laundry sistem bijianAnda ingin membuka bisnis yang cukup menjanjikan ini? Dengan bermodalkan Rp 10 – 50 juta dan lahan minimal 4×4 meter, anda sudah dapat memulainya. Bisnis binatu merupakan bisnis yang tak akan mati, karena setiap hari manusia memakai pakaian dan membutuhkan untuk dicuci. Sebuah aktivitas yang kecil namun membawa pengaruh besar.

Sebagai gambaran akan peluang bisnis ini, Jakarta memiliki populasi penduduk kurang lebih 8 juta orang dengan rata-rata 2 juta kepala keluarga, saat ini diprediksi baru tergarap cucian sekitar 5.000 kepala keluarga.

tto

Bila masing-masing keluarga itu rata-rata punya empat orang anggota keluarga dengan cucian 1,5 kilogram per hari, maka dalam satu hari 7,5 ton pakaian warga Jakarta yang dicuci menggunakan jasa laundry kiloan, nilai nominalnya setara dengan Rp3 miliar per bulan.

Itu baru dari segmen keluarga. Belum untuk segmen hotel dan restoran. Biasanya, hotel meski mempunyai jasa binatu sendiri, namun kebanyakan justru menggunakan jasa binatu luar untuk seprei, sarung bantal, atau taplak meja.

Untuk 2,3 juta kamar di Jakarta dan rata-rata 40% urusan cuci ini diboyong untuk dicucikan di luar hotel, maka jasa binatu bisa memperoleh Rp4,6 miliar per hari dari cucian hotel itu. Secara umum, hal ini juga berlaku di kota-kota lain.