Prospek Cerah Bisnis Oleh-Oleh di Berbagai Daerah

bisnis oleh-olehMemasuki musim liburan dan menjelang hari raya lebaran, ternyata menjadi salah satu moment yang ditunggu-tunggu para pelaku bisnis oleh-oleh. Beragam jenis produk oleh-oleh dari setiap daerah bahkan ramai diburu para wisatawan maupun masyarakat lokal yang hendak mudik ke kampung halamannya.

Keunikan produk dan kualitas rasa yang ditawarkan para pelaku usaha, menjadi poin penting yang diunggulkan para pedagang oleh-oleh di penjuru nusantara. Citarasa kuliner dan makanan khas nusantara yang begitu kaya, memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelaku bisnis oleh-oleh di berbagai pelosok daerah. Apalagi, beberapa tahun terakhir, tingkat ekonomi masyarakat Indonesia terus merangkak naik, sehingga kondisi tersebut turut mendorong kemampuan masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata dan berbelanja oleh-oleh khas nusantara.

Dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, beberapa kota yang merupakan daerah tujuan wisata domestik seperti misalnya Kota Bandung, Bogor, dan Yogyakarta belakangan ini telah menjelma menjadi sentra industri usaha oleh-oleh. Bahkan di Kota Yogyakarta sendiri, perkembangan bisnis oleh-olehnya begitu sangat terasa. Bila beberapa tahun yang lalu, kita hanya bisa menemukan toko oleh-oleh khas Yogyakarta di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Namun dalam waktu tiga tahun terakhir kita bisa menemui pusat oleh-oleh hampir di setiap penjuru Daerah Istimewa Yogyakarta. Mulai dari sepanjang jalan Solo, kawasan Kotagede, sampai Daerah Bantul, Kulonprogo, dan Wonosari, sekarang ini mulai dipenuhi toko oleh-oleh yang menawarkan beragam jenis produk lokal khas daerah setempat.

Situasi serupa juga bisa kita temui di kawasan wisata Bogor. Semula, Kota Hujan itu hanya dikenal memiliki produk komoditas unggulan berupa umbi talas, asinan bogor, atau roti unyil. Namun seiring dengan meningkatnya perkembangan zaman, sekarang ini mulai bermunculan oleh-oleh khas kota Bogor yang terbilang unik, sebut saja seperti kue lapis talas dan bolu talas, kue bolu jambu biji, hingga kue labu kuning yang siap memanjakan lidah para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor.

peuyem bandungMelihat prospek bisnisnya semakin cemerlang, tidaklah heran bila sekarang ini hampir setiap daerah memiliki makanan khas yang diangkat sebagai produk oleh-oleh unggulan yang menjanjikan keuntungan  besar bagi masyarakat setempat. Contohnya saja seperti keripik pisang coklat khas Daerah Lampung, peuyeum singkong oleh-oleh khas Bandung, Lumpia dan bandeng presto khas Kabupaten Semarang, singkong balado buah tangan khas Daerah Padang, serta beberapa produk oleh-oleh lainnya yang belakangan ini banyak dicari para konsumen.

Setelah mengetahui prospek cerah bisnis oleh-oleh di berbagai daerah, tidak ada salahnya bila kemudian Anda mengangkat peluang tersebut sebagai salah satu usaha yang menjanjikan keuntungan besar setiap bulannya. Semoga informasi potensi bisnis daerah yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pemula dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai tergerak mengoptimalkan potensi daerah di sekitarnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.indonesia.travel/public/media/images/upload/photoessay/13_dodol_garut.jpg
2. http://www.infobdg.com/v2/wp-content/uploads/2013/01/peuyeum.jpg

2 thoughts on “Prospek Cerah Bisnis Oleh-Oleh di Berbagai Daerah”

  1. saya baru akan memulai bisnis dengan berjualan oleh-oleh khas daerah di indonesia khususnya jawa barat, jawa tengah dan sekitarnya. namun saya memiliki kendala dimana saya belum mempunyai koneksi atau rekanan bisnis di daerah yang saya maksud tadi. di karenakan saya berdomisili di luar jawa yaitu di BATAM. maka dari itu apakah admin bisa memberikan atau setidaknya mereferensikan beberapa nama toko atau home industri yang menjual oleh2 tsb di atas beserta alamat dan nomor telpon yg bisa di hubungi. terimakasih

    Reply
    • Selamat pagi Pak Budi Triyanto, terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk memudahkan Bapak mencari produsen maupun suplier produk UKM, kami persilahkan Bapak untuk klik link berikut –>> DIREKTORI UKM. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba