Usaha Snack Box Kekinian, Gampang Banget Lho!

Usaha snack box kekinian bisa jadi ide bisnis yang menarik nih. Konsep dari snack box ini bukan hanya kotak berisi makanan yang biasa kita temui di acara pengajian hingga nikahan lho ya. Tren kehadiran snack box milenial sebenarnya adalah konsekuensi dari menjamurnya penggunaan media sosial. Kenapa? Karena aplikasi semacam itu mengedepankan visualisasi atau tampilan. Maka, snek boks yang biasanya hanya dibungkus dengan wadah yang tidak menarik, sekarang dibuat dengan kemasan cantik dan elegan. Di kalangan anak muda, estetika bentuk, pilihan snek, visualisasi warna dan pesan-pesan unik, menjadi daya tarik besar kenapa usaha kecil-kecilan ini laris. Dan yang pasti, harga yang dipatok tidak terlalu tinggi.

Kamu juga bisa memulai bisnis snack box ini, tapi sebelumnya kita kulik dulu kelebihan hingga startegi pemasarannya ya.

Kelebihan Usaha Snack Box Kekinian

a. Modal Tidak Besar

Modal utama yang kamu perlukan adalah pembuatan kotak wadah yang akan diisi. Kamu bisa mengunakan karton lalu melapisinya dengan kertas kado. Setelah itu, anggaran yang perlu dikeluarkan adalah pembelian isi makanan. Di sini kamu bisa menawarkan dua alternatif: konsumen bisa memutuskan isi snack box, atau kamu membuat daftar harga sesuai dengan isi snack yang berbeda-beda. Setelah itu tambahkan beberapa pesan-pesan unik. Seperti surat atau wishing bottle yang ditulisi. Jangan lupa gunakan pita kado agar lebih cantik. Pilih warna kotak yang elegan ya, seperti cokelat, hitam, putih, atau pink pastel.

b. Pembuatan Gampang

Tidak diperlukan alat khusus untuk membuatnya, kerahkan seluruh daya kreativitasmu. Yang paling penting selain komponen isi adalah posisi dari setiap makanan. Pastikan snek yang kamu susun terlihat bagus di foto, itu akan jadi poin plus. Mudah bukan?

c. Permintaan Pasar terhadap Usaha Snack Box Kekinian Besar

Banyak kalangan muda yang tertararik dengan produk inI karena kemasan yang menarik dan harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu snack bos bisa jadi banyak pilihan mulai dari hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, hampers (hantaran).

Usaha Snack Box Kekiniaan, Gampang Banget Lho!
simpalosnack.com

Kekurangan Bisnis Snack Box Kekinian

Dengan kemudahannya untuk dibuat, kemungkinan besar banyak kompetitor yang akan bermunculan. Ada beberapa alternatif untuk mengatasi pesaing, pertama kualitas boks yang kamu tawarkan harus bagus, serta ada tingkatan harga supaya konsumen punya banyak pilihan. Kamu juga bisa menggunakan konsep tertentu lho, misal snack box jajanan tahun 1990-an atau makanan dengan warna yang sama.

Langkah Memulai Usaha Snack Box Kekinian

1. Menentukan Segmentasi Pasar

Sudah tahu mau dipasarkan ke mana jualanmu? Jika belum, mungkin langkah awal adalah melakukan tes ombak. Bagaimana caranya? Mintalah beberapa orang-orang terdekatmu untuk menilai produkmu terlebih dahulu. Dari masukkan meraka, kamu bisa mencocokannya dengan kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, kalau snack boxmu ditujukan untuk pasar keluarga, berarti makanan yang cocok adalah variasi menu dengan jumlah yang cukup untuk satu rumah. Tapi kalau pasarmu adalah individu, kamu bisa menyusunnya dengan makanan ringan bungkusan, entak cokelat atau keripik.

2. Tentukan Model Bisnis yang Akan Kamu Lakukan

Sudah tahu siapa konsumennya? Jika iya mungkin saatnya menentukan bagaimana kamu bisa berjualan. Untuk bisnis snack box, kamu bisa pakai dua cara: by request (atas permintaan) atau melakukan penjualan dengan isi yang sudah kamu buat. Dengan begitu kmau punya banyak variasi berjualan, yuk kita kupas:

a. Konsinyasi

Kamu bisa menitipkan barang di swalayan sampai ritel modern lho. Nah beberapa toko tersebut biasanya meminta identitas usaha dan identitasmu. Ada sedikit tips nih kalau kamu mau melakukan bisnis lewat konsinyasi: supaya produkmu terasa lebih original, buatlah isian sendiri yang tahan lama. Alternatif paling mudah adalahh isian roti kering dengan berbagai pilihan rasa, Jangan lupa untuk mencantumkan deskripsi produk hingga informasi penting: mulai dari kontak yang bisa dihubungi, hingga akun media sosial.

b. Market Place

Manfaatkan beberapa market place seperti Tokopedia, Lazada, hingga Shopee. Dengan begitu kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih jauh lagi. Nah kamu bisa menawarkan pembuatan snack box by request. Karena dikhawatirkan pelangganmu mungkin berasal dari wilayah yang jauh, pastikan isian yang kamu pilih tidak cepat basi atau berubah warna ketika dikirim ya.

c. Platform Media Sosial

Sudah memanfaatkan media sosialmu? Jika belum saatnya mengaktifkan akun bisnis agar penjualanmu maksimal. Kamu bisa menawarkan harga snack box mulai dari yang murah hingga premium kepada calon konsumen. Boks premium bisa kamu isi dengan beberapa makanan impor yang tidak ditemukan di swalayan. Tingkatan harga juga bisa kamu terapkan ketika berjualan di market place atau memalui aplikasi pesan-antar.

d. Pesan-Antar

Tidak punya toko sendiri? Tenang, kelebihan dari bisnis snack box adalah calon pengusaha tidak perlu menyewa tempat karena bisa dilakukan di rumah atau bahkan kos. Jadi manfatkan aplikasi pesan antar untuk menjangkau pelanggan yang tinggal di dekat daerahmu ya.

3. Tingkatkan Branding Bisnis Snack Box Kekinianmu

Bagaimana agar snack boxmu berbeda dengan usaha lain? Caranya adalah meningkatkan citra merekmu. Bagaimana caranya? Dengan menempatkan ciri khas dalam kemasan snekmu. Kamu bisa membuat logo atau simbol kecil. Dengan begitu makin banyak orang yang akan familiar dengan merek boksmu. Manfatkan celah ini ya.

4. Strategi Pemasaran Bisnis Snack Box Kekinian

Mengenalkan produk baru tentu bukan hal yang mudah, karena itu kamu perlu menggunakan beberapa startegi. Pertama, mintalah kepada orang-orang terdekatmu untuk melakukan testimoni, taru testimoni tersebut di tempatmu berjualan. Ini akan meningkatkan  kepercayaan pembeli.

5. Evaluasi Usaha Snack Box Kekinian

Saatnya melakukan evaluasi usahamu nih, kita buat daftarnya agar gampang ya:

a. Bagaimana respon masyarakat terkait snack boxmu? Adakah komplain, pujian, dan saran? Jika ada, jangan lupa lakukan follow up ya.

b. Bagaimana dengan pemasukan dan pengeluaranmu? Sesuai atau belum. Pastikan kamu membuat laporan keuangan ya. Pisahkan keuangan pribadi dengan bisnismu, kalau tidak kamu akan kesulitan mengukur keuntungan yang akan kamu dapat.

c. Apakah bisnismu sudah masuk stabil? Penjualanmu sudah aman atau belum? Jika sudah mungkin saatnya untuk membicarakan inovasi apa yang ingin kamu lakukan supaya tidak tersaingi dengan bisnis lain ya.

Beberapa Konsep Snack Box yang Bisa Kamu Coba

1. Snack Box Makanan Jadul

Ide Snack Box Makanan Jadul
wowkeren.com

Ingin menawarkan nostalgia dan kenangan? Mungkin saatnya mencoba membuat isian snack bos berisi makanan tahun 90-an ataun 2000-an nih. Pasti banyak yang akan tertarik karena makanan seperti ini jarang ditemukan di swalayan umum. Unik dan fresh sekali kan idenya? Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yangbesar, karena makanan tahun segitu sampai sekarang harganya tidak mahal lho.

2. Snack Box Makanan Korea

Ide Snack Box Korea
liputan6.com

Menawarkan sensasi baru dengan makanan Korea pasti asik nih. Sekarang peminat K-Pop sedang menjamur, kamu bisa manfaatkan celah itu ya. Jangan lupa pastikan snek yang kamu pilih halal ya, beberapa orang sensitif dengan label yang kabur. Karena itu hati-hati ketika memilih.

3. Snack Box Satu Warna

Ide Snack Box Satu Warna
lazada.co.id

Agar mentereng kamu bisa menggunakan isian snek satu warna, pasti jadinya eyecatching nih. Misal kamu bisa memilih gradisi warna biru, pasti di foto terlihat sangat bagus.

Nah di atas sudah diparkapan potensi bisnis satu ini ya, semoga artikel ini melecutmu sampai tertarik. Kalau tulisan ini kamu rasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman sekitar. Sekarang, apa kamu sudah mulai tertarik untuk mengisi peluang usaha snack box kekinian ini?

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba