Peluang Usaha Kacang Tanah Omzetnya Tembus Jutaan Lho, Mau?

Peluang Bisnis kacang Rumahan Tapi Omzet Jutaan, Mau ?Percaya atau tidak jikalau peluang usaha kacang tanah omzetnya tembus jutaan? Penasaran bagaimana kisah sukses pengusaha kacang goreng? Yuk, simak beberapa pemaparan berikut.

Melirik tanah Nusantara yang mempunyai banyak keanekaragaman hayati dan fauna. Berdasarkan badan pusat statistik tahun 2015 lahan persawahan di Indonesia terdapat 8.087.393 Ha yang mengalami penurunan pada tahun 2014 mencapai 8.111.593Ha. Walaupun bukan termasuk tiga prioritas utama komoditas pangan pemerintah, yaitu; jagung, padi  dan kedelai, namun kacang tanah (Arachis hypogaea) juga menjadi komoditi unggulan.

Secara umum petani membudidayakan tanaman palawija ini sebagai tanaman alternatif setelah panen padi. Namun jangan salah sangka walaupun sebagai tanaman alternatif, potensi pasar dan peluang bisnisnya besar, impor kacang tanah mencapai 10.418.442 kg atau senilai 12,43 juta dolar AS. Sedangkan ekspor kacang tanah hanya sebanyak 898.179 kg atau senilai 1,94 juta dolar AS, data diatas diambil dari Direktorat Jendral Tanaman Pangan.

Peluang Usaha Kacang Tanah

Berdasarkan data dari Ditjen Tanaman Pangan ada selisih yang sangat tinggi antara impor dengan ekspor, nilai ekspor lebih sedikit daripada nilai impor mencapai 9.520.263 kg, wow jumlah selisih yang sangat tinggi kebutuhan kacang di Nusantara.

Dengan banyaknya impor, maka ini menunjukkan bahwa kebutuhan kacang di dalam negeri masih belum terpenuhi kebutuhan pasarnya, peluang bisnis kacang ini bisa dikatakan sangat potensial. Peluang bisnis kacang memiliki banyak variasi, mulai dari budidaya, olahan kacang camilan, dan lain sebagainya.

Relatif tetap tingginya harga kacang tanah pipilan, baik yang datang dari dalam negeri maupun yang datang dari luar negeri, memberikan rangsangan mendongkrak produksi dalam negeri. Namun upaya peningkatan produksi tersebut masih dihadapkan berbagai macam kendala.

Di antaranya, masih adanya kelemahan pada teknik budidaya, lemahnya akses pasar yang dapat mengakibatkan tertundanya penjualan, tidak adanya kepastian jual, serta kemungkinan rendahnya marjin usaha. Penanganan panen dan pasca panen juga menjadi tahapan penting bagi produksi kacang tanah karena berpengaruh terhadap kualitas produksi.

Kisah Sukses Usaha Kacang Tanah

Seorang ibu dari berbisnis kacang mencapai omzet puluhan juta perbulan, panggil saja farid, seorang ibu yang memulai usahanya sendiri sewaktu sekolah dengan menjual kacang – kacang yang dibuat dari ibunya, melihat perkembangan bisnisnya semakin pesat dan permintaan pasar yang mulai meningkat, Ibu Farid semakin yakin bahwa bisnisnya akan berkembang.

Berkat doa dan usaha, kini Ibu Farid bisa memproduksi 1 ton kacang dalam sebulan, meraup omzet 70 Juta dalam sebulan. Jika dalam lebaran mampu meningkat sampai 8 kali lipat, dan omzet mencapai 400 Juta.

Ada berbagai macam olahan kacang tanah, salah satunya kacang goreng. Berikut akan kami paparkan resep pembuatan olahan kacang goreng.

peluang-usaha-kacang-tanah-omzetnya-tembus-jutaan-lho

Tertarik Peluang Usaha Kacang Tanah? Ini Dia Resepnya

Berikut ini adalah resep pembuatan kacang bawang. Yuk simak bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana proses pembuatannya.

Bahan – bahan :

  • 1 kg Kacang yang sudah di kupas
  • 1 kara uk 65 ml
  • 7 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 10 bawang putih (ditiriskan)

Proses Pembuatan :

  1. Cuci Kacang
  2. Rebus air
  3. Campurkan bawang yang sudah dihaluskan ke kacang yang sudah dicuci, tambahkan santan kara
  4. Siram kacang dengan air panas hingga tenggelam
  5. Rebus kurang lebih 5 menit
  6. Angkat, dan diamkan kurang lebih 30 menit
  7. Angkat dan tiriskan, lalu goreng
  8. Kacang bawang siap disajikan

Kacang goreng akan lebih awet ketika menggunakan kemasan yang bagus, dan sesuai. Kemasan dalam suatu produk juga merupakan nilai daya tarik pembeli. Bagi kalian yang memiliki produk kacang atau sejenisnya tapi bingung cari kemasan yang tepat untuk produk anda silahkan cek dikemas.com berbagai macam kemasan tersedia.

Analisa Peluang Usaha Kacang Tanah

Memulai sebuah usaha memang tidaklah mudah, ada beberapa hal yang mesti diketahui mengenai jenis usaha tersebut. Tidak cukup hanya mengetahui cara pembuatannya saja. Namun juga mengetahui seluk beluk analisa usaha agar mendapatkan gambaran dan keyakinan yang kuat saat memutuskan untuk menekuni usaha tersebut.

Prospek

Jika dilihat dari peluang usaha akan camilan kacang bawang ini tentunya sangat bagus. Mengapa begitu? Berbisnis kuliner tidak akan pernah ada matinya. Dari tahun ke tahun terus meningkat dan mengalami perkembangan. Camilan jadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Segala jenis camilan pasti banyak peminatnya. Maka dari itulah camilan yang satu ini tentu memiliki prospek yang cukup cerah. Pangsa pasarnya dinilai juga cukup luas karena banyaknya peminatnya tentunya akan menjadikan targetnya luas yang meliputi berbagai kalangan.

Bahan

Ketika anda menentukan memilih usaha yang satu ini. Tentu anda sangat tepat sekali karena jika dilihat dari kemudahan dalam menjalankanya. Bisnis mengolah kacang bawang salah satu usaha yang memiliki banyak kemudahan. Tidak hanya kemudahan dalam mengolah, namun juga dalam menemukan bahan baku. Tentu sangat mudah untuk mencari bahan baku karena kacang merupakan tanaman yang yang tidak mengenal musim. Bahkan ditoko-toko atau warung-warung terdekat kita dengan mudah menemukan bahan tersebut. Harga beli bahan baku yang sangat terjangkau ini menjadikan usaha ini sangat cocok untuk ditekuni oleh siapapun bahkan dengan skala kecil rumah tangga.

Peralatan

Tidak hanya bahan baku yang sangat mudah untuk ditemukan. Peralatan yang digunakan untuk mengolah makanan yang satu ini juga sangat sederhana. Itu menajdikan alasan usaha yang satu ini sangat mudah untuk ditekuni karena tidak terlalu rumit.

Konsumen

Tidak perlu diragukan lagi penggemar akan berbagai camilan sudah pasti banyak. Terutama camilan kacang bawang yang satu ini. Siapa yang tidak menyukai kacang bawang? Sepertinya sedikit yang tidak menyukai. Ditambah apabila diberikan inovasi-inovasi rasa tentu akan semakin meningkatkan penggemarnya.

Itulah mengapa berbisnis kacang bawang ini merupakan pilihan yang sangat bagus. Banyaknya orang yang sudah mengenal camilan yang satu ini tentu tidak sulit untuk memasarkannya.

Pemasaran

Untuk memasarkan camilan yang satu ini bukanlah hal yang sulit. Sudah banyaknya yang mengenal camilan yang satu ini menjadikan keuntungan tersendiri. Bahkan anda tidak perlu repot-repot untuk mengenalkannya kepada masyarakat. Anda dapat memulainya dengan menawarkan pada ibu-ibu rumah tangga, warung makan, toko oleh-oleh terdekat, swalayan atau dikantin sekolah bahkan kampus.

Faktor Keberhasilan Usaha Kacang Tanah

Menjalankan usaha apapun tidak ada yang mudah. Semua membuthkan perjuangan dan kerja keras. Meskipun anda sudah berhasil untuk menjalankan usaha anda dan sudah banyak konsumen anda perlu mempertahankannya dari persaingan bisnis. Berikut ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam berbisnis, diantaranya :

  1. Pilih bahan baku yang berkualitas dan segar
  2. Jaga kebersihan camilan
  3. Berikan inovasi rasa yang berbeda dari camilan yang lainnya
  4. Kembangkan kreatifitas anda terus menerus agar produk anda berkembang sesuai zaman
  5. Buat harga sedikit lebih murah dari pada pesaing
  6. Kemasan dengan desain yang menarik dan bentuk yang unik
  7. Lokasi yang strategis mempengaruhi kemudahan dalam mengakses tempat usaha
  8. Buat tempat jualan yang nyaman dan menarik agar pembeli tidak bosan dan ingin terus kembali.
  9. Berikan pelayanan yang baik agar pembeli nyaman dengan keramahan anda dalam melayani.
  10. Aktif dalam mempromosikan melalui media sosial seperti intagram, facebook, telegram, whatsapp, path, youtube dan lain-lain.

Semoga beberapa pemaparan tersebut dapat membantu anda untuk membangun bisnis kuliner. Salam sukses!

 

 

Sumber Gambar : https://kumparan.com/kumparanfood/resep-masakan-kacang-bawang-gurih-untuk-camilan-akhir-pekan-1552046151844262677

2 thoughts on “Peluang Usaha Kacang Tanah Omzetnya Tembus Jutaan Lho, Mau?”

  1. Saya pelaku produk ikan olahan,berupa ikan asap/salai lele dari medan,mencari rekan bisnis atau konsumen yang bisa untuk bekerjasama

    Reply
  2. Siang min. Saya kan di kampung usaha kacang tanah goreng juga. Kira kira dimana bisa saya promosi kan min? Ada gak yg beli jajanan ini?

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba