Jika kita bernostalgia kembali ke masa kanak-kanak, hampir semua kaum hawa pasti lekat dengan permainan boneka-bonekaan.  Boneka memang menjadi teman bermain yang paling mengasikkan bagi anak perempuan. Biasanya seorang anak akan membuat jalan cerita saat bermain bersama boneka. Pagi-pagi mandi, lalu makan, berangkat ke sekolah, sampai tidur.  Ini artinya dengan bermain boneka, seorang anak bisa melatih imajinasinya dalam merangkai sebuah cerita sehingga dapat mendukung proses tumbuh kembang dan daya nalar si kecil.

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula, Owners Gudeg Kaleng Mbak Yayah

Ada beberapa macam boneka mulai dari plastik sampai boneka dari kain atau karet dan yang populer sekarang ini adalah boneka Barbie. Wajahnya cantik bak seorang putri raja, model bajunya modis dan  lucu, aksesorisnyapun banyak, ada alat make up, alat memasak dan lain-lain. Barbie, yang diproduksi oleh Mattel Inc., sejak kehadirannya pada Maret 1959 memang selalu berinovasi untuk meluncurkan koleksi baru yang menarik termasuk meluncurkan boneka Morrocan Barbie dan boneka bernama Leila, yang ditujukan untuk merepresentasikan wanita muslim. Sebuah pabrik di Michigan juga mengeluarkan boneka bernama Razanne, yang dikhususkan untuk muslimah di Amerika Serikat dan Inggris, ada juga boneka Sara di Iran dan Fulla di Arab.

Jangan salah Indonesia juga punya loh!!! Ada beberapa yang memproduksi boneka santun berbusana muslimah khas Indonesia seperti Arossa dan Salma. Seperti halnya barbie, boneka berbusana muslim ini juga tidak kalah modisnya. Begitu cantik dengan padanan motif yang unik dengan detil yang begitu diperhatikan ditambah balutan jilbab dengan busana menambah kesan cantik dan anggun. Bahan yang digunakan untuk membuat baju bermacam-macam misalnya  kain satin, katun, batik, bahan sifon, songket, sari, dan piskin. Dalam memilih bahan perlu diperhatikan keawetan dan ketahanannya.

Membuat boneka dengan menonjolkan nuansa keislaman, bisa jadi menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Beberapa pelaku industry ini bahkan telah berhasil menjual produknya hingga menembus pasar Internasional seperti Malaysia, Sinagpura, Brunei, Jerman, Inggris, Bangladesh, dan Amerika. Omzetnya mencapai belasan juta rupiah perbulan. Pesanan boneka ini biasanya meningkat tajam saat menjelang puasa, lebaran dan hari libur.

Peluang usaha boneka santun khas Indonesia ini, selain memberikan pilihan mainan baru bagi anak-anak, boneka muslim ini juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan busana muslim sejak masa kanak-kanak dan mengajarkan nilai-nilai keislaman sedari awal. Selain berfungsi sebagai mainan, boneka islami ini juga bisa digunakan  sebagai penghias ruangan, koleksi, bahkan sebagai gift atau souvenir.

Ingin mencoba bisnis ini? Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi referensi  bagi anda:

  • Boneka yang digunakan biasanya berwajah bule bisa diganti  dengan wajah orang asia atau negara-negara islam agar nuansa islaminya lebih kental.
  • Kebanyakan boneka yang digunakan berwujud wanita, ciptakan juga kreasi  boneka pria berbusana muslim, boneka pengantin muslim, sepasang boneka berpakaian adat ala muslim dan lain-lain.
  • Lengkapi boneka dengan berbagai aksesoris perlengkapan ibadah (sajadah, tasbih, mukena, masjid dan lain-lain).

sumber gambar : http://officesoft.files.wordpress.com/2008/04/boneka-muslim.jpg dan http://uploads.iklanmax.com/89222/boneka-muslimah-salma.jpg