Uenaknya ….Berbisnis Soto

soto kudus

Wisata kuliner adalah fenomena baru pada masa sekarang ini. Mencoba menu makanan unik dan khas di setiap daerah memang tidak akan pernah ada bosannya. Berbagai menu yang berkembang saat ini menjadi syarat mutlak pendukung wisata kuliner. Contohnya soto, selain bakso menu soto terbilang memiliki penggemar yang cukup banyak. Sehingga makanan ini dapat dijadikan sebagai salah satu target bisnis kuliner.

Konsumen
Menu makanan soto disukai oleh semua orang. Bahkan di beberapa daerah memiliki soto dengan khas daerahnya masing – masing, sehingga konsumen soto tersebar di berbagai daerah. Menu makanan ini juga diterima masyarakat menengah atas, sampai masyarakat biasa.

Info bisnis
Soto merupakan hidangan berkuah khas Indonesia yang sangat populer, hingga hampir di semua daerah memiliki hidangan soto dengan khas yang berbeda. Misalnya saja soto ayam, soto babat, soto limfa, soto cingur, soto sulung, soto betawi, soto bandung, soto padang, soto mie bogor, hingga coto makassar pun juga ada, lengkap dengan cara penyajian yang berbeda pula. Banyaknya varian soto yang memiliki masing – masing penggemar, memberikan peluang besar untuk menjadikannya salah satu usaha kuliner yang menjanjikan. Jika Anda penggemar soto dan memiliki keahlian dalam membuat makanan ini, tak ada salahnya jika Anda mencoba membuka usaha warung soto. Bagi Anda yang ingin berbisnis sukses dengan sajian kuliner soto, berikut kami berikan beberapa tips persiapan maupun pelaksanaan usaha warung soto.

Untuk berjualan soto, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

  1. Merinci modal yang akurat untuk mendapatkan keuntungan yang tepat
  2. Mempunyai skill dalam memasak, jika belum mahir maka belajarlah dari yang ahli atau dari buku
  3. Membuat resep masakan soto yang enak
  4. Memiliki cirri khas rasa yang berbeda dengan soto lain yang ada
  5. Menjaga kebersihan tempat Anda berjualan
  6. Menambah daftar menu dengan makanan atau minuman yang bervariasi
  7. Melakukan promosi dan pemasaran, misal selama launching memberikan diskon khusus serta melakukan pemasaran.

Kelebihan bisnis
Banyaknya penggemar makanan soto, memperbesar peluang sukses bisnis ini. Selain itu pemasarannya pun juga tidak terlalu sulit, karena masyarakat sudah akrab dengan menu tersebut. Bagi para pemula, bisnis ini juga sangat cocok untuk dicoba. Karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Sehingga semua orang bisa mencoba menjalankan bisnis ini.

Kekurangan bisnis
Hambatan yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis soto adalah tidak stabilnya harga bahan baku. Bahkan harga ayam dan bumbu yang dijadikan sebagai bahan baku soto cenderung lebih sering naik, sehingga para pedagang soto kesulitan dalam menekan biaya produksi. Karena belum memungkinkan untuk menaikan harganya, maka cara yang bisa dilakukan pedagang hanyalah mengurangi ukuran porsi soto yang ditawarkannya. Namun pengurangan juga tidak terlalu banyak, ini untuk mengurangi resiko kekecewaan konsumen.

Pemasaran
Strategi pemasaran yang paling efektif untuk usaha makanan adalah promosi dari mulut ke mulut. Dengan adanya promosi konsumen yang sudah menikmati soto Anda, masyarakat akan mengetahui keberadaan bisnis soto Anda. Oleh karena itu jaga selalu kualitas rasa soto Anda dan tingkatkan kualitas pelayanan yang diberikan agar konsumen tidak kecewa. Karena informasi negatif dari konsumen yang kecewa, juga akan cepat menyebar di lingkungan masyarakat.

Disamping itu, Anda juga dapat mempromosikan soto dengan memasang spanduk berisi nama usaha dan jenis makanan yang dijual. Jadi orang yang melewati jalan sekitar lokasi usaha tersebut, mengetahui produk yang ditawarkan. Bila perlu cantumkan harga makanan dan minuman yang ditawarkan sehingga konsumen tidak ragu untuk mampir, setelah melihat murahnya harga makanan dan minuman yang ditawarkan.

Kunci sukses
Agar bisnis soto Anda disenangi konsumen, sebaiknya jaga cita rasa soto yang ditawarkan kepada konsumen. Dengan kualitas rasa soto yang nikmat, dijamin pengunjung akan berdatangan dengan sendirinya tanpa strategi pemasaran khusus. Dukung pula rasa yang nikmat, dengan pelayanan yang ramah dan cepat. Konsumen biasanya kecewa jika harus berlama – lama menunggu pesanan datang, dan melihat pelayan yang menyajikan menunya dengan sadis. Oleh karena itu  berikan pelayanan yang terbaik, agar konsumen juga tidak merasa kecewa dan akan kembali lagi untuk menikmati soto Anda.

Selain perihal diatas yang perlu diperhatikan adalah rincian modal yang akan digunakan, untuk itu berikut kami berikan analisa ekonomi sederhana mengenai uenaknya berbisnis soto.

Analisa Ekonomi

Modal awal
Bahan baku                                                  Rp 2.000.000,00
Gerobak sepeda                                              Rp 1.000.000,00
Peralatan                                                   Rp   900.000,00
Lain – lain                                                 Rp    25.000,00 +
Jumlah                                                      Rp 3.925.000,00

Biaya Operasional / bulan
Pembelian bahan baku @ Rp 200.000,00 x 30                   Rp 6.000.000,00
Gas Elpiji           @ Rp  15.000,00 x 6 tabung             Rp    90.000,00
Lain – lain                                                 Rp    10.000,00+
Jumlah                                                      Rp 6.100.000,00

Pemasukan
Omset/ bulan   ( 50 porsi x Rp 5.000,00 ) x 30 =            Rp 7.500.000,00

Laba bersih / bulan
Rp 7.500.000,00 – Rp 6.100.000,00 =                         Rp 1.400.000,00

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )   = < 3 bulan

Sumber gambar :http://3.bp.blogspot.com dan http://www.antarajatim.com/UserFiles/imageberita/soto%20daging%20batok%20puyuh_20012010105819.jpg

8 thoughts on “Uenaknya ….Berbisnis Soto”

  1. niat yang kuat,keyakinan yang teguh,percaya diri yang tinggi…..mencoba dan terus mencoba biar tambah mantap sotonya,

  2. saya sudah satu bulan ini sdh memulai bisnis soto kambing,utk awal bisa dikatakan lumayan tapi keuntungan belum terlihat.gimana caranya meningkatkan penjualan secara cepat. Menurut pelanggan sih rasa soto kambing saya uenak dan unik.

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba