Membangun Usaha Baru Fish Burger

Apa yang anda bayangkan jika mendengar kata burger? Biasanya pikiran akan langsung tertuju ke Burger daging sapi bakar yang banyak tersedia di restoran-restoran cepat saji.

Nah, pernahkan anda mendengar Fish burger atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Burger Ikan? Disini kita akan coba sedikit mencari tahu cara pembuatan Fish Burder dan siapa tahu bisa jadi ladang bisnis anda selanjutnya.

Fish Burger dibuat dari olahan berbagai daging ikan yang telah dilumatkan dengan ditambah sedikit tepung tapioka dan bumbu-bumbu sebagai pelengkap. Jadi jangan bayangkan roti yang diisi ikan seperti yang sering anda lihat di film-film kartun.

Bahan Baku dan Bumbu Fish Burger

Bahan baku yang digunakan untuk membuat fish burger adalah jenis-jenis ikan yang mempunyai daging tebal berwarna putih dan mempunyai tekstur lembut (mudah dilumatkan). Anda bisa menggunakan ikan tenggiri, kakap, remang/larak, talang-talang atau bisa juga memakai cumi-cumi.

Bumbu-bumbu :

  1. garam
  2. merica / lada
  3. jahe
  4. bawang merah
  5. bawang putih
  6. gula pasir
  7. mentega dan
  8. bumbu penyedap (jika mau)

Bahan penyerta :

  1. tepung tapioca
  2. tepung roti / tepung panir
  3. telur
  4. wortel dan
  5. daun Kucai / daun bawang

Membuat Pasta Ikan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pasta ikan yang akan digunakan sebagai isi fish burger. Caranya cukup sederhana dan kami yakin anda mampu membuatnya.

Pembuatan pasta dari bahan baku ikan segar:

  1. Pertama, Ikan segar dicuci kemudian dibuat fillet dengan cara menyayat daging ikan mulai dari pangkal ekor sepanjang tulang belakang sampai batas kepala dan bada.
  2. Kemudian Fillet dibersihkan dari duri dan sisa-sisa kotoran, kemudian dicuci hingga bersih.
  3. Terakhir daging ikan dikerok dengan menggunakan sendok, kemudian digiling hingga lumat/halus.

Bagaimana jika bahan bakunya cumi-cumi?

Sebenarnya prinsipnya sama saja. Daging cumi-cumi dipisahkan dahulu dari kepala dan isi perut, kemudian kupas kulit air berwarna merah / ungu dan cuci hingga bersih, lalu dipotong-potong, kemudian digiling hingga lumat /halus

Cara Membuat Fish Burger

Pasta sudah siap, sekarang kita akan coba membuat bumbunya dan bahan-bahan penyertanya.

  1. Haluskan Bawang merah, bawang putih dan jenis jahe dengan perbandingan = 15 : 3 : 1 bagian dihaluskan. Campuran yang sudah halus ini disebut condiment
  2. Wortel dikupas, dicuci kemudian dipotong halus bentuk dadu. Daun kucai dicuci bersih dan diris halus
  3. Bumbu-bumbu yang diperlukan
    • Garam 2,5 – 3 %
    • Merica / lada 0,25 %
    • Gula pasir 1 %
    • Mentega 2 %
    • Condiment 2 %
    • Bumbu penyedap secukupnya
  4. Bahan penyerta
    • Tepung tapioca : 8 – 10 %
    • Telur : 1 butir untuk 1 kg adonan
    • Wortel : 100 gr untuk 1 kg adonan
    • Daun kucai : secukup secara ( 100 gr untuk 1 kg adonan )
    • Tepung panir / tepung roti : 0,5 kg untuk 1 kg adonan

Membuat Adonan Fish Burger

Untuk membuat fish burger diperlukan campuran daging ikan dan cumi-cumi dengan perbandingan 5 : 1, jika digunakan 1 kg daging ikan, diperlukan 200 gram daging cumi-cumi. Campuran daging ikan dan cumi-cumi yang telah dilumatkan diaduk hingga tercampur rata.

Untuk mendapatkan adonan fish burger yang baik, pada penambahan bumbu-bumbu perlu memperhatikan urutan / tahapan sebagai berikut :

  1. Tambahkan garam ke dalam campuran adonan daging,aduk hingga rata
  2. Tambahkan mentega dan aduk hingga rata
  3. Tambahkan telur sambil terus diaduk hingga rata, dan
  4. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai benar-benar tercampur rata
  5. Selanjutnya berturut-turut tambahkan gula pasir, “ condiment”, merica halus, bumbu penyedap, wortel dan daun kucai yang telah diiris halus, aduk hingga rata

Isi burger telah siap, sekarang variasinya tergantung kreatifitas anda. Bisa diberi selada, tomat, saus atau yang lainnya. Semakin unik variasi yang anda berikan, maka semakin besar kesempatan anda mendapatkan konsumen fanatik.

16 Komentar

  1. Kami mencari AGEN Produk-produk frozen yang berbasis IKAN , enak, murah dan bergizi tinggi dengan bahan-bahan yang berkualitas tanpa pengawet, pengembang dan pewarna : Tempura ikan Rp 13.000/0,5kg; Kaki Naga Rp 15.000/0,5kg; Money Bag Rp 11.000/0,25kg; Kekian Rp 11.000/0,25kg; Siomay Rp 11.000/0,25kg; Pastel Rp 11.000/0,25kg; Nuget Kepiting Rp 13.500/0,25kg; Springroll Rp 20.000/0,25kg; Tempura Udang (Udang Balut) Rp 14.000/0,25kg; Martabak Basah Rp 10.000/0,25kg; Pastel Rp 11.000/0,25kg. Jika minat jadi Agen hub. 085815279165, email ayongislan@yahoo.com,kami siap mengirim produk-produk frozen itu ke rumah sdr

  2. saya khusnul saya tertarik dengan bisnis ini, tp saya seorang pemula yang ingin memulai bisnis, da ga pelatihan buat bkn bisnis nie,
    tw pelatihannya, mohon bantuan nya,
    saya di daerah cilegon. no hp 081322333316

  3. saya jual fish fillet tepung roti tinggal di goreng..
    isi 8 biji rp. 15.000

    ada juga tempura dan somay ikan rp. 25.000 sisi 80 biji ( 1kg an)

    ikannya asli di ambil dari indonesia jadi made in indonesia..

    yang berminat bisa telp di 081331174375

  4. saya ingin jualan burger yang harganya muarah kare buat dikampung yang daya belinya rendah namun pengen merasakan masakan eropa.
    mohon dibantu

  5. apakah usaha burger..klo bukan di perkotaan bisa berkembang..misalnya di kecamatan…mhn komentarnya

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  6. saya tertarik dg usaha ini kira2 utk memulainya bth modal berapa dan dmn saya bisa belajar utk membuatnya…..

  7. saya sudah bertahun2 dagang roti keliling, sampai hari ini tumpukan hutang sudah lumayan gede, saya ingin punya usaha lain, ga muluk2, yg penting bisa berkembang dg hasil yg memadai. barangkali bisa bantu bagaimana caranya untuk menjalankan usaha fish burger yg anda tulis, soalnya (yg paling sulit nih,) kalo bicara modal saya ga punya. trims ya. saya tunggu balasannya. klo bisa ke e-mail saya. sekali lg trims.

  8. kami anjurkan kepada temen2 untuk mengunjungi situs www.mitra-keluarga.com dan bergabung di dalam komunitas tersebut. dengan sistem ini, insyaallah, apapun ide usaha konvensional anda akan maju. sebab sistem ini memungkinkan usaha temen2 mendapatkan pasar yang solid, bergairah dan potensial (ya justru karena menerapkan sistem jaringan itu. mohon jangan apriori dulu). terimakasih

  9. ingin buka usaha burger tapi yang bahan2 nya murah……, soal nya jualan nya d kampung….. klo kemahalan ga ada yg beli….

  10. saya tertarik dengan usaha ini.kebetulan saya dapat tugas kuliah untuk membuat suatu usaha restoran.langkah langkahnya apa aja ya???
    dari mulai manajemennya, operasionalnya,pokoknya secara keseluruhan untuk buat usaha…
    mohon bantuannya…thank’s…

Comments are closed.