Usaha Persewaan Peralatan Pendaki Gunung

pendaki gunungHampir di setiap SMA dan Perguruan Tinggi mempunyai ekstra kurikuler pecinta alam atau sejenisnya. Peminatnya pun cukup banyak, selain kegiatannya mengasikkan kita juga bisa berinteraksi langsung dengan alam. Kegiatan yang paling popular dikalangan pecinta alam adalah mendaki gunung.

Mendaki gunung kini sudah menjadi salah satu hobi yang unik yang banyak digemari banyak kalangan. Karena kegiatan ini termasuk ekstrem dan menantang sehingga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pendaki ketika telah sampai dipuncak gunung. Hal tersebut tentu harus diimbangi dengan persiapan yang matang, dari segi peralatan, bahan makanan dan juga kondisi tubuh harus fit 100%.

Konsumen

Kegiatan pecinta alam biasanya penggemarnya dari kalangan anak muda yang rata – rata masih sekolah ditingkat SMA, serta para mahasiswa. Di beberapa SMA dan kampus, kegiatan pecinta alam bahkan menjadi ekstra kurikuler yang diikuti banyak anggota. Bahkan bukan hanya para remaja putra saja, namun para siswi dan mahasiswi juga banyak yang menyukai kegiatan ini.

Info bisnis

Peluang bisnis persewaan peralatan pendaki gunung ini sangatlah bagus, karena usaha ini juga termasuk usaha yang spesifik dimana akan banyak dicari oleh para pecinta alam atau orang yang ingin mendaki gunung. Kebanyakan orang tidak memiliki perlengkapan yang lengkap atau bahkan tidak punya sama sekali, nah untuk itu jasa persewaan alat-alat pendakian gunung ini sangat diperlukan.

Anda harus mempersiapkan barang-barang yang akan anda sewakan. Barang-barang tersebut antara lain: sleeping bag, ransel, tenda, matras dan juga peralatan pendukung lainnya. Dibawah ini ada sedikit tips dalam memilih peralatan yang akan Anda beli.

Tips membeli sleeping bag.

  • Perhatikan kapan dan dimana slepping bag tersebut akan sering digunakan. Belilah sleeping bag yang akan digunakan pada kondisi cuaca yang sering di hadapi.
  • Perhatikan aktivitas yang dilakukan dengan sleeping bag ini. Jika mendaki gunung saat musim hujan, pertimbangkan untuk membawa sleeping bag yang berbahan sintetis. Jika berat yang menjadi masalah, pilihlah sleeping bag yang berbahan down atau bulu angsa.
  • Perhatikan budget Anda. Jika punya uang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli sleeping bag keluaran pabrik yang memang sudah teruji kualitasnya dan pastinya awet.
  • Untuk yang sering kedinginan maka pilihlah yang hangat dan jika untuk yang susah tidur carilah sleeping bag dengan ruang dalamnya yang cukup lega.
  • Periksalah setiap toko alat gunung dan lakukanlah sedikit penelitian. Lihat dan rasakan bahan material lapisan dalam beberapa sleeping bag yang berbeda. Lihat jahitan dan bahan lapisan luarnya.
  • Jangan sungkan-sungkan untuk membuka gulungan sleeping bag jika masih dalam keadaan tergulung dan lihat bagian dalamnya.

Tips membeli ransel

  • Jika memungkinkan, cobalah dulu sebelum membelinya. Anda bisa mencari info dari teman yang sudah pernah membelinya.
  • Kapasitas ransel dirancang sesuai style perjalanan, tinggi tubuh pengguna dan juga lamanya perjalanan. Belilah dengan berbagai ukuran agar si penyewa bisa menyesuaikan sendiri.
  • Cobalah selalu back system ransel yang akan dibeli. Jika Anda tidak mengerti cara mengatur back system yang sesuai dengan tubuh, mintalah petugas toko untuk melakukannya.
  • Cobalah beberapa ransel keluaran pabrik yang berbeda untuk melakukan perbandingan. Belilah ransel yang sesuai dan pas dengan tubuh. Hindari  membeli ransel yang mempunyai kapasitas melebihi ukuran tubuh.

Tips membeli tenda.

  • Apakah tenda tersebut mempunyai ketahanan terhadap air dan stabilitas terhadap kondisi cuaca buruk yang akan dihadapi?
  • Apakah ruangnya cukup bagi pengguna beserta peralatannya?, berdasarkan kapasitasnya (masuklah kedalam tenda dan pastikan ruangnya cukup bagi pengguna dan peralatannya).
  • Apakah mudah untuk didirikan? (jangan hanya mendengarkan omongan penjualnya, suruh mereka mendemonstrasikan cara mendirikannya).
  • Jika dibutuhkan, apakah vestibule (teras depan) cukup lebar? (bayangkan jika vestibule kecil dan basah dengan kompor yang tengah menyala)
  • Apakah pintunya cukup untuk akses dan apakah mempunyai jendela atau ventilasi lainnya?, apakah bisa ditutup rapat?
  • Perhatikan dengan seksama material atau bahan tenda. Perhatikan juga waterproofing dari flysheet-nya.
  • Perhatikan jahitan dan sambungan pada tenda. Apakah jahitannya tidak lepas?, juga apakah pada setiap jahitan sambungan tersebut diberikan lapisan waterproof?.

Kelebihan bisnis

Bisnis persewaan peralatan pendaki gunung, termasuk salah stu bisnis jasa yang kegiatan operasionalnya sangatlah mudah. Yang terpenting hanya perawatan alat saja yang perlu rutin dilakukan. Selain itu biaya operasional bisnis ini juga terbilang tidak banyak, karena tidak tiap bulan membeli peralatan baru. Disamping itu bisnis persewaan alat daki juga belum banyak dijalankan, jadi persaingan bisnisnya belum begitu ketat.

Kekurangan bisnis

Tidak setiap hari ada konsumen yang menyewa peralatan pendakian, biasanya pada musim libur permintaan cukup banyak. Namun pada saat – saat musim ujian, permintaan layanan persewaan juga cenderung menurun. Karena para pendaki biasanya anak SMA maupun mahasiswa.

Belum lagi resiko kerusakan alat dan kecurangan konsumen yang tiadk mengembalikan peralatan yang disewanya. Untuk mencegah hal tersebut, lakukan pengecekan barang sebelum dipinjam dan setelah dipinjam. Jika kerusakan disebabkan oleh konsumen, maka dikenakan biaya denda untuk memperbaiki peralatan tersebut. Sedangkan untuk mencegah kecurangan konsumen yang tidak mengembalikan peralatan yang disewanya, sebaiknya lakukan proses administrasi secara detail dan minatalh konsumen untuk meninggalkan identitas diri sebagai jaminan atas peminjaman alat.

Pemasaran

Strategi pemasaran untuk usaha persewaan peralatan pendaki gunung yang dapat Anda lakukan yaitu, bekerjasama dengan beberapa sekolah maupun kampus yang memiliki kegiatan pecinta alam. Bila perlu jadilah sponsor untuk menyediakan peralatan pendakian, jika mereka sedang mengadakan kegiatan tertentu. Hal ini untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Disamping itu Anda juga bisa membagikan brosur maupun pamflet di lingkungan sekolah dan kampus. Anda juga bisa memasang spanduk besar atau neon box yang bertuliskan nama usaha dan peralatan apa saja yang disewakan, agar para konsumen mengetahui keberadaan bisnis Anda.

Gunakan pula media massa untuk mempromosikan bisnis persewaan peralatan pendakian gunung. Misalnya dengan memasang iklan baris di media cetak, mengiklankan bisnis tersebut melalui radio yang ada di kota Anda, atau bisa juga mengiklankannya melalui media online untuk menjangkau konsumen di berbagai daerah.

Kunci sukses

Dalam menjalankan bisnis ini, yang terpenting adalah kelengkapan alat yang disewakan. Konsumen akan merasa puas jika alat yang mereka inginkan, tersedia di toko persewaan Anda. Selain itu jaga kualitas peralatan yang disewakan, jangan mengecewakan konsumen dengan menyewakan peralatan yang rusak. Karena akan menimbulkan image buruk bagi bisnis Anda.

Berikan harga yang terjangkau bagi kantong para pelajar dan mahasiswa. Sehingga mereka tidak ragu lagi untuk menyewa peralatan pendakian yang Anda tawarkan.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Membeli peralatan naik gunung             Rp 10.000.000
Iklan di media massa dan internet         Rp  1.500.000
Kartu nama                                Rp    100.000+
Total                                     Rp 11.600.000

Biaya Operasional
Membeli perlengkapan baru                 Rp 1.500.000
Perawatan                                 Rp   150.000
Pulsa                                     Rp   250.000+
Total                                     Rp 1.900.000

Omzet per bulan Rp   4.000.000

Laba per bulan Rp   2.100.000

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan ) =  sekitar 5,5 bulan

Berikut tips mendaki gunung:

Pilih Barang yang Dapat Berfungsi Ganda

Contoh : Nesting (tempat memasak untuk tentara), bisa digunakan untuk memasak juga untuk tempat makan maupun menyimpan alat-alat mendaki. Alumunium foil, bisa untuk pengganti piring, bisa untuk membungkus sisa nasi untuk dimakan nanti, dan yang penting bisa dilipat hingga tidak memakan tempat di ransel.

Matras

Sebisa mungkin matras disimpan di dalam ransel jika akan pergi ke lokasi yang hutannya lebat, atau jika akan membuka jalur pendakian baru, agar tidak mengganggu perjalanan.

Kantung Plastik

Selalu siapkan kantung plastik/ trash bag di dalam ransel anda. Gunakan selalu kantung plastik untuk mengorganisir barang-barang di dalam ransel anda (dapat dikelompokkan masing-masing pakaian, makanan dan item lainnya), ini untuk mempermudah jika sewaktu-waktu anda ingin memilih pakaian, makanan dsb.

Menyimpan Pakaian

Jika anda meragukan ransel yang anda gunakan kedap air atau tidak, selalu bungkus pakaian anda di dalam kantung plastik, gunanya agar pakaian tidak basah dan lembab. Pisahkan pakian bersih dan kotor.

Menyimpan Makanan

Sebaiknya makanan dikelompokkan sesuai ketahanan/ awetnya makanan disimpan. Untuk makanan yang tidak terlalu tahan lama, sebaiknya dibungkus dengan rapat atau di tempatkan memakai perlakuan khusus. Pilihlah makanan yang bervariasi tetapi mudah dan cepat dalam penyajian.

Menyimpan Korek Api Batangan

Simpan korek api batangan anda di dalam bekas tempat film (photo), agar korek api anda selalu kering.

Packing Barang / Menyusun Barang Di Ransel

Selalu simpan barang yang paling berat di posisi atas, gunanya agar pada saat ransel digunakan, beban terberat berada di pundak anda dan bukan di pinggang anda hingga memudahkan kaki melangkah saat pendakian gunung maupun saat turun nantinya.

Obat- obatan

Ada kalanya penting juga untuk membawa obat-obatan P3K, atau obat-obat pribadi dalam kantung atau tempat yang mudah terjangkau, karena jika kita mengalami keadaan yang darurat obat itu mudah untuk ditemukan semua orang.

Minuman beralkohol

Sebaiknya tidak dibawa. Sering kali orang ditempat dingin membutuhkan minuman yang hangat, akan tetapi minuman beralkohol bukan pilihan yang tepat disana. Oleh karena minuman tersebut dapat memicu pecahnya kapiler darah karena terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

Manajemen Pendakian

Ada baiknya sebelum memulai pendakian, Anda mencari informasi jalur dan angkutan serta info-info penting lainnya pada para pendaki yang pernah berkunjung kesana, karena hal itu akan sangat berguna untuk persiapan pendakian berkaitan dengan buget (dana), alat dan perlengkapan yang akan dibawa, transportasi apa yang memungkinkan dan paling cepat, berapa lama anda akan menginap, serta makanan apa saja yang akan anda siapkan, berapa banyak air yang harus dibawa, dll. Hal itu sangat penting mengingat kita akan jauh dari fasilitas yang bisa kita dapatkan di perkotaan, sehingga jika terjadi hal-hal yang di luar kendali kita, paling tidak kita ada persiapan sebelumnya.

Cahaya / Lampu

Benda ini sifatnya sangat vital, tetapi kadang kurang diperhatikan. Ada baiknya kita membawa cadangan sumber cahaya di gunung. Bisa memakai senter ataupun penerangan konvensional semacam lilin ataupun lampu minyak.

Jas Hujan

Perlengkapan satu ini mutlak dibawa walaupun tidak musim hujan, karena perlengkapan ini mempunyai banyak fungsi di gunung. Selain dipakai saat hujan tiba, jas hujan dapat juga digunakan sebagai tenda darurat (bivak), alas tidur darurat, atap darurat, selimut darurat, juga bisa dipakai sebagai unsur penting tandu darurat. Jadi jangan sepelekan perlengkapan yang satu ini.

Diolah dari berbagai sumber.

Sumber gambar: http://www.maxlifestyle.net/images/presentations/partner8113/climb-sunri-pic48141.jpg

8 Komentar

  1. Saya tertarik sekali usaha ini karena jarang ada yang melakukannya, cuma saya perlu ada bimbingan untuk usaha ini, mohon sms ke hp saya 08567851127 no. yang bisa saya hubumgi

  2. SALAM SUKSES……….

    Terimakasi atas pertanyaan yang menarik dan membangun ini.

    Jika modal Anda masih minim, maka dalam pengadaan barang dipilih yang penting dan paling banyak digunakan oleh pendaki.
    Barang-barang tersebut adalah: Tas Ransel, Tenda kecil(dom), Sleeping bag dan jas hujan khusus pendaki.

    Untuk aturan sewa ada baiknya Anda lakukan perbandingan dengan coba menyewa peralatan tersebut di persewaan yang sudah ada. Nah dari situ Anda bisa lakukan duplikat aturan dan tentunya Anda bisa menambah aturan-aturan jia dirasa perlu.

    Untuk pembelian material bisa ditoko-toko adventur di kota dekat Anda.
    .-= admin´s last blog ..Kriiukk…Kriiukk…Keripik Singkong Rasa Gadung =-.

  3. Saya tertalik dengan ulasan Bapak, mohon petunjuk lanjutannya tentang dari mana membeli material + perlengkapan yg murah namun berkwalitas serta material + perlengkapan apa saja yg bener benar dibutuhkan sebagai modal awal , lokasi saya kebetulan di Jakarta Timur dan dekat dengan sekolah sekolah negeri dan swasta ?
    Terima kasih sebelumnya, Handoyo 0815-85112222

  4. sewa mnyewa gini, apa gak takut dicuri ? ada jaminan kah ? kan tu alat mahal2…

  5. HP. 081375905127

    saya sangat tertarik dengan bisnis anda. tapi saya hanya punya modal sebesar 65% saja. Saya, bingung bagaimana untuk membeli yang lengkap. dan apa saja, alat itu?

    Tolong kirim jawabanNya ke e-mail saya :)

  6. saya tertarik dengan bisnis ini.Tapi saya cuma modal terbatas.Menurut anda peralatan apa saja yang umum yang harus saya beli.Bila terjadi kerusakan bagaimana dendanya.

  7. Saya tertarik dengan bisnis ini. Bisa tolong di jelaskan lebih detail lagi cara mengelolanya.. misalkan syarat apa yg harus dipenuhi oleh si penyewa, kalo ada kehilangan atau kerusakan oleh si penyewa.. dendanya seperti apa, harga sewa berapa? Terima kasih.
    HP 085659404949

  8. Saya tertarik dengan bisnis ini. Bagaimana cara mendapatkan modal bisnis, saya harap Bapak dapat berbagi pengalaman. Terima kasih.
    CP. 08179296438.

Comments are closed.