Upgrade Kemasan Seblak Berkualitas, Bisnis Siap Naik Kelas!

Kemasan seblak berkualitas menjadi salah satu hal yang penting untuk meningkatkan daya saing dengan produk atau bisnis yang serupa. Bukan tanpa alasan mengingat kemasan merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan daya saing. Kemasan seblak seperti yang kita tahu saat ini bukan hanya sebatas menjadi wadah atau melindungi produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan seblak berkualitas merupakan bagian dari identitas produk yang juga menjadi nilai untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitor bisnis.

Kenapa Kemasan Seblak Berkualitas Itu Penting?

Persaingan di dunia bisnis kuliner pedas untuk produk apa pun kita lihat saat ini makin kompetitif. Setiap pelaku usaha harus selalu berinovasi untuk meningkatkan daya saing agar produknya bisa tetap berkompetisi dengan produk lain. Maka dari itu salah satu hal yang penting dalam hal ini adalah memiliki kemasan berkualitas. Mungkin beberapa orang masih belum terlalu mementingkan kemasan karena dianggap sebagai pembungkus saja. Padahal kemasan berkualitas itu adalah unsur penting untuk menguatkan identitas produk.

Sebenarnya apa aja ya yang perlu dipersiapkan ketika persaingan bisnis makin kompetitif? Selain strategi bisnis tentunya kamu perlu punya ciri khas yang tidak dimiliki oleh kompetitor kamu. Supaya daya saing bisnis yang kamu jalankan semakin kuat. Salah satu yang bisa menciptakan ciri khas untuk usaha kamu adalah kemasan berkualitas. Inilah alasan kenapa memilih kemasan seblak berkualitas itu menjadi hal penting.

Rekomendasi Kemasan Seblak Berkualitas

Kemasan seblak bekualitas yang digunakan untuk produk siap makan atau yang sudah matang pasti akan berbeda dengan produk instan. Begitu juga kalau kamu menjual seblak dalam bentuk keripik atau lebih dikenal dengan seblak kering. Berikut ini rekomendasi kemasan seblak berkualitas yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

1. Kemasan Thin Wall

Kemasan Thin Wall

Thin wall adalah kemasan yang materialnya tebal bentuknya ada yang bulat seperti mangkuk dan berbentuk box persegi panjang. Ukurannya bermacam-macam bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dari material bahan, kemasan thin wall cenderung lebih kuat dibandingkan dengan kemasan berbahan kertas atau sterofoam. Kemasan ini terbuat dari bahan plastik tebal dengan dilengkapi penutup di atasnya. Jadi cocok untuk mengemas seblak baik saat kuahnya dicampur atau dipisah.

Selain itu kemasan thin wall juga cocok digunakan untuk mengemas produk seblak instan. Dari segi perlindungan produk akan lebih aman apalagi untuk pengiriman luar kota. Kalau desainnya bisa kamu manfaatkan label atau stiker dengan warna dan visual yang menarik. Ukurannya juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Begitu juga dengan seblak kering atau keripik seblak yang bisa memanfaatkan thin wall untuk kemasannya.

2. Standing Pouch Plastik

Standing Pouch Plastik

Standing pouch plastik cocok untuk mengemas produk seblak instan atau seblak kering. Untuk kemasan yang satu ini dari segi harga lebih terjangkau dibandingkan dengan standing pouch bahan lainnya. Kalau dari segi tampilan nggak kalah menarik. Materialnya yang bening bisa menampilkan isi produk secara lebih jelas. Jadi isi produk dari seblak kering atau seblak instan akan terlihat dari luar sekaligus menarik minat calon pembeli. Untuk desainnya bisa memanfaatkan stiker atau label kemasan dengan ukuran atau bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa juga dengan desain sabon dua warna. Material standing pouch plastik pada dasarnya bisa melindungi produk dengan baik apalagi dengan tambahan ziplock.

3. Kemasan Standing Pouch Aluminium Foil

Kemasan Standing Pouch Aluminium Foil

Kalau seblak yang kamu jual dalam bentuk instan maka kemasan standing pouch aluminium foil adalah pilihan yang tepat. Selain itu seblak kering atau seblak dalam bentuk keripik juga sangat cocok dikemas dengan standing pouch aluminium foil. Apalagi kalau produk kamu adalah produk premium. Pastinya kemasan juga harus menggambarkan kualitas produk. Ada banyak pilihan untuk kemasan standing pouch aluminium foil untuk mengemas seblak. Mulai dari standing pouch aluminium foil window, kombinasi dengan metalize, dan aluminium foil paper printing.

Untuk seblak instan premium paling cocok pakai standing pouch aluminium paper printing. Tampilannya bisa full warna dan desainnya lebih bisa dikembangkan. Material dari aluminium foil pada dasarnya punya kemampuan yang baik untuk melindungi produk. Bahannya tebal dan rapat jadi akan menahan udara atau pun gas keluar. Selain itu mencegah kontaminasi udara atau benda asing dari luar. Apalagi untuk melindungi kualitas produk yang alur distribusinya panjang.

4. Kemasan Paper Bowl

Kemasan Paper Bowl

Paper bowl adalah kemasan yang cocok untuk kamu pilih ketika seblak yang kamu jual sudah dalam kondisi matang dan siap makan. Kemasan paper bowl bisa digunakan untuk layanan pesan antar atau pun layanan makan di tempat. Paper bowl merupakan kemasan berbentuk mangkuk dengan kualitas food grade sekaligus ramah lingkungan. Tidak rembes atau pun bocor untuk produk berkuah, berminyak, dan panas. Ukurannya mulai dari kecil yaitu 650 ml, sedang 800 ml, dan 1.000 ml ukuran besar. Teknik cetakannya bisa kamu pilih antara paper bowl sablon atau printing.

Kalau produk kamu merupakan produk premium akan lebih cocok menggunakan cetakan printing. Hasilnya akan lebih menarik dengan pilihan warna dan variasi desain yang beragam. Warna merupakan salah satu unsur yang bisa menarik calon pembeli lewat kesan pertama. Untuk produk reguler juga tetap bisa menggunakan paper bowl dengan harga yang lebih terjangkau yaitu cetakan sablon atau pun polos yang ditambahkan label kemasan atau stiker.

Pilih Kemasan Seblak Berkualitas

Dari segi bisnis kemasan berkualitas pastinya bisa mendukung proses mulai dari penyimpanan, distribusi, dan juga penjualan. Kamu harus pertimbangkan ketika akan memilih kemasan untuk suatu produk. Kemasan itu akan mengikuiti produk dengan pertimbangan jenis produk, jangka waktu atau masa simpan produk, proses produksi apakah masih manual atau otomatis, distribusi, kompetitor, sampai marketing. Pemilihan kemasan juga dipertimbangkan dari segi bahan atau material dan juga bentuk ataupun model kemasan.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih kemasan adalah disesuaikan dengan karakteristik produk. Pastinya produk pangan dalam bentuk padat, bubuk, cair masing-masing akan berbeda. Pertimbangan kedua adalah distribusi produk, masih berkaitan dengan hal pertama di mana kalau produk yang dijual adalah siap makan atau sudah matang berarti alur distribusinya lebih singkat. Umumnya hanya melalui satu alur distribusi yaitu dari resto kamu, kurir, dan sampai ke tangan konsumen. Beda halnya dengan produk siap saji yang alur distribusinya lebih panjang apalagi untuk pengiriman ke konsumen dari luar kota.

Pertimbangan ketiga adalah penjualan produk. Kalau produk yang kamu jual termasuk produk fast moving dalam artian sejak produksi selesai dan dijual ke pasaran dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan produk sudah terjual maka bisa pilih kemasan yang lebih terjangkau. Beda halnya kalau biasanya produk terjual dalam waktu lebih dari tiga bulan. Kamu bisa pakai kemasan yang lebih berkualitas dari segi bahan atau materialnya.

Keempat pertimbangannya adalah target konsumen. Kalau produk yang kamu jual menyasar segmen pasar menengah ke atas atau menjadi produk premium, maka kemasan yang digunakan juga harus disesuaikan. Begitu pun ketika menyasar segmen pasar reguler, bisa pilih kemasan yang lebih terjangkau. Pertimbangan terakhir adalah sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Kamu bisa pilih kemasan berkualitas sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Siap Naik Kelas Pakai Kemasan Berkualitas?

Untuk produk camilan atau makanan seperti halnya seblak basah dan kering akan lebih menarik dengan pemilihan warna dan desain yang komples. Selain pemilihan warna dan desain, teknik copywriting juga punya peranan penting dalam suatu kemasan. Kamu sudah siap punya kemasan seblak berkualitas supaya bisnis makin naik kelas? Yuk konsultasikan kemasan seblak yang kamu butuhkan degan menghubungi tim diKemas.com

Itulah ulasan dan rekomendasi seputar kemasan seblak berkualias. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang punya pengetahuan soal pentingnya kemasan produk.

Ikuti terus informasi menarik seputar kemasan lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba