Peluang Usaha

Kemasan Minuman Unik Yang Wajib Anda Coba Untuk Usahamu

kemasan-minuman-unik-yang-wajib-anda-coba-untuk-usahamu

Kemasan minuman unik ini wajib coba untuk usaha minuman kekinian anda. Maraknya berbagai macam bisnis minuman kekinian seriring dengan semakin banyaknya permintaan akan kemasan. Semakin banyaknya usaha minuman menjadikan kemasan menjadi bahan incaran para pengusaha kuliner.

Kemasan sebagai penunjang menjadikan suatu produk menjadi lebih menarik. Karna kini kemasan bukan hanya berperan sebagai pembungkus saja namun kini sebagai salah satu daya tarik untuk memasarkan usaha minuman. Kehadian kemasan minuman unik kini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen sekarang ini, para pengusaha kuliner berlomba-lomba menjadikan kemasan kuliner mereka semenarik mungkin demi membuat konsumen tertarik. Para pengusaha ini berbisnis dengan melihat target sekarang ini yang mana lebih dominan anak muda milenial.

Kemasan yang unik menjadi pilihan beberapa pengusaha minuman kekinian baru-baru ini. Tak heran kini banyak bermunculan usaha kuliner salah satunya adalah usaha minuman kekinian. Pertumbuhan yang kian meningkat menjadikan para pelaku usaha minuman kekinian harus memperhatikan kemasannya. Nah untuk anda yang sedang mencoba berbisnis minuman kekinian beberapa hal mengenai kemasan minuman harus anda ketahui. Coba upayakan pula kemasan dibuat semenarik dan seunik mungkin agar usaha kemasan anda dapat bersaing dipasaran. Anda mau mencoba kemasan minuman unik? Yuk, bisa kita mulai mengenal berbagai jenis kemasan minuman serta ukurannya.

Jenis Kemasan Minuman Unik

Kemasan minuman sendiri ada beberapa jenis dan ukuran juga kegunaan masing-masing. Berbagai jenis kemasan minuman kekinian bisa menjadi pilihan, dua diantara ada kemasan minuman plastik dan kertas (paper cup). Kedua jenis kemasan minuman ini dinilai mudah, ringan dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

1. Kemasan Minuman Unik Plastik

Kemasan ini berbahan dasar plastik dimana kemasan ini dinilai sangat menarik karena bentuknya yang transparan sehingga para konsumen minuman akan sangat tertarik dengan minuman yang ditawarkan. Kemasan minuman plastik ini dinilai sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana.  Serta sangat aman untuk mengemas minuman dengan berbagai jenis mulai dari yang dingin hingga panas. Berikut beberapa contoh ukuran kemasan minuman unik plastik yang sering digunakan oleh para pengusaha minuman kekinian :

Ukuran gelas 12oz

Gelas ini berukuran kira-kira 300ml, sangat kecil untuk ukuran gelas minuman kemasan. Kemasan ukuran ini memang paling kecil dan didesain memang bukan untuk minuman yang ditambahkan es. Biasanya gelas ini digunakan untuk mengemas minuman hangat seperti teh, jeruk, kopi.

Ukuran gelas 14oz

Ukuran gelas ini kira-kira 450ml, untuk ukurannya terbilang sedang. Kemasan ini biasanya digunakan untuk mengemas minuman yang bisa ditambahkan sedikit es namun tetap memiliki porsi sedang, seperti pop ice, es teh dan es jeruk yang dijajakan dipinggir jalan ataupun pasar.

Ukuran gelas 16oz

Gelas ini berukuran kira-kira 400ml, ukuran ini dapat dikatakan ukuran tanggung atau sedang. Tidak terlalu kecil maupun besar dan tentunya mampu menampung minuman beserta es dan topping. Inilah ukuran gelas yang biasa digunakan oleh para penjual minuman kekinian seperti, thai tea, bubble cheese tea, bubble cheese cream, es kopi.

Ukuran gelas 22oz

Ukuran gelas ini kira-kira 600ml, ukuran ini merupakan ukuran besar. Biasanya digunakan untuk mengemas minuman yang membutuhkan es batu lumayan banyak. Gelas ini merupakan kemasan yang digunakan untuk mengemas minuman seperti thai tea, bubble cheese tea, bubble cheese cream, es kopi dalam betuk large. Atau biasanya digunakan pula untuk mengemas minuman alpukat kocok dan mango thai dimana kemasan ini sangat cocok untuk mengemas produk

2. Kemasan Minuman Unik Paper Cup (Gelas Kertas)

Kemasan minuman paper cup atau gelas kertas. Jenis kemasan ini merupakan wadah berbahan dasar kertas dan plastik didalamnya. Kemasan minuman yang satu ini juga dianggap ringan dan praktis untuk digunakan sebagai kemasan minuman. Kemasan minuman unik paper cup ini terbagai dalam 2 jenis yaitu cold cup dan hot cup. Namun kebanyakan kemasan minuman jenis kertas ini biasanya digunakan untuk mengemas minuman hangat. Peranan kemasan minuman kertas ini tidak jauh-jauh dari si biji hitam yaitu kopi.  Biasanya di café atau dikedai kopi menyediakan berbagai ukuran untuk melayani pembeli, diantara ukuran paper cup ini adalah sebagai berikut :

  • Ukuran gelas 4oz atau setara dengan 120
  • Ukuran gelas 7oz atau setara dengan 200
  • Ukuran gelas 8oz atau setara dengan 240
  • Ukuran gelas 9oz atau setara dengan 280

Itulah beberapa jenis ukuran gelas paper cup yang biasanya digunakan di cafe dan kedai kopi.

Nah demikian perbedaan kemasan minuman unik gelas plastik dengan paper cup dengan berbagai macam ukuran dan kegunaan masing-masing disetiap ukurannya. Untuk membuat kemasan minuman terlihat lebih unik, menarik dan kekinian sangat penting peranannya.

Semakin menarik suatu desain kemasan itu pula maka semakin tertarik pula konsumen untuk membeli. Bandingkan saja dengan minuman yang memiliki kemasan biasa saja pasti konsumen kurang tertarik dan enggan untuk membeli. Ini dapat dijadikan alasan bahwasanya antara minuman yang dijual dengan desain harus memiliki keterkaitan.

Sangat disayangkan apabila minuman yang ditawarkan sungguh cantik namun desain kurang menarik. Meskipun harga cenderung lebih mahal kemasan yang menggunakan desain unik dan menarik akan tetap menjadi pilihan. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih desain kemasan minuman agar tepat dan sesuai dengan minuman yang dijual sehingga terlihat sangat menarik.

Tips Memilih Desain Kemasan Minuman Unik

Berikut ini beberapa tips memilih desain kemasan minuman yang sesuai untuk usaha minuman kekinian anda, yaitu :

  • Pilihlah desain yang simpel tidak terlalu banyak aksen, namun terlihat menarik.
  • Pemilihan warna tidak mencolok dan pastikan jangan terlalu menggunakan terlalu banyak pilihan warna.
  • Desain tulisan atau label mudah dibaca oleh konsumen sehingga tidak menyulitkan untuk mengenal produk tersebut.
  • Pastikan desain sesuai dan cocok dengan bentuk maupun ukuran kemasan
  • Pastikan desain unik dan menampilkan logo atau ciri kas dari brand minuman
  • Lakukan survey terlebih dahulu sebelum mendesain, apakah desain sesuai dengan target.
  • Buat desain sesuai dengan gaya anak muda jaman sekarng apabila minuman kekinian pangsa pasarnya adalah anak milenial.

Langkah Memulai Bisnis Minuman Unik

  • Ide Inovatif

Dalam memulai usaha minuman kekinian ini buatlah yang berbeda dengan pengusaha minuman lainnya. Ciptakan inovasi-inovasi desain baru yang unik serta menarik.

  • Menemukan Peluang

Selalu lihat dan temukan peluang baru yang mungkin bisa anda ambil untuk mengembangkan usaha minuman kekinian anda.

  • Realistis

Buatlah usaha yang  sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen yang sedang trend saat ini. Dengarkan apa yang mereka inginkan dan kemudian pelajari pula langkah sukses dari pengusaha-pengusaha kemasan yang telah sukses.

  • Ciptakan Kemasan Minuman Yang Menarik

Agar usaha kemasan minuman kekinian anda dapat bersaing dangan para pengusaha lainya hal yang harus anda lakukan adalah dengan menciptakan kemasan yang unik dan menarik. Tentunya desain yang berbeda dari yang lainya. Buatlah dengan melihat target pasar. Apabila kebanyakan pengusaha minuman sekarang membidik usaha yang sedang hits yaitu minuman kekinian maka anda harus membuat desain kemasan minuman anda lebih menarik dengan mengangkat tema kekinian.