Toko Topi Online Semakin Hari Kian Laris

Bisnis TopiBisnis toko topi online berawal dari keisengan Iqbal Rahmanuel (21). Awalnya Ia tertarik untuk membeli topi secara online, namun ternyata untuk mendapatkan toko topi online di internet sangatlah sulit. Dari situlah Ia berfikir dan pada tahun 2012 Ia pun memutuskan untuk mengambil peluang bisnis yang menjanjikan tersebut dengan langsung mencoba menjual topi secara online. Dan tanpa disangka-sangka, hanya dalam waktu yang kurang dari 1 minggu Ia mampu menjual topi secara online sebanyak 1 kodi.

Dulu toko topi online miliknya hanya sekedar toko online biasa yang menjual topi replica atau kw. Transaksi pembeliannya pun masih menggunakan sistem tradisional yaitu via sms saja. Setelah bisnis toko topi onlinenya sudah berjalan selama 2 tahun, kini toko topi onlinenya resmi menjadi toko online yang berbasis e-commerce sehingga pelanggan dapat melakukan pembelian dan transaksi bisa dilakukan secara online tanpa harus sms atau telpon. Produk yang dijual pun kini adalah produk original, bukan replica atau kw lagi.

Bisnis Rumah TopiUntuk membuat toko topi online miliknya semakin dikenal oleh masyarakat luas, Ia juga mendeklarasikan toko topi online yang Ia beri nama dengan rumah topi tersebut sebagai online store topi terbesar yang ada di Indonesia. Hal itu Ia lakukan karena belum banyak usaha online store sejenis yang ragam model topinya sebanyak rumah topi dan fokus pada topi.

Mampu meraih cita-cita yang diimpikannya sejak kecil untuk menjadi seorang pengusaha dan bisa membantu para pengangguran adalah inspirasi terbesar bagi dirinya dalam menjalankan bisnis toko online tersebut.

Menggunakan modal usaha sebesar Rp 3 juta kini omzet perbulannya sudah mampu mencapai Rp 7-10 juta dengan menjual berbagai macam produk topi keren dan unik, dari topi dewasa sampai anak, dan pria maupun wanita, jenis topi seperti komando, kapten, pelukis/flat cap, newsboy, fedora, koboi, tentara jepang, kupluk, baseball, snapback, bucket, trucker, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan untuk produk topinya tersebut juga bervariasi mulai dari harga Rp 30.000 hingga Rp 175.000.

Untuk menjalankan bisnis onlinenya tersebut Ia dibantu oleh 1 orang karyawan yang mengurus segala keperluan berkaitan dengan packaging atau kemasan. Packaging atau kemasan produk, Ia menggunakan bahan kertas yang dibuatnya sendiri. Kini bisnis toko topi onlinenya sudah banyak dikenal masyarakat luas di seluruh Indonesia dan tingkat penjualnnya pun semakin meningkat.

Ia berharap, dengan keberhasilan bisnis toko online miliknya tersebut mampu menjadi pemicu bagi teman–teman yang lain di Indonesia untuk memajukan industri kreatif melalui garment, terutama di wilayah Surabaya yang masih kurang di banding Jakarta dan bandung. Ia juga berharap agar kedepannya industry garment Indonesia bisa seperti china bahkan melebihinya.

Produk Rumah TopiSelama menjalankan bisnisnya tersebut, banyak suka duka yang sering Ia temui. Kepada tim liputan, Ia mengungkapkan bahwa kendala yang dihadapi dalam menjalankan bisnis online tersebut adalah jauhnya penjahit dan supplier untuk produk topinya. Padahal pesanan topi terus datang tiap hari dengan jumlah yang bervariasi, sementara permintaan topi dengan jumlah yang banyak terus datang tiap hari, bahkan pernah ada permintaan topi sebanyak 1000 pcs terpaksa harus Ia tolak karena kendala tersebut.

Disamping kendala-kendala yang harus dihadapinya selama menjalankan bisnis, Ia juga merasakan sebuah kebahagiaan yang menjadi kemenangan terbesarnya dimana dengan usahanya sendiri Ia bisa membahagiakan orang tua dan mengurangi beban orang tua serta bisa berbagi dengan orang-orang dilingkungan sekitar.

Sebelum mengakhiri wawancara kami, Ia juga tak lupa memberikan sedikit kunci sukses yang semoga bisa bermanfaat bagi para pelaku bisnis lainnya yaitu “Niatkan lah sesuatu itu untuk membantu dan berguna bagi yang lain, sehingga para entrepreneur membuat bisnis tujuannya haruslah untuk mengubah dunia terutama kemajuan Indonesia dan lingkungannya bukan sekedar mengejar profit semata karena lingkungan Anda lah yang mempengaruhi bisnis Anda untuk jangka panjang”, ungkapnya.

Tim Liputan BisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba