Mahasiswa Juga Bisa Sukses Berkarya di Dunia Usaha

Mahasiswa Juga Bisa Sukses Berkarya di Dunia Usaha
Bila bagi sebagian anak muda lainnya memulai bisnis ketika duduk di bangku kuliah merupakan sebuah tantangan yang tidak mudah, namun entah karena alasan hobi ataupun keterdesakan ekonomi namun dua mahasiswa di Jawa Timur telah menunjukkan prestasinya di dunia usaha yang belum dimiliki kebanyakan anak muda lainnya.

Ditengah kesibukannya menjalani aktivitas kuliah dan beberapa kegiatan organisasi kampus, Soni Junianto mahasiswa Teknik kelautan Institut teknologi sepuluh November Surabaya ternyata mampu menjalankan bisnis sampingan di bidang kuliner yang tengah Ia bangun di sekitar lokasi kampusnya.

Mengusung Bisnis Cafe untuk Mahasiswa

“Sejak 8 bulan yang lalu, saya memberanikan diri untuk merintis usaha di bidang kuliner. Mengusung Makaryo Café sebagai brand usaha, produk unggulan yang ditawarkan adalah Gurin Tea dan Chiby Milk dengan segmentasi pasarnya yaitu mahasiswa,” ujar Sony. Hal ini sengaja dilakukan Sony karena lokasi café yang memang berada di lingkungan kos-kosan mahasiswa.

Berawal dari latar belakang keorganisasiannya yang terbilang aktif, dia melihat bahwa teman-teman oraganisasinya butuh tempat yang nyaman untuk melakukan meeting, diskusi, kerja kelompok sekaligus ketersediaan konsumsi namun sesuai dengan kocek mahasiswa. Oleh karena itu konsep bisnis Makaryo Café sengaja dirancang Sony untuk memberikan kenyamanan bagi teman-teman mahasiswa untuk meeting ataupun diskusi kerja kelompok.

Selain itu, bisnis café ini juga menyediakan fasilitas tambahan free Wifi dan perpustakaan mini bagi para pengunjungnya yang rata-rata dari kalangan mahasiswa. Tak hanya itu saja, bisnis cafe milik pengusaha muda ini juga mulai menerima pesanan katering untuk acara-acara oganisasi mahasiswa dengan kisaran harga yang sangat terjangkau.

Kendati berlatar belakang teknik, Sony mengakui banyak hal bermanfaat yang didapat selama proses pendidikan di kampusnya. Meski saat ini bisnis yang Ia rintis terbilang tidak nyambung dengan core competence yang dimilikinya, namun Ia mengaku bahwa di kampus pernah mendapatkan mata kuliah etrepreneurship yang cukup berguna.

Selain itu, proses pendidikan di kampus juga membentuk pola pikir mahasiswanya untuk terbiasa dengan target. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis sampingannya pun ia juga selalu memiliki target yang jelas. (/Adin)Kontributor BisnisUKM.com area Jawa Timur.

1 Komentar

Comments are closed.