Inspirasi Bisnis

Resep Ratatouille Bisa Kamu Jadikan Ide Bisnis Camilan Unik Lho!

resep-ratatouille-bisa-kamu-jadikan-ide-bisnis-camilan-unik-lho

Mencari ide bisnis camilan unik memanglah tidak mudah. Kita harus pintar-pintar dalam berinovasi dan mencari ide. Menginovasikan berbagai olahan makanan telah banyak diupayakan oleh para pelaku usaha kuliner. Di zaman yang semakin maju ini ketika kita memutuskan untuk berbisnis kuliner tentunya harus mengambil kesempatan yang bagus dalam menentukan jenis kuliner agar dapat bersaing dengan para pelaku bisnis kuliner.

Taukah kamu kalau resep camilan unik berikut bisa kamu jadikan pilihah yang cerdas untuk dijadikan peluang bisnis? Pernahkah kamu mendengar camilan ratatouille? Nampaknya terdengar agak asing bukan? Mungkin bagi beberapa sebagian masayarkat ada yang sudah pernah mendengar dan mengetahui apa itu ratatouille. Camilan unik ini merupakan kentang ala Perancis. Camilan ini berbahan dasar kentang yang diolah dengan berbagai campuran sayuran sehat. Makanan ini merupakan camilan yang cocok untuk para vegetarian karena bahan dasarnya hampir semua sayuran.

Resep ratatouille kentang khas dari Perancis ini memanglah jenis makanan vegetarian yang tidak hanya sekedar menyajikan sayur-sayuran saja. Meskipun makanan ini berbahan dasar hampir semua adalah sayur namun cita rasa yang ditawarkan tidak hanya lezat namun juga menakjubkan.  Tentunya tidak kalah dengan sajian makanan berbahan daging ataupun ikan. Bagaimana, kamu penasaran resep pembuatan ratatouille?? Yuk, cari tahu pembuatanya sekarang.

Mau Menekuni Ide Bisnis Camilan Unik Ini? Ini Dia Resep Ratatouille

Tertarik mencoba bisnis camilan unik kentang ala Perancis ini? Pastinya penasaran bagaimana cara mengolahnya bukan? Yuk, simak bagaimana resep cara pembuatannya.

Bahan – bahan :

  • Timun jepang 1 buah
  • Kentang 1 buah
  • Terong 1 buah
  • Paprika merah, kuning, hijau masing-masing 1 gram
  • Bawang Bombay 1 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Tomat 3 buah
  • Pasta tomat 6 sendok
  • Salam 1 gram
  • Daun thyme 1 sdt
  • Basil 6 helai
  • Minyak zaitun 3 sdm
  • Merica 1 sdm
  • Garam 1 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Keju mozzarella secukupnya

Cara Membuat Saus :

  1. Pertama-tama cuci bersih semua bahan-bahan diatas. Kemudian potong-potong secara kecil paprika merah, kuning, hijau dan tomat. Lalu cincang bawang outih dan bawang Bombay serta potong daun basil 4 buah.
  2. Kedua tuangkan minyak zaitun tumis dalam wajan dan kemudian panaskan, lalu tumis bawang bombay, bawang putih, daun salam dan daun thyme. Masukkan potongan paprika merah, kuning hijau dan tomat tumis hingga harum. Setelah itu tambahkan dengan pasta tomat 6 sendok makan. Masak hingga semua bahan layu dan matang.
  3. Setelah itu tambahkan gula, garam dan merica dan aduk-aduk hingga merata.

Cara Membuat Ratatouille :

  1. Potong-potong agak tebal bahan-bahan berikut, kentang, terong, timun jepang dan tomat setelah itu. Tata potongan sayuran tersebut dalam ring yang sebelumnya telah diolesi minyak zaitun secara melingkar. Tambahkan saus yang telah dibuat tadi pada bagian atas dan bawah lingkaran yang pertama. Tutup lagi dengan potongan sayuran kemudian tambahkan lagi saus sampai penuh dan merata. Kemudian tambahkan taburan keju mozzarella.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan memangang potongan sayur dalam ring dengan dialasi alumunium foil diatas loyang tipis kemudian panggang dengan api atas hingga matang.
  3. Selanjutnya, buatlah dressing dengan cincang daun basil dan bawang putih tambahkan dengan minyak zaitun. Tambahkan bumbu lada dan garam secukupnya sesuai dengan selera anda. Aduk hingga merata.
  4. Setelah itu tata sayuran tadi diatas piring dengan ditambahkan dressing.
  5. Ratatouille siap dihidangkan.

Demikian tadi adalah resep cara pembuatan ratatouille secara sederhana. Semoga dapat membantu kamu untuk mencoba membuat makanan sehat ini.

Ide Bisnis Camilan Unik Ratatouille Punya Manfaat

Mencoba makanan baru yang jarang kita temui bahkan belum pernah kita konsumsi sebelumnya pastinya sangat menarik sekali yaa. Tahukah kamu kalau makanan ala Perancis ini kaya akan manfaat untuk kesehatan karena punya segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita? Makanan vegetarian ini bukan hanya unik dan lezat. Namun juga punya manfaat karena kaya akan berbagai sayuran yang baik untuk kesehatan seperti :

1. Kentang

kentang mengandung antioksidan, senyawa flavonoid karetonoid dan asam fenolik yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, membantu sistem pencernaan, menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan otak dan saraf.

2. Timun Jepang (Zuccini)

timun jepang vitamin c, fosfor, kalium, tembaga, folat sehingga kaya akan nutrsi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, kaya akan antioksidan, mampu melancarkan penyumbatan pada arteri.

3. Paprika Merah, Kuning, Hijau

Paprika snagat kaya akan vitamin A yang dapat membantu untuk menyehatkan pengelihatan, mengontrol gula darah dalam tubuh, menurunkan kolesterol, meringankan peradangan pada sendi, membantu memperbaiki sistem pencernaan, memperbaiki sistem saraf dan mencegah penyakit kanker.

4. Terong

Kandungan sayur terong yang terdapat pada makanan ini dipercaya menurunkan kadar gula darah, menunrunkan kolesterol, menyehatkan jantung, mencegah dan mengobati kanker, menutrisi saraf dan otak, menurunkan berat badan dan dapat membantu untuk menjaga kesehetan kulit.

5. Bawang Bombay

Kandungan yang terdapat dalam bawang yang satu ini dilansir dapat menurunkan resiko penyakit jantung, melancarkan pembuluh darah, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menyehatkan sistem pencernaan dan mengontrol gula darah menjadi normal.

6. Bawang Putih

Nutrisi yang ada dalam bawang putih ini diketahui dapat menurunkan kolesterol, membantu meringankan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, untuk pencegahan kanker, menyehatkan otak, membantu mecegah jerawat, membantu untuk menjaga kesehatan tulang, meringankan peradangan dan mengobati penyakit batuk pilek.

7. Tomat dan Pasta Tomat

Sayuran tomat dipercaya dapat mencegah kanker, kandungan vitamin C dan antioksidan dapat menangkal radikal bebas, membantu mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, membantu menyehatkan kulit, menurunkan resiko stres dan depresi, menyehatkan mata, baik untuk sistem pencernaan dan meringankan peradangan.

8. Daun Salam, Daun Thyme dan Daun Basil

Zat yang ada dalam daun yang satu ini dapat menurunkan kadar gula darah, membantu sistem pencernaan, baik untuk kesehatan jantung, menurunkan demam, meringankan infeksi dan nyeri serta membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan zat yang ada dalam thyme ini dapat meredakan batuk dan tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan dalam daun basil dapat menyembuhkan rematik, penyakit usus, menurunkan resiko penyakit jantung dan mengobati flu dan sakit kepala.

9. Minyak Zaitun (Olive Oil)

Dengan adanya olahan dengan menggunakan minyak zatun dipercaya dapat menjaga jantung agar tetap sehat, menurunkan tekanan darah tinggi, meringankan infeksi, mencegah penyakit kanker, mencegah obesitas atau kelebihan berat badan, menyehatkan sistem saraf dan otak, menurunkan resiko depresi dan baik untuk kesehatan kulit.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ada dalam berbagai macam sayur tersebut, tentunya makanan ratatoille ini bukan hanya sekedar kuliner biasa. Tidak hanya unik, lezat dan nikmat namun juga banyak mengandung kebaikan untuk kesehatan. Tentu dengan alasan tersebut menjadikan makanan yang satu ini memiliki peluang yang sangat bagus untuk dijalankan. Bagaimana anda tertarik untuk mencoba mengambil peluang usaha yang satu ini?

Selamat mencoba semoga sukses!

Sumber Gambar : https://quickhealthydinnerrecipes.blogspot.com/2016/08/ratatouille-recipe.html