Menarik Untuk Dicoba Peluang Usaha Kecil, Keripik Jamur Aneka Rasa

Keripik jamur aneka rasa menjadi salah bisnis yang memiliki prospek cerah. Bagaimana tidak jika berbicara bisnis jamur memang seakan tak pernah tidur. Setelah banyak pelaku bisnis yang berhasil mencapai puncak kesuksesannya dengan menekuni bisnis budidaya jamur. Belakangan ini muncul bisnis turunan jamur yang menjanjikan untung tak kalah besar setiap bulannya. Yakni peluang usaha keripik jamur yang dikemas dalam berbagai macam pilihan rasa.

Seperti kita ketahui bersama, aneka macam olahan jamur tak hanya dikenal memiliki cita rasa yang cukup lezat namun juga mengandung berbagai macam manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan para konsumen. Hal inilah yang kemudian mendorong masyarakat di Indonesia untuk mulai memperkenalkan keripik jamur sebagai salah satu camilan sehat yang kaya akan protein serta memiliki tekstur keripik yang renyah, gurih, dan yang paling penting menggunakan tepung bumbu non MSG.

This image has an empty alt attribute; its file name is Menarik-Untuk-Dicoba-Peluang-Usaha-Kecil-Keripik-Jamur-Aneka-Rasa-1-720x432.jpg

Bisnis Keripik Jamur Aneka Rasa

Melihat respon pasar yang cukup bagus, sekarang ini keripik jamur mulai diinovasikan menjadi aneka macam pilihan rasa dengan memanfaatkan beberapa jenis jamur konsumsi sebagai bahan baku utamanya. Sebut saja seperti keripik jamur tiram, keripik jamur kuping, serta keripik jamur kancing yang masing-masing memiliki cita rasa khas yang berbeda-beda.

Jika dulunya keripik jamur yang dikenalkan di pasaran hanya rasa original saja. Sekarang ini para pelaku usaha mulai menambahkan bumbu seasoning (bumbu perasa) dalam berbagai pilihan rasa. Sehingga tidak heran bila sekarang ini ada keripik jamur tiram rasa balado, ayam bakar, barbeque, jagung bakar, jagung manis, rasa mercon, rasa pedas, sapi panggang, dan lain sebagainya.

Bahkan, tidak hanya keripik jamur tiram saja yang digemari para konsumen, ada pula keripik jamur kuping dan keripik jamur kancing yang cita rasanya tidak kalah bersaing dengan keripik jamur tiram. Nah, bagi para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis keripik jamur aneka rasa namun masih terganjal dengan modal dana.

Persiapan Menjadi Reseller Keripik Jamur

Kini tak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa mencoba menjadi reseller produk keripik jamur yang tidak membutuhkan modal usaha terlalu besar. Apa saja persiapan yang kamu butuhkan? Berikut informasi selengkapnya.

Survey Pasar

Ketika hendak memasarkan keripik jamur, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan survey pasar untuk mendapatkan partner bisnis yang paling tepat, serta mengetahui varian rasa apa saja yang disukai para konsumen.

Konsinyansi

Menjalin kerjasama dengan beberapa toko oleh-oleh, toko swalayan, supermarket, restoran, kantin, serta beberapa kedai kopi di kota kamu yang sekiranya bisa dititipi produk keripik jamur yang kamu pasarkan.

Mengoptimalkan Pemasaran Online

Mulai memasarkan produk keripik jamur melalui media online. Sekarang ini perkembangan internet sangatlah pesat, karena itu manfaatkan peluang yang ada untuk mengoptimalkan pemasaran produk kamu melalui dunia maya. Dalam hal ini kamu bisa membuka toko online serta mempromosikannya ke beberapa situs sosial media.

Jasa Ekspedisi

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah mencari jasa ekspedisi yang terpercaya untuk memperlancar proses pengiriman barang kepada calon konsumenmu di luar kota. Mengingat produk keripik cukup rentan rusak selama proses pengiriman berlangsung, maka kemasan paket juga harus kamu siapkan secara matang.

Analisa Bisnis Keripik Jamur

Konsumen

Hampir setiap orang suka “ngemil” atau mengkonsumsi camilan di kala santai. Kebiasaan inilah yang bisa kita bidik sebagai sebuah peluang untuk mendatangkan untung besar setiap bulan. Tekstur keripik jamur yang renyah serta divariasikan menjadi beragam jenis pilihan rasa, menjadikan camilan sehat ini diminati seluruh kalangan masyarakat. Baik itu konsumen anak muda, orang tua, kalangan atas maupun masyarakat menengah ke bawah, semuanya tertarik mengkonsumsi keripik jamur karena dikenal lezat dan juga mengandung banyak khasiat.

Keuntungan Bisnis

Popularitas aneka kuliner jamur yang semakin menyebar di kalangan masyarakat. Tidak hanya membukakan peluang pasar yang cukup lebar bagi para pelaku usaha. Namun juga mendatangkan untung besar setiap bulannya. Meskipun bisnis ini tergolong dalam usaha kecil. Namun prospek pasarnya masih sangat besar.

Sehingga tidak menutup kemungkinan bila setiap bulannya bisa meraup untung yang cukup menjanjikan. Hanya dengan menjadi seorang reseller produk keripik jamur. Selain keuntungannya yang cukup menjanjikan, bisnis ini juga cukup mudah untuk dijalankan. Dengan menjadi seorang reseller produk, maka kamu tidak perlu repot-repot memproduksi sendiri produk daganganmu.

Selain itu, resiko kerugian yang kamu miliki juga cukup kecil. Karena kamu bisa melakukan pemesanan produk kepada produsen keripik jamur. Ketika kamu sudah mendapatkan transaksi pembelian dari para konsumen.

Kekurangan Bisnis

Dalam menjalankan peluang usaha kecil ini, hambatan yang paling sering dihadapi para pelaku usaha adalah resiko kerusakan keripik ketika proses pengiriman berlangsung. Seperti kita ketahui bersama, keripik jamur memiliki tingkat kerenyahan yang cukup tinggi.

Sehingga dalam proses pengirimannya terkadang ada beberapa kerusakan seperti misalnya keripik jamur diterima konsumen dalam kondisi remuk. Untuk menghindari resiko tersebut, ada baiknya bila kamu melengkapi packaging (kemasan) produk yang lebih aman ketika hendak dikirim ke luar kota menggunakan bantuan jasa ekspedisi.

Strategi Pemasaran

Untuk mengoptimalkan pemasaran produk keripik jamur, kamu bisa memanfaatkan strategi pemasaran online maupun offline. Untuk strategi offline sendiri kamu bisa memasarkannya dari orang-orang terdekatmu. Seperti misalnya keluarga, rekan kerja, sahabat, kerabat, dan lain sebagainya. Berawal dari informasi tersebut, kamu bisa membangun promosi dari mulut ke mulut (word of mouth).

Hingga akhirnya pemasaran produk kamu bisa tersebar luas ke berbagai kalangan masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa membangun sub-sub agen seperti misalnya menitipkan di toko oleh-oleh, swalayan, supermarket, kantin, dan lain sebagainya. Semakin banyak jaringan bisnis yang kamu miliki, semakin besar pula peluang kamu untuk mendatangkan transaksi penjualan.

Sedangkan untuk pemasaran online, kamu bisa mulai memanfaatkan sosial media seperti misalnya blog, facebook, twitter, youtube, email marketing, serta beberapa forum online lainnya untuk mempromosikan keripik jamur di ranah maya. Luasnya jangkauan internet, memberikan kemudahan pada pelaku usaha untuk menjangkau berbagai daerah dengan biaya yang cukup murah dan cara yang terbilang mudah.

Kunci Kesuksesan

Yang terpenting dalam menjalankan bisnis reseller keripik jamur adalah menjalin kerjasama dengan produsen keripik berkualitas. Melengkapi produk dengan kemasan yang savety, serta memperhatikan tanggal kadaluarsa produk. Pastikan bahwa produkmu berkualitas dan berikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen kamu.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Menjadi reseller produk keripik jamur berat 1000 gram harga Rp 57.000 
Dibungkus dalam kemasan per 100 gram jadi 10 bungkus 
Harga per bungkus Rp 5.700 

Modal Awal
Pembelian stok awal keripik jamur :
Jamur original 1kg                                Rp   57.000
Jamur tiram aneka rasa 1kg                        Rp   59.000
Jamur kuping 900 gram                             Rp   76.000
Jamur kancing 1kg                                 Rp   92.000
Jamur merang 1kg                                  Rp  150.000
Jasa pengiriman                                   Rp  100.000
Kemasan dan label                                 Rp   50.000 + 
Total modal                                       Rp  584.000

Omset per bulan
Penjualan per bulan :
Jamur original (@Rp 8.900 x 10 bungkus)           Rp     89.000
Jamur tiram aneka rasa (@Rp 9.900 x 10 bungkus)   Rp     99.000
Jamur kuping (@Rp 11.900 x 9 bungkus)             Rp    107.100
Jamur kancing (@Rp 14.900 x 10 buah)              Rp    149.000
Jamur merang (@Rp 19.900 x 10 buah)               Rp    199.000  Total  perhari                                    Rp    643.100
Total perbulan (Rp 643.100 x 30)                  Rp 19.293.000  

Laba bersih per bulan
Rp 19.293.000 - Rp 584.000                        Rp 18.709.000

Semoga peluang usaha kecil yang kami angkat dari bisnis keripik jamur ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung memilih peluang bisnis.

19 Komentar

    • Terimakasih. Katalog dan informasi pricelist keripik jamur telah kami kirimkan melalui alamat email Bapak khasbi yazid. Informasi pemesanan produk bisa menghubungi customer service kami langsung melalui (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih. Katalog dan informasi pricelist keripik jamur telah kami kirimkan melalui alamat email Ibu Iryanti. Informasi pemesanan produk bisa menghubungi customer service kami langsung melalui (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  1. saya tertarik jadi reseller, mohon dikirimkan katalog, price list, syaratnya, info kadaluarsa produknya. tks

    Reply
  2. Dear Customer service

    Saya tertarik dengan usaha ini tolong dong kirim katalog produk beserta price listnya,

    Salam
    Haris fachrurozi

    Reply

Leave a Comment