Kategori Lainnya

Mau Usaha Kopi? Wajib Kenali Dulu Jenis Kopi Indonesia

mau-usaha-kopi-wajib-kenali-dulu-jenis-kopi-indonesia

Kamu yang mau usaha kopi wajib banget nih sebelum membuka usaha kamu pelajari lebih jauh mengenai kopi. Kehadiran minuman kopi menjadi trend dikalangan masyarakat kini. Maka tak heran jika pelaku usaha semakin tertarik terjun di bidang usaha kopi. Besarnya pangsa pasar dan prospeknya yang kian semakin terlihat cerah, usaha kopi menjadi pilihan para pengusaha.

Budaya ngopi dan nongkrong kini banyak dilakukan oleh anak-anak muda milenial sekarang ini. Semakin berkembangnya zaman, kopi tidak hanya bisa dinikmati oleh orang tua namun juga para anak muda. Kehadiran kopi yang semakin beragam dan banyaknya pilihan varian yang ditawarkan menjadikan para pecinta kopi tidak mudah bosan untuk menikmati kopi.

Sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal kopi? Minuman yang satu ini memang memiliki cita rasa yang khas dan sangat istimewa. Meskipun rasanya pahit namun pada kenyataannya minuman ini banyak penggemarnya karena keunikan rasanya.

Kopi sendiri adalah biji yang dihasilkan dari pohon kopi yang kemudian telah melewati beberapa serangkaian pengolahan. Mulai memetik, mengupas,  menjemur, menyangrai dan sampai menggiling hingga menghasilkan cita rasa yang sangat nikmat.

Buat kamu yang mau usaha kopi penting banget nih mengetahui jenis-jenis kopi. Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak hanya menjual kopi namun juga mengetahui jenis karakter kopi. Sehingga untuk kedepannya kamu bisa mengolah secara tepat setiap kopi sesuai dengan karakternya.

mau-usaha-kopi-wajib-kenali-jenis-kopi-indonesia

Mau Usaha Kopi? Kenali Jenis Kopi di Indonesia

Mau memulai usaha kopi? Jangan melewatkan pengetahuan tentang jenis kopi ternikmat se-Indonesia. Kenali jenis kopi dan cita rasa khasnya setiap daerah.

Arabica Gayo, Sumatra

Kopi gayo Aceh ini merupakan kopi jenis arabica yang berasal dari Sumatra dan tumbuh subur didaerah dataran tinggi bernama gayo. Daerah ini merupakan tempat penghasil kopi terbaik di dunia. Menurut kajian yang diselenggarakan Internasional, kopi arabica gayo ini merupakan kopi yang paling nikmat dibandingkan dengan arabica yang ditanam ditempat lain.

Kopi arabica gayo ini memiliki cita rasa yang tinggi karena memiliki rasa yang khas dan nikmat. Rasa yang ditawarkan dari kopi jenis ini dengan tingkat keasaman yang rendah dan pahit yang sangat kuat menjadi ciri khas dari kopi yang satu ini. Bahkan karena  cita rasa tersebut kopi arabica gayo ini mendapatkan sertifikat penghargaan dan menembus pasar ekspor.

Sidikalang, Sumatra

Kopi sidikalang adalah kopi yang berasal dari Sumatra yang memiliki rasa paling berat dan tekstur yang halus dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Meskipun kopi ini paling banyak dan mudah dijumpai di Indonesia. Kopi ini adalah kopi terbaik di Nusantara dan paling banyak digemari di mancanegara. Kelebihan dari kopi sidikalang ini mampu mengalahkan kopi Brazil.

Arabica & Robusta, Toraja

Kopi toraja merupakan kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan. Jenis kopi yang dihasilkan ditempat ini ada 2 macam, yaitu kopi arabica dan robusta. Ciri khas yang ditawarkan kopi jenis ini adalah kadar asam yang sangat tinggi dan unsur tanah yang terdapat dalam kopi. Menjadikan ciri khas dan keunikan rasa yang ditawarkan. Rasa pahit dalam kopi ini hanya terasa dalam sekejap kemudian menghilang.

Arabica, Flores

Kopi arabica yang satu ini berasal dari Flores yang memiliki cira rasa yang sangat khas. Jadi salah satu kopi arabica terbaik di Nusantara yang sangat banyak penggemarnya. Aroma paling khas dalam kopi ini adalah buah dan tembakau. Kopi arabica ini tumbuh subur di dataran NTT karena adanya gunung vulkanik, sehingga pertumbuhan tanaman ini sangat subur.

Arabica, Jawa

Cita rasa kopi arabica asal Jawa ini memiliki rasa yang sangat khas dan tidak dimiliki oleh semua kopi didaerah lain. Pada masa penjajahan kopi Jawa ini menjadi idola para petinggi Belanda karena aroma rempah yang sangat kuat. Pada mulanya Belanda membawa kopi dan menanamnya dipulau Jawa dan menjadi produsen kopi terbesar didunia pada masa itu. Kopi ini menawarkan aroma rempah-rempah yang menarik dan berbeda dengan kopi lainnya. Kopi arabica berkualitas tinggi ini bisa ditemukan di daerah Banyuwangi.

Luwak, Jawa

Berbicara soal kopi yang ada di Nusantara kopi yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Kopi luwak ini sangat mendunia karnanya menjadi incaran para pecinta kopi diseluruh belahan dunia. Tak hanya itu, kopi luwak ini terkenal karena rasanya yang unik dan nikmat karena dihasilkan dari cara yang tidak biasa. Kopi ini berasal dari kotoran musang yang memakan biji-biji kopi. Oleh karena produksinya masih terbatas dan sangat langka kopi jenis ini memiliki harga yang sangat tinggi dan dapat dikatakan cukup mahal.

Robusta Temanggung, Jawa

Kopi robusta asal temanggung ini merupakan kopi yang berasal dari Jawa yang memiliki cita rasa yang tak kalah unik dengan kopi lainnya. Kopi ini tumbuh subur dekat dengan tanaman jeruk, coklat, karamel dan juga tembakau sehingga aroma yang dihasilkan dari kopi ini adalah rasa buah segar dan tembakau. Cita rasa yang unik ini menjadikan kopi ini mirip dengan kopi flores dan kintamani.

Demikian adalah ulasan mengenai beberapa jenis kopi di Indonesia yang nikmat dan memiiki cita rasa yang paling khas. Semoga dapat membantu kamu untuk mengetahui jenis kopi ternikmat di Indonesia.

usaha-kopi-wajib-kenali-dulu-jenis-kopi-indonesia

Arabica Kintamani, Bali

Kopi arabica kintamani Bali ini memiliki cita rasa yang sangat khas yang tidak ada di daerah lain. Keunikan dari kopi kintamani ini adalah cita rasa yang ditawarkan pada kopi. Rasanya yang asam namun ada rasa lain yang bercampur dalam kopi tersebut seperti rasa segar yang berasal dari sayuran dan buah-buahan sekitar.

Masih ingat fakta bahwa kopi ternyata kopi bisa mengambil aroma tanaman disekitarnya? Nah kopi ini adalah salah satu kopi yang mampu mengambil aroma tanaman buah dan sayur disekitar. Maka tak heran jika kopi ini memiliki aroma segar dan cita rasa bercampur dengan buah dan sayuran.

Wamena, Papua

Kopi yang satu ini berasal dari Wamena dan tumbuh subur di pegunungan. Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat harum. Karena aromanya sangat sederhana kopi ini terasa sangat original. Aroma yang dihasilkan tersebut karena kopi ditanam dengan menggunakan bahan organik. Sehingga kopi ini sangat ringan dan tanpa ampas, cita rasanya tidak asam dan berbau harum.