Mau Usaha Katering Rumahan? Baca Dulu Kunci Suksesnya

Mau memulai usaha katering rumahan? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Bagi Anda para ibu rumah tangga atau siapapun yang terjun dalam bidang usaha kuliner katering perlu dan wajib banget pelajarin kunci suksesnya. Terutama bagi para pemula yang masih meraba-raba dan belajar tentang usaha. Pembahasan kali ini bermanfaat sekali sebagai bahan referensi dan tambahan belajar untuk Anda semua.

Tidaklah perlu merasa berkecil hati dengan profesi ibu rumah tangga, karena profesi itu sangat mulia dan Anda juga tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan banyak pilihan usaha rumahan yang bisa dijalankan. Seorang ibu rumah tangga pastinya akan memiliki banyak waktu untuk berkreasi sambil mengurus keluarga tanpa harus meninggalkan rumah.

This image has an empty alt attribute; its file name is Mau-Usaha-Katering-Rumahan-Baca-Dulu-Kunci-Suksesnya-720x432.jpg

Usaha Katering Rumahan

Di tengah aktivitas yang terus meningkat, usaha katering rumahan adalah salah satu jenis usaha rumahan yang menguntungkan bagi para ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan banyak sekali yang dapat dijadikan sebagai target pasar untuk usaha katering. Misalnya saja katering untuk makan siang karyawan, nasi box, acara pesta, katering anak kos, arisan dan lain sebagainya.

Usaha katering rumahan dianggap menarik bagi para ibu rumah tangga karena minim resiko. Jika dibandingkan dengan warung makan yang belum tentu ramai pembeli. Usaha katering rumahan ini tentu baru dibuat ketika ada pesanan saja. Terutama bagi para pemula yang memiliki modal terbatas tentu menjadi pilihan usaha yang menarik. Selain karena mudah dijalankan karena memasak bagi ibu rumah tangga adalah kebiasaan maka dari sanalah hobi memasak bisa dialurkan sambil meraup pundi-pundi rupiah.

Dengan modal yang tidak terlalu besar keuntungan yang bisa didapatkan cukup menjanjikan. Tentu bagi Anda yang memiliki hobi memasak serta mengusai banyak menu menarik sangat direkomendasikan mengambil peluang usaha yang satu ini. Namun ketika Anda memutuskan untuk terjun dalam usaha bidang kuliner ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. jangan sampai Anda ingin memulai usaha katering namun tanpa ada persiapan sama sekali. Bisa jadi malah belum apa-apa sudah kalah saing dan tidak bisa bersaing dipasaran. Nah dari pada Anda binggung memulai dari mana, yuk kita tentukan terlebih dahulu jenis katering yang ingin Anda jalankan.

Jenis Usaha Katering Rumahan

Ada beberapa jenis katering yang umum dijalankan termasuk rumahan, anak sekolah, acara kantor dan acara besar. Kebanyakan para pelaku usaha katering memilih katering khusus namun ada pula yang memilih fleksibel. Sehingga menerima dalam jenis apapun, bahkan partai kecil maupun besar. Berikut ada beberapa jenis katering rumahan :

Katering Harian

Kebanyakan orang jaman sekarang ini disibukkan dengan pekerjaan hingga tak punya banyak waktu dan tak sempat memasak sehari-hari. Melihat keadaan tersbeut bisa dijadikan peluang usaha.

Dengan menawarkan katering harian dengan menu masakan sehari-hari. Katering ini menyediakan makanan untuk para pembeli yang tidak sempat memasak sendiri. Kebanyakan pelanggannya adalah para anak kost, mahasiswa dan par apekerja yang tidak punya waktu dan tempat untuk memasak.

Adapula yang sekarang ini sedang booming yakni katering yang menyediakan makanan khusus bayi dan balita. Tak sedikit pula beberapa katering yang menyediakan makanan khusus untuk orang yang sedang diet.

Katering Acara Besar

Untuk katering yang satu ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tentu karena Anda akan membuat makanan dalam jumlah porsi yang banyak dan besar dengan berbagai jenis makanan. Biasanya katering jenis ini melayani acara seminar, workshop, rapat, pernikahan, lamaran, arisan, ulang tahun dan lain sebaginya. Sistem katering ini adalah prasmanan cara penyajiannya.

Katering Kantor

Katering yang satu ini biasanya melayani para pekerja kantoran yang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk mencari makan siang keluar. Biasanya makanan ini disajikan dalam sebuah box yang terkesan mewah dengan harga yang relatif murah. Menu makanan yang disajikan biasanya adalah menu rumahan.

Namun tak jarang juga katering jenis ini biasanya juga melayani pesanan kantor dengan skala yang tidak terlalu besar. Baik untuk acara rapat, maupun makan siang harian para pekerja kantor tersebut. Nah terutama jika rumah Anda dekat dengan lokasi perkantoran tentu sangat cocok dengan segmen ini.

Katering Anak Sekolah

Katering jenis ini adalah katering yang tergolong sedang, karena tidak membutuhkan modal terlalu besar. Namun keuntungannya juga tidak terlalu besar karena biasanya sekolah menetapkan harga yang tidak terlalu besar. Akan tetapi Anda harus kreatif untuk membuta menu yang sehat, menarik dan menguggah selera makan anak-anak.

Tips Memulai Usaha Katering Rumahan

Untuk memulai usaha katering di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar usaha katering yang Anda rintis dapat berjalan dengan lancar, tidak menemui kendala dan hambatan yang berarti serta mendatangkan keuntungan besar. Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar pesaing Anda dan siapa calon konsumen Anda sehingga usaha katering dapat berjalan dengan baik.

Menentukan Brand dan Konsep Katering

Brand adalah salah satu hal penting ketika mendirikan suatu usaha karena merupakan identitas yang nantinya akan dikenal oleh para pembeli. Penting sekali dalam menentukan nama yang mudah dingat dan mudah diucapkan. Selain itu penting sekali dalam menambah konsep yang berkarakter. Pada saat menentukan pikirkan pula target pasar yang dibidik, menu makanan dan harga jual.

Membuat Paket Katering Menarik

Pad abiasnaya katering menawarkan menu dalam bentuk paket yang berisi makanan, minuman, snack beserta dessert. Untuk itu buat paket menu yang menarik dengan memadukan berbagai makanan yang slaing melengkapi. Selain untuk menekan biaya, membuat menu paket memudahkan pelanggan untuk memilih.

Jangna lupa untuk selalu menjaga kualitas bahan baku, kesegaran, kualitas. Hal tersbeut akan mempengaruhi cita rasa dari makanan tersbeut. Pastikan juga makanan sampai ketangan pembeli dengan keadaan baik. Untuk itu gunakan jasa penyewaan mobil box untuk menjaga kesegaran dan kualitas makakanan sampai ke pembeli tidak rusak.

Buat Standar Operasional Prosedur

Setiap masakan tentunya harus mempunyai resep yang jelas, karena ada kalanya kita tidak bisa membuat masakan itu sendiri melainkan karyawan kita. Oleh sebab itu, buatlah standar operasional prosedur untuk resep masakan andalan dari usaha katering Anda agar rasanya tidak berubah-ubah. Menu masakan adalah hal pertama yang biasanya di tanyakan oleh calon konsumen. Menu masakan yang enak serta harga yang terjangkau adalah menu yang banyak dicari. Usaha katering biasanya menyediakan menu seperti nasi, aneka sayur, aneka lauk, aneka kue dan lain sebagainya.

Riset Pasar

Buatlah rencana usaha sesuai dengan usaha katering yang Anda pilih. Dalam membuat rencana usaha, Anda juga perlu melakukan survei untuk mengetahui seberapa ketat persaingan usaha di dunia katering, daftar menu beserta harganya dan target pasar. Jika usaha katering Anda masih termasuk dalam bisnis rumahan dengan pelanggan yang masih sedikit, maka rumah pribadi kita bisa dijadikan sebagai tempat usaha.

Fasilitas Memadahi

Meskipun usaha katering Anda merupakan usaha rumahan yang masih berada disekitar rumah, tetaplah membuat tempat untuk usaha yang cukup luas agar Anda dan karyawan bisa bekerja lebih leluasa. Pastikan juga Anda mempunyai fasilitas yang memadai seperti air, listrik, pembuangan limbah, mudah diakses dan tidak mengganggu masyarakat sekitar.

Peralatan Penunjang

Menjalankan usaha ketering juga membutuhkan peralatan penunjang untuk mendukung usaha katering Anda, misalnya saja seperti lemari pendingin, lemari untuk menyimpan alat memasak dan peralatan makan serta berbagai macamperalatan lainnya. Setelah semua yang Anda perlukan untuk memulai usaha katering tersedia, saatnya Anda melakukan promosi dan menawarkan usaha katering Anda.

Mengembangkan Usaha

Usaha rumahan yang menguntungkan ini mungkin akan terasa sangat berat diawal Anda merintisnya, karena Anda harus melakukan semuanya sendiri. Namun, lama kelamaan usaha Anda akan berkembang sehingga Anda dapat mempertimbangkan untuk mengangkat beberapa karyawan yang akan membantu Anda dalam menjalankan usaha.

Perbanyak Ilmu dan Pengalaman

Sebenarnya dibutuhkan cukup pengalaman sebelum terjun dalam usaha yang satu ini. Pengalaman tersbeut bisa didapatkan dari menjadi pegawai diusaha katering. Sehingga bisa paham dan banyak tahu tentang operasional usaha katering ini. Namun jangan berkecil hati karena Anda juga bisa belajar dari memasak sendiri pada saat acara keluarga, acara hajatan dsb.

Anda pun juga bisa mengikuti kelas mamasak agar bisa belajar lebih dari para juru masak profesional. Bisa juag bergabung dengan komunitas hobi memasak atau dengan para pengusaha katering agar bisa sharing dan belajar segala hal tentang usaha katering.

Mencari Supplier

Supplier bagai para pengusaha katering sangat dibutuhkan keberadaanya. Tentu karena Anda harus memiliki pemasok bahan baku setiap harinya. Terutama supplier makanan yang memiliki bahan baku berkualitas, segar dan bersih. Maka Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk memilih supplier yang tepat. Tujuan dari kerjasama dengan supplier ini adalah untuk tetap mendapatkabn pasokan bahan makanan yang tidak ada dipasaran.

Profesionalitas Pelayanan

Modal kecil bukan alasan untuk menjalankan suatu usaha apa adanya. Profesionalitas dalam sebuah usaha terutama usaha jasa dilihat dari pelayanan yang terbaik, tepat waktu dan sesuai janji, mutu serta rasa yang berkualitas tinggi.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba