Bisnis Kue Cubit Usaha Kuliner Rumahan Modal Kecil

Bisnis kue cubit bisa menjadi salah satu ide usaha kuliner dengan modal kecil. Sebab biaya operasional dan investasi awal untuk menjalankan bisnis kue cubit memang tidaklah besar. Bisnis kue cubit selama ini kurang memiliki daya tarik karena belum banyak inovasi yang muncul untuk menjadikan olahan kue manis mungil ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Padahal bisnis kue cubit bisa banget kamu jalankan dengan menghadirkan inovasi terbaru untuk meningkatkan nilai jualnya di pasaran.

Peluang Bisnis Kue Cubit

Sejauh ini bisnis kue cubit dikenal dengan usaha kuliner kecil dengan segmen pasar yang sangat sempit. Di mana kebanyakan pelaku bisnis kue cubit memang hanya menjadikan pelajar atau anak-anak sekolah sebagai segmen pasarnya. Maka dari itu harga jual dari kue cubit selama ini yang kita ketahui memang tidak terlalu tinggi, sesuai dengan segmen pasarnya. Tapi ketika kamu bisa menghadirkan inovasi dan memanfaatkan peluang bisnis kue cubit, kamu bisa membuat suatu gebarakan baru.

Jajanan kue cubit merupakan salah satu jenis kuliner yang namanya memang unik. Cita rasa kue cubit ini bisa bikin orang yang makan ketagihan, karena memang enak dan bentuknya kecil. Jadi bikin orang pengen nambah terus tiap makan kue cubit. Sebenarnya untuk membuat kue cubit ini juga cukup mudah resepnya juga simpel. Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta yang ukurannya mini dengan diameter sekitar 4 cm. Biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima.

Memulai Bisnis Kue Cubit

Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja dan dalam beberapa menit sudah masak. Kue ini biasanya dimakan menggunakan 2 batang lidi tebal yang menyerupai sumpit. Nama kue cubit didapat karena kue yang matang diambil menggunakan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga terlihat seperti dicubit.

Bisnis Kue Cubit Usaha Kuliner Rumahan Modal Kecil
dreamers.id

Makanan ringan dan mengenyangkan yang satu ini bisa kamu inovasikan dengan berbagai varian rasa sesuai dengan tren. Jadi bisnis kue cubit yang akan kamu jalankan nanti bisa menyasar segmen pasar yang lebih luas karena tetap mengikuti tren pasar. Bisnis kue cubit yang sudah ada biasanya hanya menjual kue cubit dengan rasa original saja. Kamu bisa berinovasi dengan menghadirkan varian rasa kue cubit yang kamu jual. Seperti rasa coklat, mocca, green tea, red velvet, oreo, almond, keju, dan masih banyak lagi sesuai kreativitas kamu.

Teruslah cari tahu apa yang menjadi kesukaan anak milenial dalam menikmati jajanan kuliner terutama untuk makanan manis. Setelah memiliki ide untuk menghadirkan varian rasa kue cubit, kamu perlu untuk menciptakan resep dengan ciri khas kamu sendiri. Untuk menciptakan resep dengan ciri khas kamu, mulailah dengan mencoba resep secara umum yang biasa dipakai untuk membuat kue cubit. Berikut ini resep kue cubit yang bisa kamu jadikan referensi.

Resep untuk Bisnis Kue Cubit

Bahan

– Tepung terigu 130 gram

– Mentega 100 gram (yang sudah dilelehkan)

– Gula pasir 100 gram

– Susu kental manis 150 ml

– Telur 3 butir

– Baking soda 1/4 sdt

– Vanili bubuk 1/2 sdt

– Baking powder 1/2 sdt

– Garam 1/4 sdt

Cara Pembuatan

1. Campurkan telur dengan gula pasir. Kocok keduanya sampai keluar busa lembut. Kamu boleh mengocok pakai mixer maupun pakai sendok biasa.

2. Ayak baking powder, baking soda, vanili bubuk, tepung terigu, dan garam. Setelah semua tercampur, masukkan ke dalam adukan telur yang tadi. Aduk kembali hingga merata.

3. Masukkan mentega yang sudah dilelehkan. Supaya nggak bantat, aduk sampai tidak ada yang menggumpal.

4. Tutup adonan menggunakan serbet. Diamkan sekitar 30 menit saja.

5. Panaskan cetakan kue terlebih dahulu. Lalu oleskan dengan mentega supaya tidak lengket. Tuang adonan ke dalamnya. Tapi pastikan jangan terlalu penuh. Apinya kecil saja supaya kematangannya bisa sempurna.

6. Angkat dan kue cubit siap disajikan.

Dari resep dasar itu kamu bisa berinovasi untuk menghadirkan produk kue cubit yang kekinian. Selain dari varian rasa kamu juga bisa tambahkan toping untuk kue cubit yang kamu jual. Sediakan banyak pilihan untuk topingnya supaya konsumen bisa memilih sesuai selera mereka. Kamu juga bisa menghadirkan kue cubit dalam bentuk yang unik. Kalau biasanya kue cubit hanya berbentuk bulat oval, kamu bisa haidrkan dalam bentuk lain. Seperti karakter hewan, tumbuhan, bahkan juga bentuk jaring laba-laba, disesuaikan dengan cetakan yang kamu siapkan nanti. Kalau konsep produknya sudah matang selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah pemilihan kemasan kue cubit.

Kemasan kue cubit yang menarik tentu juga akan meningkatkan popularitas produk yang kamu jual. Biasanya suatu produk atau jajanan akan sangat viral kalau kemasannya juga menarik. Tidak heran kalau kemasan menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah produk. Sebab kemajuan teknologi digital seperti media sosial telah menjadi bagian dari kebiasaan konsumen untuk mengunggah makanan atau minuman yang mereka beli di story mau pun di feed mereka. diKemas.com bisa jadi solusi kamu untuk menjadikan kue cubit yang kamu jual tampil lebih menarik sekaligus memudahkan pembeli dalam mengonsumsi produk kamu.

Analisa Modal Bisnis Kue Cubit

Untuk memulai bisnis kue cubit kamu juga perlu mengetahui perkiraan modal yang dibutuhan dan pendapatan yang kamu dapatkan. Berikut ini Bisnis UKM akan memberikan ulasan mengenai perkiraan modal dan pendapatan bisnis kue cubit untuk dijadikan usaha rumahan modal kecil.

Biaya Tetap

Booth atau Etalase Rp 500.000

Mixer & Cetakan Rp 600.000

Panci Besar Rp 50.000

Kompor Gas Rp 200.000

Peralatan Lain Rp 100.000

Total Biaya Tetap Rp 1.450.000

Biaya Operasional 

Telur Rp 60.000

Gula Pasir Rp 25.000

Tepung Terigu Rp 30.000

Margarin Rp 50.000

Toping Rp 65.000

Gas Rp 20.000

Total Biaya Operasional Rp 250.000

Modal Awal = Total Biaya Tetap + Biaya Operanional

Modal Awal = Rp 1.450.000 + Rp 250.000 = Rp 1.700.000

Harga jual per porsi kue cubit isi 5 Rp 15.000

Target penjualan per hari 30 porsi  x Rp 15.000 = Rp 450.000

Perhitungan Pendapatan

Laba = Penghasilan Perhari – Biaya Operasional

Laba = Rp 450.000 – Rp 250.000 = Rp 200.000

Pendapatan satu bulan Rp 200.000 x 30 = Rp 6.000.000

Itulah ulasan mengenai bisnis kue cubit yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha rumahan modal kecil. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu suapaya selalu semangat dalam merintis suatu bisnis. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu semakin #NaikKelas ! Ikuti terus artikel tentang bisnis kuliner lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terpacu untuk menjalankan bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba