Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan Online di Tahun 2021!

Bisnis makanan online jadi salah satu peluang yang masih menjanjikan di tahun 2021. Apalagi di Indonesia di mana masa pandemi belum mereda, layanan serba online menjadi terobosan baru untuk tetap bisa bertahan di situasi sekarang. Usaha makanan, sejauh ini merupakah salah satu bisnis yang terus bisa bertahan bahkan bisa berkembang di masa pandemi. Banyak pebisnis kuliner yang memunculkan ide kreatif untuk berinovasi supaya usaha kuliner online yang mereka jalankan tetap stabil dan terus mengalami kemajuan. Baik itu pemain lama atau pemain baru, keduanya punya semangat yang besar untuk bertumbuh.

Model bisnis makanan online yang saat ini berkembang juga beragam. Tidak hanya mengandalkan model konvensional tapi ada juga yang memanfaatkan konsep pre-order. Kalau model konvensional dalam memanfaatkan layanan online biasanya sudah mengeluarkan biaya operasional harian, model pre-order akan mengeluarkan biaya operasional ketika ada pesanan. Tentu kedua model bisnis makanan online ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal bagaimana strategi bisnis yang dijalankan supaya tetap efektif dan efisien.

Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan Online di Tahun 2021!
marketeers.com

Tips Sukses Bisnis Makanan Online

Nah buat kamu yang tertarik untuk memulai atau mengembangkan usaha kuliner menjadi model bisnis makanan online, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan hasil dan keuntungan yang menjanjikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis makanan online di tahun 2021.

1. Tentukan Jenis Produk Bisnis Makanan Online

Dalam dunia bisnis kuliner, produk yang ada di pasaran itu jenisnya banyak. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, makanan instan, ataupun makanan beku. Baik itu sajian nusantara, khas daerah, kekinian, sampai sajian kuliner internasional. Untuk memulai bisnis makanan online tentunya kamu harus tentukan produk makanan apa yang akan kamu jual.

Dalam menentukan produk usaha makanan online juga tidak bisa asal-asalan. Kamu bisa berangkat dari makanan yang hits atau sedang tren di wilayah kamu menjalankan usaha. Selain itu bisa juga dari keahlian kamu dalam mengolah makanan. Apakah makanan berat seperti ayam geprek, mie setan, atau makanan lainnya. Pastinya produk yang kamu jual harus menarik baik secara tampilan maupun valuenya.

2. Tonjolkan Menu Andalan

Buatlah menu andalan yang menjadi ciri khas dari bisnis makanan online yang kamu jalankan. Tujuannya supaya usaha kuliner online kamu punya signature yang kuat. Apalagi dengan melihat persaingan bisnis sekarang ini. Untuk satu jenis makanan bisa jadi pelaku usahanya lebih dari 10 dalam satu wilayah.

Kamu bisa menjadikan menu andalan ini diposisikan sebagai menu best seller supaya calon konsumen makin penasaran dan tertarik untuk membeli makanan yang kamu tawarkan. Supaya calon konsumen makin tertarik, dukung juga dengan foto menu yang menarik dan sesuai.

3. Buatlah Deskripsi Produk Usaha Makanan Online

Cantumkan deskripsi produk pada menu makanan yang kamu tawarkan karena calon konsumen datang melalui layanan online jadi tidak bisa mencicipinya. Kamu sebagai pelaku usaha kuliner online harus membuat deskripsi produk dengan menarik dan pastinya harus jelas untuk setiap menu yang tersedia.

Misalnya bahan yang digunakan apa saja, kecenderungan rasa makanan, atau tambahan bahan makanan yang membuat menu yang tersedia makin menarik untuk dicoba. Tujuannya supaya calon konsumen bisa mengira-ngira apakah makanan yang kamu tawarka akan sesuai dengan mereka atau tidak. Selipkan juga kalimat menggoda yang mampu menarik konsumen untuk mencobanya. Selain deskripsi produk, kamu juga harus pintar-pintar dalam mencantumkan harga. Manfaatkan strategi angka akhiran 9 atau penghilangan 0 di belakang untuk memengaruhi psikologis calon konsumen.

4. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Dalam menjalankan usaha kuliner online pastinya harus memanfaatkan media sosial dalam pemasarannya. Kamu bisa gunakan platform instagram atau facebook. Sekarang ini banyak orang yang menggunakan instagram untuk mencari referensi makanan.

Dalam memaksimalkan media sosial sebagai tools marketing bisnis makanan online, kamu perlu konten-konten yang sesuai. Seperti foto atau video makanan yang diunggah dengan menandai akun-akun kuliner atau foodies di kota kamu tinggal. Ketika makanan yang kamu jual menarik maka bukan tidak mungkin postingan kamu akan direpost dan akan dilihat oleh banyak pengguna lain followers dari akun-akun tersebut. Gunakan juga hashtag yang relevan dengan postingan yang kamu upload.

5. Kuatkan Citarasa Produk

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa persaingan bisnis kuliner saat ini makin kompetitif. Perlu adanya ciri khas yang kuat dan melekat supaya daya saing yang dimiliki semakin kuat. Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah citarasa makanan yang menjadi ciri khas.

Jangan sampai bikin konsumen kamu kecewa karena kualitas rasa tidak sebanding dengan apa yang kamu tawarkan. Apalagi usaha yang kamu jalankan adalah bisnis makanan online, sudah pasti testimoni dari konsumen adalah aset yang berharga untuk membangun dan mendapatkan kepercayaan dari banyak orang. Jadi sebelum dan sembari kamu menjalankan pemasaran, teruslah pantau bagaimana tanggapan konsumen tentang produk usaha kuliner online yang kamu jalankan.

6. Berikan Pelayanan Terbaik

Seperti halnya para pengunjung offline, pengunjung online pun ingin segera dilayani. Oleh sebab itu, utamakan waktu untuk segera melayani pesanan calon konsumen. Segera balas setiap komentar dan pertanyaan yang mereka ajukan. Hal ini tentu saja akan membuat para calon konsumen merasa senang dan puas.

Bahkan dengan pelayanan terbaik ini para calon konsumen yang baru pertama kali pesan bisa menjadi konsumen loyal. Kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan pengalaman yang baik untuk konsumen. Bisa jadi dari hal tersebut konsumen akan merekomendasikan usaha kuliner kamu atas kemauan dan kesadaran mereka. Tentunya ini adalah keuntungan untuk bisnis kuliner online kamu.

7. Kemasan Makanan Berkualitas

Pengemasan makanan yang sesuai menjadi poin yang sangat penting dalam menjalankan bisnis kuliner online. Pastikan bahwa makanan yang dipesan oleh konsumen tidak berubah saat diterima. Selain pesanan datang tepat pada waktunya, pastikan juga bahwa tampilan dan rasanya sesuai dengan gambar yang ada di media sosial atau landing page kamu sehingga konsumen tidak kecewa.

Jadi, pilihlah kemasan makanan dengan kualitas food grade seperti lunch box, paper bowl, atau food pail. Supaya makanan yang sampai ke tangan konsumen tetap dalam keadaan baik. Sebab kemasan makanan dengan kualitas food grade akan tahan dengan berat makanan dan tidak bocor.

Itulah ulasan mengenai tips sukses memulai bisnsi kuliner online di tahun 2021. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berproses dan bertumbuh supaya usaha makanan online yang kamu jalankan makin berkembang. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk mulai berbisnis.

Simak terus artikel menarik tentang tips bisnis online lainnya hanya di BisnisUKM.com

Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis makanan online di tahun 2021?

1 thought on “Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan Online di Tahun 2021!”

Leave a Comment