Seiring dengan berkembangnya teknologi alat komunikasi, kini  telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebutan handphone menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Tidak hanya sebagai kebutuhan pokok komunikasi saja, namun kini perkembangan handphone menjadi salah satu trend mode yang terus diikuti oleh para konsumen. Mereka tidak lagi menjadikan handphone sebagai barang mewah, karena mereka dapat dengan mudah membeli handphone dengan harga yang disesuaikan isi dompet mereka. Bahkan tak heran lagi, jika kini satu orang memiliki dua sampai tiga handphone sekaligus dengan sim card yang berbeda pula.

Video Praktisi

Melihat Peluang Bisnis di Sekitar Kita Lumica Jogja

Merebaknya pengguna handphone juga mengiringi berkembangnya peluang usaha berbagai macam bisnis handphone yang menguntungkan. Dari mulai bisnis penjualan handphone tunai ataupun kredit, penjualan voucher pulsa, penjualan sparepart handphone, penjualan aksesoris handphone, servis handphone hingga penjualan dompet handphone pun dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan peluang usaha dengan prospek yang menjanjikan.

Peluang pasar yang begitu lebar menjadikan bisnis ini diminati oleh banyak pencari usaha, baik yang memiliki modal besar ataupun yang hanya memiliki modal kecil. Berikut kami berikan contoh bisnis handphone yang dapat dijalankan.

Beberapa ide menarik untuk berbisnis handphone diantaranya:

  1. Voucher pulsa

Bagi Anda yang memiliki modal tidak begitu besar, Anda dapat mencoba peluang usaha penjualan voucher. Laba dari voucher memang sedikit, namun volume penjualan voucher yang sangat tinggi membuat usaha ini menghasilkan untung yang cukup lumayan. Hal itu disebabkan karena voucher pulsa ibarat nasi yang dibutuhkan manusia untuk makan tiap hari, seperti itu pula alat komunikasi handphone mambutuhkan pulsa untuk berkomunikasi setiap hari.

2.  Penjualan handphone

Berkembangnya model handphone dengan fitur terbaru, selalu ditunggu oleh masyarakat. Minat pasar yang begitu besar memberikan peluang besar untuk membuka usaha ini, bisnis ini juga bisa bervariasi. Bisa menggunakan sistem pembelian secara tunai, ataupun pembelian dengan cara credit, selain itu bisa juga menjual handphone second. Sehingga dapat memperluas pasar yang ada, tidak terpaku pada konsumen dari kalangan atas saja.

3.  Penjualan sparepart handphone

Selain peluang usaha diatas,  penjualan sparepart handphone juga menjadi salah satu usaha yang dibutuhkan oleh para konsumen. Hal ini dikarenakan tidak semua handphone memiliki kualitas sparepart yang bertahan lama dalam waktu penggunaannya. Sparepart handphone yang asli  sesuai dengan merk handphone  yang ada di service center biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal, jadi para konsumen memilih membelinya diluar service center handphone mereka dengan pertimbangan harga yang lebih murah.

4.  Penjualan aksesoris handphone

Aksesoris handphone yang bervariasi pun juga dapat dijadikan sebagai salah satu peluang usaha. Misalnya saja menyediakan casing yang beraneka macam, gantungan handphone yang unik, stiker handphone yang menarik, hingga dompet – dompet handphone yang lucu juga banyak dicari konsumen.

5.  Servis handphone

Seringnya terjadi kerusakan handphone juga dapat dijadikan sebagai celah dalam membuka usaha. Walaupun setiap merk handphone telah menyediakan layanan servise center, namun banyak konsumen yang masih membutuhkan jasa servis handphone diluar layanan yang ada dengan harga yang lebih murah. Sehingga tidak menutup kemungkinan, peluang usaha jasa servis handphone dibutuhkan oleh para pengguna alat komunikasi tersebut.

sumber gambar : Tim Bisnis UKM