Manisnya Peluang Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

Peluang bisnis kue kering jadi salah satu bisnis yang menjanjikan menjelang lebaran tiba. Bagaimana tidak? saat lebaran tiba suguhan yang wajib ada dimeja ruang tamu adalah aneka kue kering. Kue kering masih menjadi makanan favorit. Tentu karena aneka kue kering adalah makanan khas yang ada hanya saat lebaran tiba.

Saat menjelang perayaan hari raya lebaran, banyak peluang bisnis musiman yang dapat dijalankan. Salah satu bisnis yang paling dinanti dan selalu jadi pilihan banyak orang adalah peluang bisnis kue kering aneka rasa. Bukan hal baru lagi kue kering menjadi makanan favorit dan banyak dicari para konsumen pada saat perayaan hari raya lebaran.

Kue Kering Makanan Khas Lebaran

Tradisi makanan wajib yang biasa dihidangkan pada saat lebaran, selain makanan berat seperti, ketupat opor, sambal goreng ati, semur daging, dan rendang adalah macam kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, kue lidah kucing, serta aneka macam kue lainnya.

Kebiasaan masyarakat tersebut menyebabkan permintaan akan kue kering saat lebaran mampu meningkat tajam. Bahkan hingga 200% dari permintaan pasar pada hari–hari biasa. Tingginya permintaan pasar akan kue kering biasanya dijadikan sebagai peluang bisnis untuk meraih untung dari bisnis musiman tersebut.

Bagaimana kamu juga tertarik untuk memanfaatkan peluang yang satu ini? Jika iya jangan lewatkan dan tetap simak bagaimana peluang bisnis kue kering ini hingga analisa ekonomi memulai bisnis ini.

Peluang Bisnis Kue Kering

Konsumen

Dengan tingginya permintaan konsumen akan kue kering menjelang lebaran, pelaku usaha kue kering tidak perlu susah–susah mencari konsumen. Karena hampir semua kalangan membutuhkan kue kering, dan tidak semua orang memiliki waktu ataupun kemampuan dalam membuat kue kering.

Sehingga mereka lebih memilih membeli kue kering yang banyak ditemukan di pasaran, daripada harus membuatnya sendiri. Disamping konsumen rumahan, permintaan akan kue kering juga datang dari berbagai kantor yang menggunakan kue kering sebagai parsel untuk para karyawannya.

Produk Kue Kering

Kualitas Bahan Baku

Walaupun permintaan pasar akan kue kering sangatlah tinggi, namun sebagai pelaku usaha kamu harus tetap memperhatikan kualitas produk kue kering yang kamu produksi. Jika ingin menggunakan bahan tambahan seperti  bahan pengawet, bahan pewarna serta bahan pemanis pilihlah bahan yang khusus untuk makanan.

Sedangkan untuk pemilihan bahan baku, gunakan bahan–bahan yang berkualitas,dan jangan lupa perhatikan masa kadaluarsa bahan baku yang akan digunakan. Sehingga kue kering yang kita hasilkan aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan para konsumen.

Kemasan Produk Cantik

Selain kualitas produk, yang harus dipikirkan adalah kemasan produk yang menarik untuk menguatkan minat pada konsumen pada produk yang kita produksi. Karena biasanya hal pertama yang dilihat konsumen adalah tampilan luar atau kemasan produknya.

Untuk mempercantik penampilan kue kering yang kamu pasarkan, dapat menggunakan berbagai macam bentuk toples kedap udara atau bisa juga menggunakan toples mika yang ditutup rapat dengan plester transparan. Untuk menambah nilai jual, kamu dapat menambahkan hiasan ataupun mencantumkan merek kue kering yang kamu produksi pada kemasan.

Inovasi Menu Produk

Selain beberapa cara diatas untuk meningkatkan kualitas produk dengan cara memberikan inovasi. Berikan beberapa inovasi rasa, bentuk pada kue kering yang kamu jual. Tujuanya untuk menarik minat para pembeli. Bentuk makanan yang cantik dan imut akan lebih mudah menarik para pembeli. Cara tersbeut juga sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi agar pembeli tidak bosan dengan menu kue yang itu-itu saja.

