5 Ide Bisnis Kuliner Mahasiswa, Mau Coba yang Mana?

Bisnis kuliner mahasiswa bukan hal yang tidak mungkin untuk dicoba. Sebab peluang bisnis kuliner sampai kapan aja masih terbuka lebar untuk semua orang. Termasuk buat kamu para mahasiswa yang ingin memulai bisnis kuliner menjanjikan.

Tapi sebelum kamu memulai bisnis kuliner mahasiswa, kamu perlu menentukan terlebih dulu ide usaha kuliner apa yang akan kamu coba. Selain itu menentukan kemasan makanan yang tepat juga penting. Sebab kuliner kekinian pasti identi sama kemasan kekinian dengan desain dan tampilan yang menarik. Kamu bisa mencari tahu seputar kemasan makanan pada laman diKemas.com Sebelum nentuin kemasan mana yang cocok, tetuin dulu yuk ide bisnis kuliner mahasiswa kekinian mana yang mau kamu coba!

1. Bisnis Kuliner Mahasiswa Sate Taichan

Kalau ngomogin peluang usaha sate taichan udah pasti masih terbuka lebar. Olahan resep sate taichan ini dibuat tanpa menggunakan bumbu kacang atau pun kecap. Berbeda dengan sate pada umumnya tampil menggoda dengan warna cokelat matangnya, resep sate taichan justru tampil pucat. Sate taichan pada dasarnya merupakan makanan kekinian yang hadir sebagai cara baru untuk mengolah daging ayam. Mulanya resep sate taichan muncul di tahun 2017 sebagai bisnis kuliner mahasiswa kekinian yang dijalankan oleh pebisnis muda Rachel Venya. Rasa yang ditawarkan bukan gurih manis layaknya sate pada umumnya, sate taichan menawarkan rasa asin dan pedas yang banyak digemari  kalangan anak muda. Berikut resep sate taichan yang bisa kamu kembangkan.

Bahan Sate Taichan

– 250 gram daging ayam mulus

– Jeruk nipis 2 sdm

– 1 siung bawang putih

– Lada bubuk 1 sdt

– Garam secukupnya

– Tusuk sate secukupnya

Bahan Sambal

– 10 buah cabai rawit

– 5 buah cabai merah keriting

– Bawang merah 5 siung

– Kaldu jamur bubuk

– Gula pasir secukupnya

– Garam secukupnya

– Lada bubuk secukupnya

Bisnis Sampingan Pakai Resep Sate Taichan Kekinian
sabigaju.com

Cara Membuat Sate Taichan

1. Daging ayam dicuci sampai bersih kemudian potong dadu.

2. Tambahkan perasan jeruk nipis, bawang putih halus, lada, dan garam. Campurkan sampai meresap ke seluruh bagian daging.

3. Diamkan selama 60 menit supaya lebih meresap.

4. Sambil menunggu bumbu meresap, buatlah sambal. Rebus semua bahan sambal sampai empuk. Angkat dan tiriskan lalu tumbuk tidak terlalu halus. Tumis sebentar dengan sedikit minyak goreng. Tambahkan gula pasir, garam, kaldu, dan lada bubuk sampai rasanya pas sesuai selera.

5. Setelah didiamkan dan meresap, susun daging ke tusuk sate, 4 potongan 1 tusuk.

6. Bakar sate hingga daging ayam matang, selama pembakaran lumuri daging dengan sedikit minyak goreng. Bakar hingga matang.

7. Sajikan sate taichan dengan sambal dan perasan jeruk. Sate taichan siap dinikmati.

2. Bisnis Kuliner Mahasiswa Mie Kekinian

Peluang bisnis kuliner mahasiswa mie kekinian menjadi salah satu yang bisa mendatangkan keuntugan besar. Olahan mie merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Dari anak kecil, remaja, hingga orang tua adalah penikmat makanan dari tepung terigu ini. Selain mengenyangkan layaknya nasi, mie juga nikmat kalau dipadukan dengan berbagai pelengkap. Mulai daging, sayuran, telur, bakso, pangsit, dan juga kerupuk. Pamor mie makin meningkat saat tren makanan bercita rasa pedas menjangkiti pasar kuliner tanah air sejak beberapa tahun lalu. Jadi tidak heran kalau makanan mie kekinian berlabel pedas dengan beragam variasi di dalamnya membuat orang penasaran dan ingin mencicipinya. Mulai dari mie setan, mie sambal matah, mie ayam geprek, mie mozarela, sampai mie pelangi. Berikut ini resep mie mozarella kekinian yang bisa kamu coba.

