Bisnis Sampingan Usaha Kue Kekinian Dari Kue Jadul

Usaha kue kekinian saat ini membuka peluang bisnis baru untuk dunia kuliner. Bisnis di bidang food and beverages memang selalu menghadirkan kesempatan dan peluang. Termasuk untuk usaha kue kekinian yang bisa kamu coba untuk dijadikan bisnis sampingan. Banyak jenis kue kekinian yang bisa kamu jadikan ide untuk usaha kue kekinian sebagai bisnis sampingan. Peluang usaha kue kekinian untuk bisnis sampingan untungnya menjanjikan. Tanpa perlu menghabiskan waktu seharian kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu tetap bisa menjalakan pekerjaan utama kamu.

Ide Usaha Kue Kekinian Inovasi dari Kue Jadul

Bisnis Sampingan Usaha Kue Kekinian Dari Kue Jadul
resepkoki.co

Kue dengan beragam jenis mulai dari tradisional sampai kekinian konsumennya berasal dari semua kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang tua masih menjadikan kue sebagai makanan favorit. Apa lagi kue merupakan sajian biasanya harus ada di berbagai acara. Seperti saat acara ulang tahun, pernikahan, kumpul keluarga, dan acara lainnya. Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha kue kekinian sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan? Kali ini Bisnis UKM akan mengulas ide kue kekinian apa saja yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha kue kekinian. Tidak perlu menciptakan jenis kue yang terbaru tapi justru dari kue jadul atau jaman dulu yang bisa kamu inovasikan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Kue Cubit

Kue cubit, namanya lucu ya? Jangan sampai kamu belum pernah nyobain makanan bentuk dan tekstur lucu ini. Rasanya enak banget dan bikin ketagihan. Sekarang kamu bisa coba bikin sendiri di rumah dengan resep yang super simpel untuk kemudian kamu jual. Kamu nggak perlu cemas, karena bikin kue cubit ini segampang bikin bolu. Bahannya juga gampang didapat bahkan di kios kios dekat rumahmu. Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta yang ukurannya mini dengan diameter sekitar 4 cm.

Biasa kue cubit dijajakan di depan sekolah sama pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit sudah masak. Kue ini biasanya dimakan menggunakan 2 batang lidi tebal yang menyerupai sumpit. Namanya didapat karena kue yang matang diambil menggunakan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga terlihat seperti dicubit. Kue cubit bisa kamu inovasikan dengan berbagai varian rasa sesuai dengan tren. Mulai dari rasa coklat, mocca, green tea, red velvet, dan masih banyak lagi sesuai kreativitas kamu. Kamu bisa berkreasi rasa sesuai tren yang lagi digandrungi milenial masa kini karena pasar milenial sangat menjanjikan untuk usaha kue kekinian yang kamu jalankan. Buat juga kemasan kue cubit kekinian yang bisa menjadikan kue yang kamu jual semakin menarik.

Resep Kue Cubit

Bahan

– Tepung terigu 130 gram

– Mentega 100 gram (yang sudah dilelehkan)

– Gula pasir 100 gram

– Susu kental manis 150 ml

– Telur 3 butir

– Vanili bubuk ½ sdt

– Baking powder ½ sdt

– 1/4 sdt  baking soda

– Garam ¼ sdt

Cara Pembuatan

1. Campurkan telur dengan gula pasir. Kocok keduanya sampai keluar busa lembut. Kamu boleh mengocok pakai mixer maupun pakai sendok biasa.

2. Ayak baking powder, baking soda, vanili bubuk, tepung terigu, dan garam. Setelah semua tercampur, masukkan ke dalam adukan telur yang tadi. Aduk kembali hingga merata.

3. Masukkan mentega yang sudah dilelehkan. Supaya nggak bantat, aduk sampai tidak ada yang menggumpal.

4. Tutup adonan menggunakan serbet. Diamkan sekitar 30 menit saja.

5. Panaskan cetakan kue terlebih dahulu. Lalu oleskan dengan mentega supaya tidak lengket. Tuang adonan ke dalamnya. Tapi pastikan jangan terlalu penuh. Apinya kecil saja supaya kematangannya bisa sempurna.

6. Angkat dan sajikan kue cubitnya.

2. Usaha Kue Pukis

Kue Pukis atau yang biasa disebut Kue Pancong ini merupakan salah satu jajanan yang paling banyak diminati serta digemari masyarakat. Penggemarnya juga berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Tidak salah lagi kalau kue ini memiliki banyak penggemar. Kue pukis atau kue pancong, paling cocok untuk dijadikan cemilan dan teman untuk kopi, teh, atau untuk sarapan.