Pemasaran

  1. Tawarkan produk kue kering yang kamu produksi pada rekan kantor ataupun tetangga sekitar rumah kamu. Biasanya mereka akan lebih senang jika ditawari dengan cara memesan, sehingga mereka tidak perlu tenaga dan waktu untuk mencari kue kering di supermarket ataupun toko – toko roti.
  2. Cara yang kedua yaitu tawarkan produk kamu ke toko – toko roti, supermarket, ataupun tempat jasa pembuatan parsel. Pada saat menjelang lebaran, banyak toko dan tempat pembuatan parsel yang menerima stock kue kering dalam jumlah yang cukup besar.
  3. Cara yang ketiga yaitu menggunakan brosur dan katalog untuk menawarkan produk kamu melalui para agen, dengan memberikan imbalan tertentu untuk tiap penjualan.
  4. Cara yang keempat yaitu dengan menggunakan bantuan internet dalam memasarkan produk kamu. Sehingga dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas, hingga ke berbagai daerah.
  5. Gunakan merek pada produk kamu, sehingga dapat mengenalkan dan menanamkan citra produk kue kering yang kamu produksi pada pasar.

Analisa Ekonomi

Asumsi 
Misal sekali produksi, menghasilkan 12 toples perhari  dengan harga jual per toples @Rp 25.000

Modal awal
Oven                          Rp 1.500.000
Mixer                         Rp   260.000
10 Loyang @ Rp 35.000         Rp   350.000
5 Baskom @ 15.000             Rp    75.000
Kompor gas 1 tungku           Rp   100.000
Peralatan kue                 Rp   250.000
Kemasan 1 lusin @35.000 x 25  Rp   875.000 +
Total                         Rp 3.410.000

Biaya Penyusutan 
1/12 x  Rp 3.410.000   =      Rp   284.166

Biaya Operasional 
Bahan baku                    Rp  1.000.000
Kemasan 1 lusin @35.000 x 25  Rp    875.000 
Listrik                       Rp    100.000
Gas elpiji                    Rp     23.000
Transport                     Rp    150.000
Promosi                       Rp    150.000 +
Total                         Rp  2.298.000 

Total biaya 
Biaya penyusutan + biaya operasional = Rp  284.166 +  Rp 2.298.000 
                                     = Rp 2.582.166

Omset / produksi
(@Rp 25.000 x 12 toples) = Rp    300.000
 Rp 300.000 x 25 hari     = Rp 7.500.000
Laba bersih / produksi
(Rp 7.500.000 – Rp 2.582.166) = Rp 4.917.834

Resep Kue Kering

Nastar Lebah

This image has an empty alt attribute; its file name is nastar-lebah-720x432.jpg

Bahan :

  • Mentega 130 g
  • Butter 30 g
  • Gula pasir 70 g
  • Telur 1 btr
  • Tepung 250 g
  • maizena 30 g
  • Selai nanas secukupnya
  • Wijen hitam secukupnya
  • Slice almond secukupnya

Cara Membuat :

  1. Pertama campur mentega dengan butter, gula pasir dan kuning telur. Lalu aduk rata semua bahan tersebut. Kemudian tambahkan terigu dan maizena, lalu aduk adonan lagi sampai adonan tidka lengket.
  2. Kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian masing-masing diberi warna kuning, merah dan hitam.
  3. Timbang adonan kulit 12 gr kemudian isi dengan selai nanas 8gr. Lalu isi adonan dengan kulit isi. Bentuk bulatan dan berikan isian tadi. Kemudian beri detail bentuk lebah dengan adonan warna warni tadi dan juga kacang almon sebagai sayap.
  4. Kemudian panggang dalam suhu 160 derajat selama setengah jam. Jika sudah matang maka angkat dna dinginkan.
  5. Nastar lebah siap dihidangkan.

Kue Sus

This image has an empty alt attribute; its file name is Manisnya-Peluang-Bisnis-Kue-Kering-Jelang-Lebaran-720x432.jpg

Bahan Kue :

  • Susu kental manis 250 ml
  • Margarin 125 g
  • Garam 1/4 sdt
  • Terigu protein sedang 75 g
  • Terigu protein tinggi 75 g
  • Telur ayam 3 btr
  • Baking powder 1/4 sdt
  • Air 1 sdm

Bahan Vla :

  • Susu cair 400 ml
  • Air matang 150 ml
  • Gula pasir 120 g
  • Kuning telur 2
  • Maizena 70 g
  • Butter 30 g
  • Vanili 1 sdt
  • Garam 1/4 sdt

Cara Membuat :

  1. Pertama siapkan loyang dengan kertas kue, kemudian olesi dasar loyang dengan margarin.
  2. Lalu masukkan tepung protein, air dan margarin, masak hingga mendidih dan cairkan margarin.
  3. Setelah margarin mencair kecilkan kompor kemudian masaukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis dan licin.
  4. Diamkan adonan sampai uap panas hilang dan masukkan telur satu per satu. Lalu aduk menggunakan sendok kayu. Aduk sampai semua tercampur rata.
  5. Tambahkan baking powder yang sudah dicairkan air, aduk-aduk. Masukkan dalam adonan dan aduk sampai semua tercampur rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang diberi split bintang.
  7. Bantuk split aodnan dlama loyang dan jaga agar bentuknya tidak lepek.
  8. Lalu panggang adonan kue susu dalam suhu 200 derajat selama 20 menit. Setelah itu turunkan suhu menjadi 170 derajat dan panggang 15 menit lagi. Saat kue sudah mengembang dan berwarna golder brown buihnya kering lalu angkat.
  9. Disamping itu buat vla emngguankan tepung maizena yang dicairkan dengan susu cair. Aduk hingga licin, masukkan kuning telur dan aduk hingga semua tercampur rata.
  10. Siapkan panci kemudian masukkan gula dan tambahkan garam dan vanili bubuk, masukkan juga air dan susu.
  11. Masukkan maizena yang sudah dicairkan tadi sambil disaring.
  12. Masak adonan vla vanila hingga kental, licin dan meletup. Harus terus diaduk supaya tidak gosong sampai adonan kalis dan licin.
  13. Setelah adonan meletup-letup matikan kompor dan angkat vla vanila. Masukkan butter aduk hingga meleleh.
  14. Kemudian diamkan agar dingin dan tuutp dengan plastik gula sampai menyentuh permukaan vla agar tidka berkulit.
  15. Simpan dalam kulkas sebentar, jika sudah masukkan dalam plastik segitiga, kemudian ujungnya beri split bintang.
  16. Isi kue dengan vla secukupnya, lalu tambahkan sugar halus untuk taburan diatasnya.

Semoga dengan artikel peluang bisnis kue kering jelang lebaran kali ini dapat memberikan ide baru bagi kamu yang ingin memulai bisnis kue kering. Selamat mencoba!

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

8 thoughts on “Manisnya Peluang Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran”

  1. Saya mau tanya cara menyusun kue agar terlihat cantik, dan isi tidak terlalu padat, bagaimana cara nya terimakasih……

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk menyusuk kue kering agar terlihat cantik, Ibu Titin bisa mengikuti beberapa cara berikut ini :
      1. Pastikan bahwa kue yang akan dikemas sudah dalam keadaan dingin
      2. Gunakan toples yang memiliki penyekat kedap udara pada tutupnya agar kue kering terlindung dari bakteri dan jamur serta menghalangi keluar masuknya udara.
      3. Lapisi setiap kue dengan kertas roti agar tampilannya lebih rapi dan kue tidak mudah rusak.
      4. Terakhir tambahkan aksesoris berupa pita pada toples.
      Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. Mba. Saya ingn brtnya tntang usaha kue yg baik n mnguntungkan.
    Saya mndapat tugas dari guru untk mncari peluang usaha kue kering yg mnguntungkan kmudian d’uraikan dlam tulisan.
    Karna saya jga jurusan tata boga, jdi d’suruh mmbuat tugas sperti yg saya lampirkan d’atas..
    Terimaksih

    Reply
  3. saya ingin sekali bisnis kue kering seperti ini, kira2 dimana sy bisa dapatkkan informasi agen yg memproduksi kue kering yg enak dan berkualitas.

    Reply
    • Saya lulusan dari SMK Negri Probolinggo jurusan tata boga..saya ingin lebih luas lagi untuk memasarkan hasil membuat kue kering menjelang lebaran,mungkin ada yg bisa membantu saya untuk mempromosikan kue kering saya

      Reply
    • Mbk erna,kLo mbk mncari agen pmbuatan kue kering. Saya bisa menyediakan. Kue kering saya home industri.
      Mbk bs hub 085867775520

      Reply
  4. saya ingin sekali berbisnis kue lebaran ini. apalagi bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Siapa yang bisa saya hubungi

    Reply

Leave a Comment