Pentingnya Kemasan Produk Buat Mengembangkan Usaha Camilan!

Pentingnya kemasan produk perlu kamu pahami dengan betul sebagai pengusaha camilan atau makanan ringan. Kemasan snack menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Saat ini kemasan snack bukan cuma sekadar jadi wadah atau tempat produk saja tapi lebih dari itu kemasan snack juga menjadi bagian dari identitas produk itu sendiri. Apalagi kalau kita lihat persaingan bisnis saat ini yang makin kompetitif. Kemasan bisa menjadi salah satu nilai jual sekaligus modal untuk menguatkan daya saing di antara produk serupa dari kompetitior lain.

Pentingnya Kemasan Produk

Kalau kamu baru memulai usaha camilan, keripik, atau snack penting untuk dipahami ketika akan menentukan kemasan snack mana yang akan digunakan. Kemasan snack yang tepat adalah kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk, distribusi produk, penjualan produk, target konsumen, dan biaya yang kamu alokasikan untuk operasional kemasan. Pentingnya kemasan produk tentunya untuk melindungi produk, memudahkan proses distribusi, serta membangun kepercayaan konsumen. Ketiga hal tersebut menjadi hal utama kenapa pentingnay kemasan produk perlu kamu pahami dengan betul. Kemasan juga jadi salah satu hal penting ketika kamu ingin mengembangkan usaha untuk menyasar pasar yang lebih luas baik itu online maupun offline. Itulah hal-hal yang menjadi alasan soal pentingnya kemasan produk.

Sekarang ini berbagai macam camilan atau snack sangat laku di pasaran ketika memanfaatkan toko online seperti marketplace, webstore, atau media sosial. Melalui penjualan secara online tersebut pastinya pasar yang kamu jangkau lebih luas. Bukan hanya skala lokal saja tapi jangkauan pasarnya bahkan bisa ke luar wilayah. Untuk mendukung penjualan online ini kamu memerlukan persiapan yang matang salah satunya adalah memahami soal pentingnya kemasan produk. Sebelum memutuskan kemasan mana yang akan digunakan.

Pengiriman produk camilan, keripik, atau produk snack lainnya ke luar kota atau ke luar wilayah pastinya butuh kemasan yang sesuai. Tujuannya supaya kualitas produk tetap terjaga dan produk aman terlindungi sampai ke tujuan. Proses distribusi produk yang panjang harus menggunakan kemasan yang tepat. Terutama dari segi material kemasannya. Maka dari itu kamu perlu memahami pentingnya kemasan produk serta jenis-jenis kemasan apa saja yang bisa kamu pilih untuk mendukung penjualan secara online.

Pentingnya Desain Kemasan Produk

Sebelum memilih mana kemasan snack mana yang akan kamu pakai, kamu juga perlu membuat desain kemasan yang menarik. Tujuannya selain dari sisi marketing juga untuk membangun identitas usaha serta produk. Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika akan membuat desain kemasan snack.

1. Pemilihan Warna

Hampir 90% para konsumen tertarik berdasarkan warna kemasan suatu produk. Maka dalam hal ini kamu harus betul-betul mengetahui peran dan arti warna dalam sebuah kemasan. Kalau warna merah melambangkan kekuatan cinta, keberanian, hasrat besar. Kuning melambangkan energi dan kebahagiaan. Oranye melambangkan kesan senang, hangat, dan tekad. Hijau melambangkan kesegaran atau kekayaan. Biru melambangkan ketenanagan dan kenyamanan. Ungu melambangkan kreativitas dan misteri. Pink melambanhkan keramahan. Cokelat melambangkan hangat, nyaman, dan kekuatan hidup. Padukan dengan warna kontras yang tepat sesuai dengan produk kamu.

2. Mudah Dipahami

Hal penting dalam membuat desain kemasan tujuannya adalah menciptakan kesan pertama yang baik di mana calon konsumen dibuat memahami produk secara cepat kurang lebih hanya dalam hitungan 10 detik. Jadi buatlah desain kemasan snack yang mudah dipahami. Mulai dari pemilihan kata, warna, dan visual dalam desain kemasan yang kamu buat. Begitu juga dengan pemilihan font atau jenis huruf. Pilihlah yang mudah dibaca dan fokuskan pada nama brand. Jangan sampai nama brand justru tidak dominan.

3. Informasi Produk 

Pada desain produk makanan sering kali kita menemukan berbagai macam tulisan selain komposisi atau informasi lain tentang produk itu sendiri. Tapi ada juga yang menyisipkan slogan, jargon atau kata-kata lain yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen. Perlu diingat, jangan menggunakanya secara berlebihan. Hindari kalimat berlebihan yang bisa membuat binggung para konsumen. Pakailah bahasa yang sederhana dan mudah diingat yang mampu mendiskripsikan produk secara singkat, padat, dan jelas.

Rekomendasi Jenis Kemasan Snack

Setelah kamu memahami pentingnya kemasan produk, kemudian sudah membuat konsep desain kemasan snack, selanjutnya adalah memilih jenis kemasannya. Kalau dari model kemasan, kebanyakan untuk produk makanan ringan atau camilan seperti keripik modelnya adalah standing pouch. Kalau materialnya ada yang dari aluminium foil, paper craft, plastik, metalize, serta kombinasi antara dua material kemasan. Tapi untuk material yang dinilai lebih bisa melindungi produk adalah aluminium foil. Kemasan snack aluminium foil tingkat kerapatannya lebih tinggi dibandingkan dengan material lainnya. Untuk cetakannya juga bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Apakah standing pouch aluminium foil sablon atau aluminium foil paper printing. Berikut ini penjelasan tentang kemasan snack standing pouch alufoil sablon dan alufoil paper printing.

1. Kemasan Snack Aluminium Foil Sablon

Kalau kamu mau cetak kemasan snack dengan harga yang lebih murah maka cetakan sablon adalah pilihan yang tepat. Kemasan snack yang satu ini sekarang sudah lebih variatif. Kamu bisa menggunakan tiga warna untuk cetakan sablonnya. Jadi kemasan snack untuk produk kamu bisa tetap tampil eye catching. Untuk kemasannya juga tersedia dalam beberapa pilihan warna. Mulai dari warna hitam, putih, silver, gold, merah, sampai hijau. Jadi kamu bisa kombinasikan warna kemasan dengan cetakan sablonnya.

2. Kemasan Snack Aluminium Foil Paper Printing

Lain halnya dengan kemasan snack cetakan sablon, aluminium foil paper printing ini dari segi tampilan lebih menarik. Cetakannya full warna sehingga kamu bisa membuat desain kemasan keripik snack dengan lebih variatif. Apalagi untuk produk-produk keripik pedas yang akan tampil lebih menarik dengan pilihan warna yang eye catching. Selain itu kamu juga bisa pilih laminasi kemasannya antara doff atau glossy.

Udah Siap Upgrade Kemasan Produk?

Untuk produk-produk camilan atau makanan ringan akan lebih menarik dengan pemilihan warna dan desain yang kompleks. Selain pemilihan warna dan desain, teknik copywriting juga punya peranan penting dalam suatu kemasan. Kamu sudah siap punya kemasan berkualitas supaya usaha makin naik kelas? Yuk konsultasikan kemasan produk yang kamu butuhkan degan menghubungi tim diKemas.com dengan klik di sini. Pengerjaan cepat, gratis desain, minimal order sedikit, kemasan bisa custom sesuai kebutuhan.

Itulah ulasan seputar pentingnya kemasan produk untuk kamu yang punya usaha makanan ringan. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha kamu makin #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak pelaku usaha yang mengupgrade kemasan produknya.

Ikuti terus informasi menarik lainnya seputar pentingnya kemasan produk hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment