Macam-macam Olahan Cabai, Unik dan Bikin Tercengang

Macam-macam olahan cabai yang satu ini ternyata cukup menarik untuk dicoba. Bagaimana tidak? selama ini kita tahu cabai kebanyakan hanya diolah sebagai sambal. Namun ternyata cabai ini banyak diolah menjadi beberapa makanan yang dianggap kurang lazim. Tidak sebagai pelengkap saja namun menjadi camilan yang unik. Mau tahu selengkapnya? Yuk kita simak bareng-barenga kira-kira olahan makanan apa saja yang di hasilan dari bahan dasar cabai ini.

Nah Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang sangat menyukai pedas. Hampir seluruh masyarakatnya tidak bisa makan tanpa kehadiran pelengkap sambal maupun cabai. Nah uniknya beberapa tahun silam ini olahan cabai semakin beragam. Tidak hanya diolah menjadi sambal, bubuk cabai, dan lain sebagainya. Kini diinovasikan lebih kreatif yakni diolah menjadi makanan atau camilan, dan minuman. Nah langsung kita simak saja apa saja olahan unik yang mencengangkan dari bahan dasar cabai ini.

Macam-macam Olahan Cabai

Cabai Goreng Tepung

Makanan Indonesia ini dominan dengan makanan pedas. Biasanya cabai diolah menjadi sambal sebagai pelengkap makan. Namun bagaimana ceritanya jika cabai diolah menjadi sebuah cemilan. Nah makanan ini ternyata cukup viral dikalangan para pecinta makanan pedas. Camilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar cabai. Cabai goreng tepung adalah camilan yang dibuat dari cabai yang digoreng kering dan crispy.

Bagi sebagian orang yang menyukai pedas tentunya camilan sangat nikmat. Cabai ini digoreng dengan cara dicampur dengan adonan tepung. Kemudian digoreng dengan minyak panas. Sensasi gurih, pedas dan crispy sangat membuat para penikmatnya semakin ketagihan dengan camilan cabai goreng ini.

Kedengarannya memang cukup mengerikan namun jangan berpikir demikian dulu. Camilan cabai ini tidak semerta-merta digoreng bersama bijinya. Jadi biasanya yang digunakan ini adalah cabai besar atau teropong. Cabai ini dicuci bersih, kemudian dihilangkan biji cabai. Lalu dalam cabai diisi dengan adonan tepung yang diisi dengan campuran daging dan bumbu. Kemudian di goreng hingga garing.

Bahkan tak sedikit yang menjajal membuat camilan unik ini dan dijadikan bisnis ternyata menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Bisa dibilang karena camilan ini unik dan bagi para pecinta pedas tentu bisa membuat ketagihan. Gimana nih menarik dan bisa dijadikan peluang usaha bukan?

Manisan Cabai

Manisan dikenal berbahan dasar buah-buahan segar. Namun apa jadinya jika manisan berbahan dasar cabai. Sudah membayangkan rasanya? Tak banyak yang tahu jika cabai bisa dibuat manisan. Selain dibuat sebagai penyedap makanan. Cabai cocok dibuat menjadi manisan. Kandungan vitamin C dalam cabai ini bermanfaatuntuk kesehatan tubuh. Selain itu cabai yang dibuat menjadi manisan juga menyegarkan. Kandungan lain di dalam cabai ini juga ada vitamin A, B6, protein, zat besi, kalium, karbohirat, lemak, gula, dan serat.

Ketika dibuat manisan rasa pedas cabai ini sudah tidak terasa. Hanya rasa manis, segar yang tersisa. Cara mengolahnya pun cukup mudah dan simpel. Bahkan kamu bisa mengolahnya dirumah seperti membuat manisan buah pada biasanya. Kamu pun bisa menggunakan jenis cabai apapun seperti cabai merah, hijau, paprika merah, kuning, hijau.

Tentu dengan diolah menjadi manisan ini menjadi tahan lebih lama. Dari pengolahan dengan pengeringan menjadikan teksturnya tidak lunak. Manisan cabai ini pun bisa diolah dalam 2 cara yakni dibuat manisan basah maupun kering. Nah kesegaran yang ditawarkan manisan cabai ini tentu sangat menggoda untuk dicicipi. Gimana menarik sekali kan? kemudahan dalam mengolahnya menjadikan manisan ini memiliki peluang yang cukup bagus untuk dijadikan bisnis.

Sirup Cabai

Selain diolah menjadi 2 macam olahan yang unik cabai ternyata diolah lebih menarik lagi. Yakni diolah untuk dijadikan sirup cabai. Apa kamu pernah membayangkan cabai dibuat sirup? Jika sebelumnya kita juga sempat membahas minuman tradisional yang terbuat dari bahan dasar cabai dan jahe. Kini cabai juga diolah menjadi minuman unik yang bisa kamu cobain. Penasaran pasti dengan rasanya, apakah manis atau bahkan pedas?

Sirup cabai ini meninggalkan rasa manis setelah dikonsumsi. Rasa manis tersebut terbuat dari campuran buah stroberi. Buah tersebut sengaja ditambahkan untuk meminimalisir rasa cabai yang pedas. Sensasi manis dan pedas dari sirup ini cukup membuat ketagihan bagi yang sudah pernah mencoba. Pasalnya sensasi manis pedas sangat nikmat untuk dipadukan. Terutama bagi para pecinta pedas minuman ini dianggap cukup sensasional dan menarik.

Gimana nih menarik kan? Sudah ada beberapa industri rumahan yang mengelola bisnis dengan ide menarik ini. Cukup unik dan merupakan gebrakan baru dalam menyajikan olahan cabai yang diolah menjadi lebih kreatif dan memiliki sensasi yang berbeda dari biasanya. Bagi para pecinta pedas wajib banget buat cobain manis pedasnya sirup cabai yang satu ini.

Chili Oil China

Nah kira-kira olahan apa lagi yang bisa di eksplore dari bahan cabai ini? Yang menarik dari cabai ini adalah pengolahan chili oil china. Yakni minyak cabai yang biasanya digunakan oleh masyarakat cina sebagai bumbu. Chili oil ini adalah minyak cabai yang diolah menjadi bumbu dari minyak nabati yang mana telah diresapi dengan cabai. Berbagai jenis minyak dan cabai digunakan dan juga ada banyak komponen yang turut dimasukkan di dalam ya. Biasanya minyak cabai ini digunakan di China, Asia Timur dan Tenggara.

Ternyata selain diolah menjadi sambal cabai ada beragam jenis olahan menarik untuk dicoba dan dibuat kan ya. Olahan minyak cabai ini yang biasanya disajikan bersama dimsum, bebek panggang sukses membuat ngiler. Kondimen minyak cabai dalam melengkapi makanan ini cukup sempurna. Chili oil ini adalah sebuah minyak cabai yang biasa digunakan sebagai sambal khas China.

Cara membuatnya juga tidak begitu sulit, chili oil membutuhkan bumbu lain yang menjadikan rasa dan aromanya semakin keluar. Selain bahan cabai tersebut ditambahkan pula beberapa rempah yang mendukung rasa dan aromanya agar semakin menggoda dan menarik. Mau mencoba buat resepnya? bisa banget. Tentu chili oil ini cukup menarik dan tampilannya lebih menggoda dibandingkan dengan sambal.

Abon Cabai

Selain diolah menjadi sambal dan chili oil ternyata cabai bisa diolah juga menjadi abon cabai lho. Semakin lama kepopuleran abn cabai ini semakin meningkat. Selain pedas rasanya tidak jauh berbeda dengan sambal. Banyak yang menyukai abon cabai ini dan digunakan sebagai teman makan. Rasanya yang gurih dan pedas semakin menambah sensasi kenikmatan ketika makan. Pengolahannya pun cukup mudah dan simpel. Tak seperti abon ikan dan ayam. Prosesnya jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jadi bagaimana menarik sekali bukan?

Nah gimana menarik sekali ya beberapa ide macam-macam olahan cabai diatas. Tentu dengan keunikan yang ditawarkan, olahan cabai memiliki peluang yang cukup bagus untuk dijadikan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba