Inspirasi Bisnis

Uniknya Kerajinan Hasil Laut dari Kulit Kerang

kap-lampu-kerang-0856-4847-88691

Kerajinan hasil laut merupakan salah satu jenis kerajinan unik dengan aneka bentuk yang cantik dan unik. Kerajinan hasil laut dapat dibuat dengan berbagai macam hasil laut kemudian dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi kerajinan unik dengan nilai seni tinggi. Salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan adalah kerang dan karang laut yang telah terdampar di pinggir pantai.

Bahan-bahan dari laut seperti kulit kerang dapat dijadikan menjadi berbagai macam kerajinan, seperti kalung, gelang, bingkai cermin, bingkai foto, lampu hias dan lain sebagainya. Fungsi dari perhiasan ini adalah untuk menghias ruangan (tamu, kamar tidur, ruang keluarga atau dapur cantik Anda). Kerajinan hasil laut tersebut juga bisa digunakan sebagai hadiah istimewa bagi teman atau sebagai cenderamata. Kerajinan-kerajinan tersebut dibuat oleh tangan-tangan ahli dari para pengrajin Bali dan pulau Jawa sehingga tingkat kerapian dan kualitasnya sudah terjamin.

Kap Lampu kerangBerdasarkan pengamatan, salah satu jenis kerajinan hasil laut yang paling banyak diminati oleh para turis mancanegara adalah bingkai cermin unik yang terbuat dari bahan kulit kerang. Bentuknya memang cukup sederhana seperti cermin gantung dalam ukuran kecil yang dihiasi kulit kerang-kerang kecil untuk membingkai cermin. Sungguh terlihat sangat cantik. Hal itulah yang menjadikan produk ini bernilai seni cukup tinggi dan menambah nilai eksklusif terhadap cermin itu sendiri.

Dalam membuat kerajinan hasil laut seperti cermin dengan bingkai kulit kerang ini, tidak jarang para pengrajin menemukan kendala terutama bagi pengrajin atau pelaku usaha yang masih baru. Beberapa kendala yang sering mereka alami di antaranya seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan khusus yang dikuasai dan rumitnya proses pembuatan kerajinan yang menghasilkan nilai seni tinggi.

Proses pembuatan kerajinan hasil laut dari kulit kerang ini diawali dari pengumpulan kerang yang diperoleh dari para pengumpul kerang, pemilahan bentuk-bentuk kerang. Kemudian kulit kerang dibersihkan sampai bersih dan selanjutnya pengovenan dengan diberi campuran tertentu agar kulit kerang yang awalnya keras berubah menjadi lunak sehingga mudah untuk dibentuk.

Pemasaran untuk kerajinan hasil laut dari kulit kerang ini tidak hanya dipasarkan di pulau Bali saja tetapi juga sudah mampu mengekspor ke beberapa Negara tetangga seperti Australia dan juga Hongkong.

Pengemasan Produk Kerajinan Hasil Laut

Bisnis Kerajinan Hasil LautProduk kerajinan hasil laut dari kulit kerang ini merupakan kerajinan yang cukup sensitif terutama untuk cermin hias karena benda tersebut mudah pecah. Oleh sebab itulah pelaku bisnis membutuhkan strategi khusus dalam pengemasan produk untuk menjaga kondisi barang agar tetap aman dan utuh sampai ke tempat tujuan. Hal itu mengingat sebagian besar konsumen untuk kerajinan hasil laut ini adalah turis mancanegara.

Pengemasan produk selain bertujuan untuk melindungi produk dari kerusakan ketika dalam perjalanan dan mempermudah konsumen dalam membawanya juga bertujuan agar produk semakin terlihat menarik. Kemasan produk yang menarik tentunya akan menambah nilai jual suatu produk dan semakin pantas untuk dijadikan sebagai cinderamata.
Harapan dari para pelaku bisnis kerajinan hasil laut ini adalah agar tahun-tahun mendatang, kerajinan hasil laut berupa yang salah satunya adalah cermin unik dengan bingkai kulit kerang dan benda-benda seni lainnya dapat mencapai target penjualan yang lebih tinggi. Salah satu strateginya dengan memperhatikan kemasan produk yang unik, menarik dan tepat. Salam sukses dan selamat mencoba. (/Nila)

Kontributor BisnisUKM Daerah Bali

Sumber Gambar: http://kerajinantanganunikblog.files.wordpress.com/2014/01/kap-lampu-kerang-0856-4847-88691.jpg; http://2.bp.blogspot.com/-wZVpkHK2SvM/UK2GQdXBXSI/AAAAAAAAAFU/2nVUHG5uCfU/s1600/Kap+Lampu+kerang.jpg & https://ecs3.tokopedia.net/newimg/product-1/2014/11/19/6758536/6758536_0302741c-6fe7-11e4-8f4a-01b34908a8c2.jpg