Tempat wisata di Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata menarik yang sering menjadi tempat tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Beragam budaya dan sejarah yang dimiliki kota Yogyakarta, dapat dilihat dalam berbagai tempat-tempat wisata menarik di Jogja. Keanekaragaman yang tentunya tidak selalu dapat dijumpai keunikannya di kota-kota lain. Untuk dapat mencapai tempat-tempat wisata itu, tentunya kita sangat membutuhkan alat transportasi untuk dapat sampai ke tempat wisata yang kita inginkan.Salah satu transportasi yang terdapat di kota Jogja adalah becak. Meski dengan trayek yang dibatasi, masih banyak orang yang mengandalkan becak sebagai alat trasnportasi, ibu-ibu yang ingin berbelanja ke pasar, bahkan para wisatawan lokal maupun mancanegara lebih suka menggunakan becak untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata. Selain tarif yang lebih murah, dan pelayanan tukang becak yang ramah. Wisatawan mancanegara banyak yang tertarik dengan becak karna khas dengan sepasang slebor, bamper, dan kayu jatinya terlihat unik.
Tidak sedikit becak yang beroperasi musiman, hampir seluruh becak di Yogyakarta beroperasi secara musiman, kebanyakan beroperasi di kawasan tertentu seperti kawasan Malioboro, Tamansari, Kraton dll. Becak musiman ini beredar pada saat kedatangan wisatawan domestik ke Yogyakarta pada saat liburan sekolah pada bulan Juni dan Agustus. Kondisi seperti inilah, yang dapat Anda jadikan peluang usaha dengan menjadi juragan becak. Potensi bisnis becak di tempat wisata Yogyakarta ini, sangat cocok bagi Anda yang tengah berada pada masa pensiunan. Karena  pekerjaannya cukup santai dan dapat dikontrol dari rumah saja.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Konveksi Mbojo Souvenir

Untuk memulai bisnis menjadi juragan becak ini, yang perlu Anda persiapkan adalah mensurvei wilayah yang akan Anda pilih menjadi trayek, membeli beberapa unit becak, dan mempekerjakan orang untuk mengemudikan becak Anda. Semakin maraknya keberadaan ojek, akan menjadi hambatan yang akan Anda temui dalam menjalankan bisnis ini. Walaupun demikian disetiap kawasan telah ada pembagian trayek tersendiri antara becak dengan ojek. Minat masyarakat dan adanya peraturan yang membatasi ruang lingkup becak, merupakan kendala dalam bisnis jasa Anda ini.

Strategi Bisnis

  • Rawatlah becak secara berkala, tambahkan aksesoris atau cat warna becak Anda dengan warna yang sedikit mencolok, agar menarik.
  • Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, perluas pengetahuan pekerja becak Anda tentang sejarah tempat-tempat wisata. Karena dapat sekaligus menjadi guide/ pemandu.
  • Perbanyak jumlah becak agar keuntungan semakin berlipat. Dari keuntungan bersih yang Anda peroleh setiap bulan, sisihkanlah sebagian untuk ditabung dan dibelikan becak baru.

sumber gambar : http://sikastiara.files.wordpress.com/2009/07/000030.jpg