Masih ingat dong jajanan-jajanan yang ada di pinggir jalan? Biasanya kue ini ditemukan saat pagi hari bahkan hingga malam hari di deretan penjual makanan pinggir jalan atau pasar. Jadi bukan perkara yang susah untuk menemukan kue yang satu ini. Nah kamu bisa berinovasi untuk menjadikan kue pukis sebagai kue kikinian. Kamu bisa menghadirkan varian rasa yang lebih beragam seperti kue kekinian yang sedang tren sekarang. Mulai dari varian rasa keju, matcha, oreo, cokelat, vanilla, almond, dan varian rasa lain lain sesuai kreativitas kamu. Tentukan kemasan kue pukis yang menarik. Mulai dari desain kemasan sampai bentuk kemasan kuenya.

Resep Kue Pukis

Bahan A

– 30 gram fermipan (ragi instan)

– 200 gram tepung cakra

– 250 ml air

– 50 gram gula pasir (aduk jadi satu, lalu biarkan 15 menit)

Bahan B :

– 12 butir kuning telur

– 8 putih telur

– 600 gram gula pasir

Bahan C :

– 600 gram tepung cakra

– 1.400 ml santan matang, dinginkan/2 kelapa

– 300 gram mentega, lelehkan

Cara Pembuatan

1. Kocok bahan B sampai kental, kemudian masukkan bahan A, lalu masukkan bahan C sedikit demi sedikit bergantian sambil terus dikocok. Terakhir, masukkan mentega cair.

2. Biarkan 30 menit, lalu dicetak.

3. Cetakan pertama dioles dengan Blue Band, selanjutnya tidak perlu lagi.

4. Aduk-aduk setiap kali mau memasak, buatlah api sedang, dan usahakan agar  adonan tidak terlalu penuh.

5. Untuk bagian atas adonan bisa ditambahkan dengan aneka topping, seperti cokelat, meises, nangka, pisang, atau keju sesuai selera

3. Usaha Kue Bolu Jadul

Kue yang sudah lama menemani perjalanan jenis kue di Indonesia ini, bolu jadul dengan tekstur yang padat dan aroma harum masih menjadi favorit banyak orang. Kue bolu jadul juga biasa disebut dengan marmer cake atau bolu macan. Sajian kue bolu jadul ini adalah camilan manis yang mudah ditemui di toko kue tradisional atau legendaris di Indonesia. Meski namanya bolu jadul kamu bisa menginovasikan kue ini menjadi kue kekinian.

Kamu bisa berinovasi dengan menjadikan kue bolu jadul tampil lebih kekinian. Kreasikan kemampuan kamu dalam membuat kue bolu jadul dengan tampilan yang kreatif. Misalnya kamu bisa berkreasi dengan membuat pola warna cokleat yang ada di kue bolu jadul dengan pola lain. Bahkan kamu bisa menjadikan kue bolu jadul sebagai media lukis loh. Banyak para pembuat kue yang super kreatif dengan menjadikan kue sebagai media gambar atau media lukis. Pilih kemasan kue yang menarik supaya nilai produk kamu semakin naik kelas.

Resep Kue Bolu Jadul

Bahan

– 250 gram margarin

– 200 gram gula pasir halus

– ¼ sendok teh

– Garam

– 5 butir telur

– 250 gram tepung terigu protein sedang

– 30 gram maizena

– 1 sendok teh baking powder

– 60 ml susu cair

– ½  sendok teh pasta vanila

– 2 sendok makan cokelat bubuk

– ¼  sendok teh cokelat pasta

– 2 sendok makan air panas, dilarutkan

Cara Pembuatan

1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut dan mengembang.

2. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.

3. Masukkan sisa tepung terigu, maizena, dan baking powder sambil diayak bergantian dengan susu cair dan pasta vanila sambil dikocok perlahan.

4. Ambil 200 gram adonan. Tambahkan larutan cokelat bubuk dan cokelat pasta. Aduk rata.

5. Tuang sedikit adonan putih di dasar loyang diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.

6. Tuang adonan cokelat di beberapa tempat. Tusuk adonan cokelat dengan tusukan sate atau garpu dan bentuk motif dengan pola bergelombang.

7. Sendokkan lagi adonan putih. Tuang adonan cokelat. Lakukan sampai adonan habis. Terakhir bentuk lagi motif marmer di atasnya.

8. Panggang adonan di oven selama 50 menit dengan api bawah, suhu 180 derajat Celsius sampai matang.

Itulah ulasan mengenai usaha kue kekinian inovasi dari kue jadul yang bisa kamu jadikan ide bisnis sampingan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu untuk memulai bisnis sampingan ya. Teruslah berporses untuk menjadikan usaha kue kamu #NaikKelas Ikuti terus artikel tentang bisnis sampingan lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba