Mau UMKM Tembus Pasar Global? Gabung LPEI Aja

LPEI atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk membantu eksportir yang sering kali menjadi masalah utama bagi pelaku UMKM indonesia.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari liputan.com menyatakan bahwa, pada tahun 2020 jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau Industri Kecil Menengah (IKM) tercatat mencapai 13 ribu eksportir. Akan tetapi kontribusi nilai ekspor UKM baru hanya sebesar 11 dari total nilai ekspor tahun 2020.

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk memacu peningkatan ekspor.Termasuk dalam menciptakan eksportir baru dari kalangan UMKM. Pemerintah memberikan dukungan melalui pembebasan Ppn dan bea masuk. Termasuk koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan level usaha dari UMKM dan koperasi.

(LPEI) Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa melakukan ekspor untuk menembus pasar ekspor. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau disebut dengan LPEI. Pada tahun 2021 LPEI ini memiliki program Coaching Program for New Exporter (CPNE).

Coaching Program for New Exporter (CPNE) ini adalah program pelatihan dan pendampingan kepada UMKM selama 1 tahun di daerah tertentu. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM baru dan mencetak eksportir baru.

Selama masa pandemi 2020 lalu kegiatan Coaching Program for New Exporter (CPNE) dilaksanakan secara virtual. Jadi meskipun pandemi LPEI tetap melaksanakan pendampingan pelaku UMKM. Tidak hanya sekedar melakukan pendampingan untuk mencetak eksportir baru. Akan tetapi juga membantu UMKM mempertahanan bisnis selama pandemi.

Nah bagi pelaku UMKM yang ingin melakukan ekspor bisa bergabung dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau disebut dengan LPEI. Kalian bisa mendaftar melalui indonesiaeximbank.go.id atau bisa tanya melalui instagramnya @indonesiaeximbank.

Apa Itu LPEI?

LPEI atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan pembiayaan ekspor nasional. Lembaga ini juga berwenang dalam menetapkan skema pembiayaan ekspor nasional.

Keuntungan Bergabung Dengan LPEI

Tugas utama dari LPEI atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia adalah mendorong peningkatan ekspor nasional dan menjalankan program pemulihan ekonomi nasional. LPEI juga melakukan pendampingan dan pelatihan dengan adanya program Coaching Program for New Exporter (CPNE).

Pelatihan kepada UMKM biasanya meliputi mekanisme ekspor, penyusunan laporan keuangan hingga akses pembiayaan ekspor. Selain program pendampingan dan pelatihan UMKM juga diikutsertakan dalam pameran berskala internasional. Misalnya Trade Expo Indonesia tujuannya mempertemukan pelaku UMKM dengan calon pembeli luar negeri.

Perlu diketahui jika program pelatihan dan pendampingan Coaching Program for New Exporter (CPNE) ini GRATIS tidak dipungut biaya.

Peran LPEI

LPEI atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia membantu pelaku UMKM untuk menembus pasar global. Selain itu LPEI ini juga memfasilitasi agar produk dapat dipromosikan di marketplace global.

JIka dibandingkan dengan perbankan peranan (LPEI) Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia ini lebih luas, sebab memberikan pembiayaan, penjaminan, jasa konsultasi yang dilakukan secara berkala. Peranan tersebut diberikan oleh LPEI untuk mendorong pertumbuhan ekspor.

Bagaimana Pendapat UMKM Yang Sudah Mendapat Pelatihan LPEI?

Menurut beberapa pengakuan dari pelaku UMKM yang telah mendapatkan pelatihan dari program Coaching Program for New Exporter (CPNE) dari LPEI, kini mereka mampu mengelola usaha dengan lebih disiplin, mendapat relasi lebih luas dan menembus pasar global.

Selain itu LPEI juga membantu aktif dalam bersinergi kolaborasi dengan UMKM untuk berorientasi ekspor. Bersama-sama membuka pasar dan mencari solusi apabila ada kendala. Contohnya bersama berbagi beban dalam pengurusan biaya kontainer untuk ekspor produk.

Mulai dari sana pelaku UMKM yang sudah bergabung dengan LPEI mengajak UMKM lain untuk mulai sadar dan disiplin mengelola keuangan, melakukan pencatatan rutin. Hal ini menjadi salah satu syarat agar UMKM mendapatkan dukungan dari LPEI.

Tak sedikit yang mengaku mendapatkan banyak manfaat dengan mengikuti CPNE Coaching Program for New Exporter dari LPEI. Seperti halnya berkesempatan mengikuti pameran, mengelola bisnis dengan baik dan mendapatkan relasi untuk mengembangkan bisnis.

Leave a Comment