Inspirasi Bisnis

Resep Bubble Tea, Minuman Kekinian Yang Punya Banyak Penggemar

resep-bubble-tea-minuman-kekinian-yang-punya-banyak-penggemar

Bubble tea merupakan minuman olahan teh yang kekinian banget, serupa sama thai tea. Pokoknya eksistensi bubble tea nggak pernah kehilangan sinarnya deh. Pasti ada aja pelanggan yang akan datang untuk membeli dan menikmati minuman dengan bola-bola tapioka manis di dalamnya. Sebagai informasi, bubble tea tersedia dalam berbagai varian rasa. Setiap konsumen bisa pilih sesuai selera.

Nah, ini bisa kamu jadikan kesempatan emas, berbisnis bubble tea. Kalau kamu penggemar k-pop atau punya teman penyuka k-pop, pasti akan familiar sama minuman unik satu ini. Eksistensi bubble tea memang melejit karena banyak dikenalkan oleh bintang-bintang k-pop. Kebetulan, rasanya yang manis dan bikin nagih itulah yang kemudian membuat bubble tea jadi kesukaan orang-orang Indonesia juga.

Pertama-tama buat topping bubble-nya dulu ya

bubble-bola-bola-tapioka

sumber gambar: Empire Eagle Boba Tea Manufacturer

Bubble ini lah yang memberikan tampilan unik pada bubble tea. Namanya saja bubble tea, tanda bola-bola tapioka satu ini ya bukan bubble tea dong. Sebetulnya bisa beli yang udah jadi sih tapi pada kesempatan kali ini kita cari tahu cara buatnya sekalian biar enak. Jadi semuanya akan hand made ya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Air 100 ml
  • Tepung tapioka/tepung ketan 100 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Gula pasir 60 gram
  • Cokelat masak pekat yang dilelehkan 50 gram
  • Mentega putih 15 gram

Cara membuat bubble:

  • Campurkan garam ke dalam tepung tapioka/ketan kemudian tuangkan air ke dalamnya. Aduk rata adonan kemudian saring hingga halus. Tuang campuran air, tepung, dan garam ke dalam piring makan yang besar yang tahan panas.
  • Masukkan piring makan yang besar berisi adonan ke dalam panci kukus dan kukus 30 menit sampai matang.
  • Angkat piring makan yang besar. Selagi adonannya masih hangat, masukkan coklat masak pekat yang sudah dilelehkan kemudian aduk pakai mixer sampai rata.
  • Masih menggunakan mixer campurkan gula pasir dan mentega putih ke dalamnya sedikit demi sedikit sampai kalis.
  • Biarkan adonan bubble dingin, gulung memanjang. Jika sudah jadi, potong-potong gulungan tadi sebesar 1 cm. Selesai. Kalau saat hendak dipakai bola-bolanya sudah tidak kenyal, coba rebus sebentar untuk mengembalikan teksturnya.

Nggak perlu khawatir, kamu juga bisa pakai topping-topping lain seperti pudding; agar-agar; nata de coco atau cincau. Pokoknya asal ada ornamen di dalam minumannya deh. Nggak harus selalu yang teksturnya sekenyal itu karena pakai potongan buah kesukaanmu juga bisa banget! Pokoknya nggak perlu ribet-ribet mikir topping deh.

Resep Bubble Tea Sederhana Idola Banyak Milenial

Siap-siap buat bisa bikin sendiri bubble tea kapan pun kamu mau dengan bahan yang sudah jelas ada di rumah. Kamu bisa ganti teh sesuai selera, yang jelas nggak ada yang susah di sini karena semuanya gampang!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubble tea yang simple:

  • Teh celup/seduh sebanyak 2 kantong
  • Krimer atau kental manis 4 sdt
  • Air panas 150 ml
  • Es batu 60 gram
  • Gula (cairkan) sesuai selera, opsional

Cara membuat milk tea:

  • Larutkan teh ke dalam 150 ml air mendidih sampai warnanya pekat. Tambahkan gula cair secukupnya (opsional). Tanpa gula sebenarnya krimer/susu kental manis juga cukup memberikan rasa manis.
  • Masukkan teh yang sudah agak mendingin ke dalam gelas shaker (atau kocok biasa di dalam gelas yang ditutup rapat) bersama dengan susu cair/krimer/susu segar tawar (sesuai selera). Masukkan juga es batu.
  • Kocok sampai teh, susu dan esnya bercampur. Ukuran esnya akan berkurang selama di dalam gelas shaker.
  • Masukkan bubble yang sudah direbus atau topping-topping lain ke dalam gelas saji. Tuangkan milk tea ke dalamnya. Selesai!

Karena sekarang kamu sudah tahu cara bikin bubble tea yang kekinian, waktunya kamu untuk mempertimbangkan ini jadi ladang bisnis. Nggak usah takut sama kompetitor. Kupas tuntas cara meyakinkanmu untuk menjalankan bisnis dengan menyimak motivasi bisnis di website diKemas.com dan bisnisukm.com! Khusus yang diKemas.com, kamu bisa temukan kemasan yang kamu inginkan, bisa custom sesuai keinginan kamu dan dapatkan desain gratis tis tis dengan memesan kemasan hanya di diKemas.com, bukan yang lain!

Berikut ini kami tunjukkan beberapa contoh gelas cup sablon dari klien diKemas yang bisa kamu jadikan inspirasi buat kemasan gelas cup sablonmu.

1. Gelas cup sablon Kopi Time (Instagram: @kopitime_luwuk)

kopi-time-klie-dikemas

Lihat deh, ini merupakan gelas cup sablon yang bikin di diKemas. Desainnya oke banget, kan? Gambar ini diambil langsung dari Instagram klien kami tersebut. Bisa dilihat sendiri betapa kece dan milenial banget ya cup-nya. Pakai background alam, makin Instagramable. Kalau kemasannya oke, mau dibawa ke mana saja pasti tetap kece badai. Ukurannya berapa nih? Ukuran gelas kopi time ini 16oz atau setara dengan 375ml.

2. Gelas cup sablon Lontang Lantung (Instagram: @lontanglantung.id)

bisnis-minuman-lontang-lantung

Lontang lantung ini merupakan gelas cup sablon ukuran 22oz atau setara dengan 600ml. Ukurannya yang besar serupa dengan ukuran gelas thai tea atau gelas minuman viral kekinian lainnya. Pilihan jenis huruf yang tepat dan pemilihan nama yang mudah diingat juga memudahkan dalam branding usaha minumanmu, layaknya lontang lantung ini. Cocok juga buat gelas bubble tea nih.

3. Gelas cup sablon Kopi Omoji (Instagram: @kopiomoji)

Usaha Minuman Kekinian Kemasan Jadi Primadona

Klien kami Kopi Omoji ini order dua ukuran di diKemas, ukuran 12oz dan 14oz. Gambar di atas adalah yang ukurannya 14oz atau setara dengan 350ml. Lihat deh, Instagramable banget kan hasil foto gelasnya dengan background lokasi. Pemilihan icon yang unik bisa menjadi alasan konsumen mudah mengingat brand-mu. Ingat ya, kalau kamu belum punya desain, diKemas bisa bantu buatkan dan free tanpa dipungut biaya sepeserpun.

4. Gelas cup sablon Ngeteh Thai Tea (Instagram: @ngetehthaitea)

gelas thai tea

Ukuran 22oz biasanya dipakai buat minuman thai tea, sama halnya seperti gelas yang dipakai ngeteh thai tea yang satu ini. Desainnya yang lucu dengan gambar daun teh,  serta warna minumannya yang menarik, menjadi daya tarik tersendiri buat calon konsumen. Nama yang dipilih juga enak dibaca dan sepertinya sangat merakyat sehingga mudah diingat.

5. Gelas cup sablon Hanania (Instagram: @hanania_nesia)

gelas-hanania

Ukuran gelas yang biasa dipakai untuk thai tea, cocok juga buat kemasan bubble tea dengan ukuran yang besar seperti ini. Kalau terlalu kecil, dikhawatirkan tidak bisa memberikan efek menyegarkan. Nanti konsumen merasa kurang, makanya ukuran ini pas banget buat bubble tea juga.

Berdasarkan contoh-contoh gambar dari kemasan yang dipakai klien kami (yang tentu saja bikinnya di diKemas), bisa ditarik kesimpulan kalau ukuran gelas bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga ukuran yang biasanya ada di pasaran. Terkait desain, pastikan kalau berupa tulisan, tulisan tersebut mudah terbaca sehingga mudah juga dalam mengingat.

Pentingnya membuat konsumen aware dengan brand-mu adalah secara langsung maupun tidak, konsumenmu bisa merekomendasikan usahamu kepada temannya. Selamat mencoba peruntungan bisnis minuman ya, kawan!