Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Psikologi Konsumen

Ilustrasi desain kemasanDesain kemasan produk yang beragam sering kali membuat Anda bingung ketika hendak membeli sebuah produk. Anehnya, walaupun produk yang ditawarkan mirip namun Anda tak jarang kebingungan untuk memilih salah satu produk dibandingkan dengan produk lainnya.

Ternyata kondisi seperti ini cukup sering dialami konsumen sebelum mereka melakukan pembelian, dan yang menjadi penyebabnya adalah desain kemasan yang sangat berpengaruh terhadap psikologi konsumen. Dengan pemilihan desain kemasan yang tepat, produk Anda akan lebih menarik ketimbang produk lainnya.

Baca Juga Artikel Ini :

Tips Membuat Desain Kemasan yang Menjual

Membuat Desain Kemasan Produk Cookies

Pengaruh Warna

Salah satu elemen penting dalam desain kemasan yang akan mempengaruhi psikologi konsumen adalah pemilihan warna. Contohnya, produk seperti Maichi menarik perhatian psikologi konsumen karena kemasan berwarna merah. Warna ini berhasil mewakili rasa pedas dan membuat orang penasaran untuk mencoba sensasi pedasnya. Contoh lainnya adalah jika Anda ingin menawarkan produk yang mewakili keceriaan maka pilih kemasan dengan warna kuning. Intinya, mempelajari karakteristik warna sangat penting karena akan mendukung penjualan produk Anda.

Pengaruh Bentuk Kemasan

Selain warna, Anda pun harus memperhatikan bentuk kemasan produk Anda. Ada baiknya tidak membuat bentuk yang monoton karena akan tampak sama dengan produk-produk pesaing Anda. Contohnya pada produk Kleenex Tissue yang didesain dengan kemasan yang unik. Produk ini ingin menawarkan tissue dengan berbagai aroma buah. Karena itu, Kemasan Kleenex dihadirkan dengan bentuk potongan buah. Tentu saja, bentuk yang tidak biasa namun sederhana ini mampu mempengaruhi psikologi konsumen. Pasalnya, kebanyakkan produk tissue hanya dikemas menggunakan plastik bening dengan cetakan logo saja.

Pengaruh Gambar

Gambar yang diletakkan pada kemasan ternyata juga berpengaruh terhadap psikologi konsumen. Salah satu contoh produk yang berhasil mempengaruhi psikologi konsumen dengan penempatan gambar pada kemasan adalah Converse Shoes. Produk sepatu ternama ini menggunakan kemasan sederhana bergambar sepatu. Gambar sepatu tersebut memiliki warna tali yang berbeda. Uniknya, seolah-olah tali sepatu tersebut keluar dari gambar dan digunakan sebagai pengikat kemasan. Dengan gambar sederhana tersebut, konsumen berhasil terpengaruh dan akhirnya tertarik untuk mencari tahu.

Pengaruh Maskot Kemasan

Tidak sedikit produk yang menggunakan mascot perusahaan untuk menarik calon konsumen. Hal ini bukan hanya sekedar penghias belaka, faktanya, maskot berperan penting untuk mempengaruhi psikologi konsumen. Tengok saja maskot Mc. Donald. Untuk menampilkan kesan ceria, Mc. Donald menggunakan maskot seorang badut. Selain itu, produk ini juga berhasil menggunakan pengaruh warna. Maskot tersebut diberi perpaduan warna merah dan kuning untuk menampilkan kesan semangat dan keceriaan. Alhasil, orang yang melihat maskot tersebut penasaran dan akhirnya mencoba produk Mc. Donald. Bahkan, saat ini maskot produk ini juga sangat terkenal dan sangat iconic.

Pengaruh Bahan Kemasan

Bahan kemasan juga mempengaruhi psikologi konsumen untuk memilih produk Anda atau tidak. Aqua adalah salah satu produk yang berhasil menerapkan pengaruh bahan kemasan untuk produk air mineral mereka. Pasalnya, plastik bening sederhana dengan tambahan warna biru untuk penutup dan logonya berhasil membius konsumen. Hingga saat ini, Aqua sangat identik dengan air mineral. Bahkan beberapa orang sudah mengganti kata air mineral menjadi Aqua.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?

Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.

Klik Disini

Pengaruh Tulisan

Untuk yang satu ini, Anda bisa mencontoh kesuksesan produk Indomie. Produk ini membuat tulisan yang sederhana namun kata-kata yang digunakan tampak menarik perhatian. Tulisan tersebut dibuat besar dengan warna terang ditambah dengan gambar semangkuk mie yang sangat memikat. Dengan perpaduan desain tersebut, Indomie berhasil merajai pasar mie instant baik dalam negeri maupun luar negeri.

Jadi, jika Anda sedang berencana untuk membuat kemasan produk, pastikan bahwa desain kemasan tersebut mampu memberikan pengaruh bagi setiap konsumen yang melihatnya. Kalaupun tidak bisa menampilkan semua jenis pengaruh di atas, setidaknya desain kemasan Anda menggunakan salah satu pengaruh tersebut. Selamat berkarya dan salam sukses!

Sumber gambar : http://www.nationwidecarton.com/wp-content/uploads/2012/03/packaging-collage.jpg

2 Komentar

  1. Kemasan nya bagus sekali itu. gimana cara nya ya,kami dari Usaha micro bias akeses, kebetulan kami pendamping pelaku usaha micro. produknya bervariasi, ada makanan kering dan basah

    • Terimakasih sudah berkunjung ke website kami BisnisUKM.com. Mohon dapat diinfokan nomor telpon Pak Didik yang bisa kami hubungi untuk komunikasi lebih lanjut, terimakasih.

Comments are closed.