Panorama Teluk Palu Nan Indah

teluk-palu Alam Indonesia memang indah bak surga untuk bagi para wisatawan yang ingin menikmati alam baik dari segi daratan maupun lautan. Tapi sayangnya banyak tempat pariwisata yang kurang di optimalkan sebagai tempat tujuan wisata baik untuk wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah Teluk Palu yang terletak di kota Palu, ibu kota Propinsi Sulawesi Tengah.

Potensi tersembunyi yang ada di Teluk Palu, belum banyak dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memperbaiki segala fasilitas yang ada. Sampai dengan saat ini, banyak sampah-sampah yang masih bertebaran disepanjang pantai. Sehingga mengganggu keindahan alam yang ada di Teluk Palu.

Panorama Teluk Palu yang indah itu, berpotensi sebagai lokasi objek wisata yang sangat mempesona atau hanya sekedar menikmati pemandangan laut lepas yang membentang dari timur dan barat kota Palu. dari tempat ini juga tampak gunung-gunung menjulang menghadap ke pantai, selain indah tempat ini juga menjadi sumber kehidupan sebagian masyarakat yang masih menggantungkan hidupnya di laut.

Jika dilihat dari faktor alam, areal sepanjang pantai Talise itu, merupakan fenomena langka yang jarang ditemui di daerah-daerah lain. Deburan ombak di sore hari, terlihat indah, apalagi ketika matahari mulai tenggelam, menjadi salah satu anugerah tersendiri keindahannya yang telah diberikan Ilahi bagi masyarakat tanah Palu.

Sekarang, yang harus tetap dilakukan adalah, bagaimana bersama-sama menjaga keindahan alam dengan tetap menjaga kebersihan dan sekaligus menjaga semua fasilitas umum yang telah tersedia.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://bumi-nusantara.blogspot.com/2009/03/teluk-palu.html

4 Komentar

  1. Saatnya kota palu berbenah diri dgn keindahan teluk palux…
    bkn hanya di liat dari wilayahx yg indah,,,tapi masyarakatx jga berbenah diri untuk memajukan suatu daerah yg di banggakan di indonesia maupun di mancanegara.dan pemerintahax jga harus di bersihkan dari maksiat korupsi yg menimbulkan dampak negatif pada suatu daerah,dan sya selaku rakyat kota palu meminta dgn hormat kepada bapak wali kota palu agar bagaimana carax persipal harus masuk divisi utama,nakuya jawa namala nesua ri divisi utama,sedangkan kita to kaili mboto ledo namala nesua ri divisi utama…….. dgn apa yg sy sampaikan smoga bapak wali kota palu mendapat jalan untuk berbenah …..salandoa randa nte kabilasa sulteng….!!!!!

  2. Bkan cm objek wisata yg prlu dperhtikan kbrsihanya tp d’aliran spnjang sungai mlai trlihat byak smpah brserakan,
    klihtan sngat tdk bgus.

  3. Pemerintah memang harus lebih jeli melihat potensi wisata di depan mata. Teluk Palu bagaikan gajah di pelupuk mata. pulau Bali bagaikan semut di seberang lautan…. he– he…he.. Bukan hanya Teluk Palu.. pesisir pantai sepanjang Palu – Donggala juga Indah. Donggala juga terletak di Sulawesi Tengah. Donggala kota sejarah bagi lahirnya propinsi Sulawesi Tengah. Dulu pusat pemerintahan semua di Donggala. Sebelum zaman Belanda dan orde Baru Pusat Pemerintahan Kerajaan Banawa ada di wilayah ini.. Banyak peninggalan bersejarah ada di daerah ini. Gunung Bale yang terletak di Donggala dulunya merupakan kompleks pemerintahan dan perumahan kolonial Penjajahan Belanda, namun tempat ini rata dengan tanah pada saat Jepang membom daerah ini saat pecah perang dunia. Lokasi ini akhirnya ditata menjadi pusat perkantoran pemerintah Kabupaten Donggala. Indah lho pemandangan dari puncak gunung ini. Di sini juga ada Tanjung Karang dan Boniego dengan pantai pasir putih. Latnas dan International Tetada Kalimasada dan ujian kenaikan tingkat TETADA KALIMASADA dilaksanakan ditempat ini. Peserta Latnas yang berasal dari Mancanegara sangat terkesan dengan tempat ini.

Comments are closed.