Bisnis Konten Kreator Peluang Selama Di Rumah Aja

Bisnis konten kreator menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di era new media seperti sekarang ini. Apa lagi di masa pandemi covid-19 banyak orang yang lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Mulai dari para pekerja yang kerja dari rumah, shifting, serta para pengusaha makanan yang lebih mengandalkan sistem transaksi atau pembelian online. Ketika lebih banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah, tentu kebutuhan informasi dan hiburan akan semakin meningkat.

Bisnis Konten Kreator Peluang Selama Di Rumah Aja
stackpathdns.com

Selama masa pandemi covid-19 ini masih berlangsung banyak penyesuaian baru yang harus kita lakukan. Sebab hanya menunggu dan menyalahkan keadaan bukanlah solusi dari keadaan yang sedang kita alami seperti sekerang. Salah satu adaptasi atau penyesuaian yang perlu kita lakukan adalah dengan tetap produktif meski aktivitas kita di luar saat ini lebih terbatas. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk tetap produktif selama di rumah aja adalah dengan membuat konten. Bukan hanya menjadikan kamu lebih produktif saja, tapi peluang bisnis konten kreator juga sangat menjanjikan ketika kamu benar-benar memanfaatkannya dengan baik.

Tips Memulai Bisnis Konten Kreator

Bisnis konten kreator menjadi peluang usaha yang menjanjikan apa lagi di masa pandemi covid-19 di mana asupan hiburan dan informasi akan lebih banyak dibutuhkan. Apa lagi sekarang ini kemajuan teknologi lebih memudahkan setiap orang untuk mengakses informasi dan hiburan hanya dari satu alat. Peluang bisnis konten kreator bisa kamu manfaatkan dengan memulai menjadi pembuat konten dengan channel kamu sendiri atau kamu menjadi freelancer untuk pihak lain. Untuk memulai bisnis konten kreator ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas tips untuk memulai bisnis konten kreator, simak selengkapnya berikut ini!

1. Pilih Konten Sesuai Minat

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang konten kreator adalah memilih konten yang sesuai dengan minat. Misalnya kamu memiliki minat pada dunia olahraga, maka kamu bisa membuat konten tentang olahraga mulai dari yang umum sampai spesifik untuk cabang olahraga tertentu. Bisa juga konten tentang bisnis, kecantikan dan gaya hidup, kesehatan, hiburan, gaming, traveling dan kuliner, bahkan sampai konten sensitif seperti politik, gender, dan lainnya. Poinnya adalah kamu memiliki minat pada bidang tersebut, sebab ke depannya kamu akan lebih mudah dalam mengembangkan ide-ide kreatif dalam pembuatan kontennya.

2. Buat Konten Orisinal

Tidak apa-apa ketika kamu memulai dari 0 subscriber atau 0 followers. Asalkan konten yang kamu gunakan adalah karya orisinal kamu sendiri. Perbanyaklah referensi bacaan dan litearur pada bidang yang sesuai dengan minat kamu. Tidak dipungkiri bahwa saat ini sudah banyak konten kreator pada satu bidang yang sama. Tapi yang perlu kamu perhatikan adalah membiliki angle atau sudut pandang tersendiri terhadap satu topik tertentu. Misalnya konten tentang gaya hidup sehat, ketika kamu ketik kata kunci tersebut di mesin pencarian akan ada berpuluh artikel atau konten yang serupa dengan sudut pandang yang tidak jauh berbeda. Cobalah amati hal apa yang belum banyak dibahas pada topik tersebut. Kemudian buatlah konten orisinal dari hasil pengamatan yang telah kamu lakukan.

3. Konten Up To Date

Menjadi konten kreator tentunya akan menuntut kamu untuk selalu melakukan pembaruan dengan mengikuti perkembangan atau tren saat ini. Kamu bisa membahas berbagai hal yang sedang hangat dibicarakan dari sudut pandang kamu sendiri. Misalnya konten tentang dalgona coffe yang sempat viral termasuk dalam bidang kuliner, tapi konten yang kamu produksi adalah tentang kesehatan. Maka buatlah konten tentang dalgona coffe tapi dari kaca mata kesehatan. Mulai dari kandungan gula dalam dalgona coffee, waktu yang tepat untuk mengonsumsi dalgona coffe, serta hal lain yang masih berkaitan dengan kesehatan.

4. Perbanyak Referensi dari Konten Kreator Lain

Menjadi konten kreator tentu saja tetap membutuhkan referensi dari konten kreator lain. Tidak ada salahnya kamu amati konten-konten yang diproduksi dari konten kreator lain pada bidang yang serupa untuk menambah referensi. Mulai dari referensi desain, editing, tata bahasa, dan hal lain yang memang sedang ingin kamu kulik. Tapi bukan meng-copy-paste konten milik orang lain ya! Pelajari dan amati kemudian ciptakan inovasi dengan kreativitas kamu.

5. Jadi Konten Kreator yang Multitasking

Akan lebih menghemat biaya produksi ketika kamu menjadi konten kreator yang multitasking. Mulai dari menyusun konsep, menulis isi konten, membuat brief konten, take video atau foto, membuat desain visual, sampai proses editing bisa kamu lakukan. Memang tidak mudah untuk bisa menguasai skill tersebut. Maka dari itu kamu bisa memproduksi konten dimulai dengan jenis konten yang kamu kuasai. Misalnya kamu lebih menguasai desain grafis, maka konten yang kamu produksi bisa dimulai dari konten visual. Begitu juga dengan konten video kalau skill yang sudah kamu kuasai adalah videografi.

6. Konsisten adalah Kunci

Tidak mudah untuk menjalankan bisnis konten kreator secara mandiri. Apa lagi terkait konsistensi, terkadang mood bisa berubah-ubah yang sangat memengaruhi motivasi seorang konten kreator. Maka dari itu mulailah dengan membuat timeline konten dan target konten yang akan kamu produksi dalam jangka waktu tertentu. Jadikanlah timeline tersebut untuk menjadikan acuan kamu dalam memproduksi konten supaya bisa tepat waktu dan sesuai target.

Peluang Bisnis Konten Kreator

Selain memulai bisnis konten kreator secara mandiri melalui beragam channel seperti instagram, youtube, atau platform podcast kamu juga bisa menjadi konten kreator lepas. Sekarang ini sudah banyak bisnis online mulai dari makanan, minuman, produk pakaian, serta produk lain yang menjadikan digital marketing sebagai strategi pemasarannya. Peluang inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi konten kreator lepas dengan memproduksi konten sesuai dengan jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Misalnya kamu punya minat di bidang traveling dan kuliner. Maka kamu bisa menawarkan diri ke bisnis makanan dan jasa travel agent untuk menjadi konten kreator yang memproduksi konten marketing untuk bisnis mereka.

Sekarang kamu akan lebih dimudahkan untuk mencari klien atau target konsumen dari bisnis konten kreator yang kamu jalankan. Cukup lakukan riset sederhana melalui mesin pencarian atau di media sosial dengan kata kunci “bisnis kuliner” “agen perjalanan” maka akan muncul beragam bisnis pada bidang tersebut. Tapi sebelum kamu menawarkan diri untuk menjadi konten kreator pada bisnis mereka, pastikan kamu sudah memiliki portofolio yang mumpuni supaya kamu punya nilai jual dan mereka tidak ragu untuk memakai jasa kamu.

Itulah ulasan mengenai peluang bisnis konten kreator yang bisa kamu coba selama pandemi covid-19 supaya kamu bisa lebih produktif. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas. Ikuti terus informasi tentang bisnis menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yan lain supaya semakin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba