah besar. Maka dengan begitu usaha ini bisa dimulai dengan industri rumahan. Peluang bisnisnya juga masih terbuka lebar dengan banyaknya peminat siomay ikan tenggiri, baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Selain rasanya yang enak dan gurih, harganya juga relatif murah serta mudah dijumpai dimana-mana.

Hambatan Bisnis

Resiko terbesar dari usaha kuliner siomay ikan tenggiri adalah persaingan bisnis yang semakin ketat. Modal usahanya dan proses produksinya tidak terlalu sulit sehingga banyak pelaku bisnis yang tertarik dengan usaha kuliner ini. Selain itu, kenaikan harga bahan baku juga membuat para pelaku bisnis untuk menekan biaya produksi.

Tidak hanya itu saja, jika siomay ikan tenggiri tidak laku dalam waktu sehari maka resiko tersebut bisa dikurangi dengan menyediakan freezer atau lemari es, namun jangan terlalu lama karena dapat mengganggu aroma dan rasa siomay.

Usaha Siomay Ikan

Strategi Pemasaran

Promosi bisnis dapat dilakukan oleh pelaku usaha kuliner dengan cara yang sederhana pada awal usaha, yaitu dengan membuat spanduk semenarik mungkin sehingga orang yang melihatnya akan tertarik untuk membeli siomay Anda. Sementara itu promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut biasanya akan terjadi dengan sendirinya jika dalam menjalankan usaha kuliner ini Anda bisa mempertahankan rasa, kualitas dan pelayanan usaha dengan baik.

Usaha kuliner siomay juga tidak hanya melayani pembeli yang datang, akan tetapi usaha Anda harus mampu menerima pesanan untuk pesta pernikahan, arisan, rapat dan acara penting lainnya dengan jumlah kuota yang ditetapkan.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan memasarkanya melalui sosial media. Dengan cara ini dinilai sangat ampuh dan responsif karena melalui sosmed masyarakat akan sangat mudah dijangkau. Selain itu jangkauannya bisa lebih luas, maka menurut beberapa pengusaha sosial media menjadi salah satu cara promosi paling efektif.

Kunci Sukses

Niat serta ketekunan untuk terus berusaha dan tidak pantang menyerah merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha kuliner yang utama. Hanya berawal dari usaha kuliner siomay ikan tenggiri yang dijajakan ala gerobak keliling atau warung pinggir jalan pun Anda mampu memperoleh keuntungan yang besar. Kepuasan dari para pelanggan adalah syarat penting yang harus dicapai dalam menjalankan usaha apapun. Membuat beraneka ragam inovasi untuk siomay ikan tenggiri yang Anda buat agar pelanggan tidak bosan juga dapat diterapkan dalam usaha kuliner ini.

Analisa Ekonomi

Asumsi pemakaian alat
Masa pakai gerobak                                              3 tahun
Masa pakai peralatan masak seperti panci, kompor dan ulekan     1 tahun
Masa pakai peralatan makan seperti sendok, piring dan gelas     1 tahun
Masa pakai meja dan kursi                                       3 tahun

Investasi
Gerobak                                                        Rp 3.000.000,00
Peralatan masak                                                Rp   600.000,00
Peralatan makan                                                Rp   300.000,00
Meja dan kursi                                                 Rp   400.000,00 +
Total Investasi                                                Rp 4.300.000,00

Biaya operasional bulanan
Biaya tetap :
Penyusutan gerobak 1/36 x Rp 3.000.000,00                      Rp     83.000,00
Penyusutan peralatan masak 1/12 x Rp 600.000,00                Rp     50.000,00
Penyusutan peralatan makan 1/12 x Rp 300.000,00                Rp     25.000,00
Penyusutan meja dan kursi 1/36 x Rp 400.000,00                 Rp     11.100,00
Sewa tempat jualan                                             Rp    500.000,00 +
Total biaya tetap                                              Rp    670.000,00

Biaya tidak tetap :
Biaya bahn baku Rp 150.000,00 x 30 hari                        Rp  4.500.000,00
Pembelian gas, keamanan dal lain-lain                          Rp    150.000,00 +
Total biaya tidak tetap                                        Rp  4.650.000,00 +

Total biaya operasional                                        Rp  5.320.000,00

Penerimaan bulanan 
Penjualan siomay 25 x Rp 10.000,00 x 30 hari                                           = Rp 7.500.000,00

Keuntungan = Rp 7.500.000,00 – Rp 5.320.000                    Rp  2.180.000,00       



Sumber gambar : 
1. http://perusahanku.co/wp-content/uploads/2015/02/resep-siomay-lezat.jpg; http://i1118.photobucket.com/albums/k605/hennpuspita/DSC01149.jpg 
2. http://3.bp.blogspot.com/-YnQE54kV3so/T8EHAnQyErI/AAAAAAAAAxU/5hbT_TGMlEA/s1600/batagor-booth-2011-09-06-21.jpg