Bahan Mie Mozarella

– 1 bungkus mie instan

– ½ kaleng kornet sapi

– ¼ keju mozarella

prasmanan.com

Cara Membuat Mie Mozarella

1. Rebus mie instan seperti biasa

2. Goreng kornet sampai matang tapi jangan terlalu kering

3. Aduk mie yang telah matang dengan bumbu kemudian tambahkan kornet di atasnya

4. Taburi mie dengan parutan keju mozarella

5. Masukkan mie ke dalam pan, beri sedikit air, tutup pan hingga keju meleleh. Gunakan api kecil supaya tidak gosong.

7. Mie goreng mozarella siap disajikan.

3. Ide Bisnis Kuliner Mahasiswa Seblak

Makanan pedas asal Bandung ini sudah lama menjadi favorit anak muda. Bahkan sampai saat ini rasa khas dari seblak masih menggiurkan untuk dimakan dengan toping dan pilihan level pedas yang makin beragam. Dari tahun ke tahun seblak tidak pernah sepi pembeli. Dari kalangan pelajar mahasiswa hingga pekerja merupakan bagian dari pecinta seblak. Bahkan beberapa produk mie instan telah menjadikan seblak sebagai varian rasa baru untuk produk mereka. Hal tersebut menandakan bahwa seblak itu ide bisnis camilan pedas yang bisa datangkan banyak keuntungan. Berikut resep seblak yang bisa kamu kembangkan.

Bahan Seblak

– Kerupuk kanji mentah 50 gram

– Telur ayam 1 butir

– Daun bawang 1 batang

– Seledri 1 batang

– Garam 1 sendok teh

– Penyedap rasa ½ sendok teh

– Kecap manis 1 sendok makan

– Cabe rawit 3 buah

– – Bawang merah 2 siung, bawang putih 1 siung

Kencur 2 ruas jari

Ide Bisnis Kuliner Mahasiswa Seblak
doyanresep.com

Cara Membuat Seblak

1. Rendam kerupuk pada air panas sampai mengembang kemudian tiriskan dan tambahkan sedikit minyak goreng agar tidak saling menempel dan lengket.

2. Tumbuk cabe, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga halus. Tumis bumbu yang telah halus hingga aromanya tercium wangi. Tambahkan irisan daun bawang dan seledri, aduk sampai rata

3. Masukkan kerupuk dan aduk rata. Tambahkan telur yang telah dikocok, aduk menjadi telur orak-arik. Beri sedikit air, tambahkan garam dan penyedap rasa hingga rasanya pas.

4. Aduk sampai air berkurang kemudian tambahkan kecap manis dan aduk hingga air habis.

5. Seblak siap dihidangkan.

4. Bisnis Kuliner Roti Bakar

Roti bakar juga menjadi salah satu kuliner pilihan untuk menjadi bingkisan sederhana ketika berkunjung ke tempat saudara, keluarga, teman, atau rekan kerja. Hal tersebut banyak terjadi mungkin karena memang kebanyakan orang doyan dengan sajian roti bakar, hanya saja selai atau topingnya saja yang setiap orang punya seleranya masing-masing. Tapi kebanyakan orang pasti doyan dengan sajian mengenyangan roti bakar ini. Hal inilah yang menjadikan peluang bisnis kuliner mahasiswa roti bakar masih terbuka lebar dan menjanjikan. Berikut resep roti bakar yang bisa kamu kembangkan.

Bahan Roti Bakar

– Margarin 3 sdm

– Roti tawar 3 lembar

– Meses cokelat 3 sdm

– Susu kental manis 1 sachet

– Keju parut

Memulai Bisnis Roti Bakar
cloudfront.net

Cara Membuat Roti Bakar

1. Siapkan wajan atau alat pemanggang, nyalakan api.

2. Lelehkan margarin dengan api sedang.

3. Masukkan roti ke dalam wajan atau pemanggang.

4. Panggang roti hingga permukaannya mulai berwarna kecokelatan. Balik roti hingga kedua permukaannya berwarna cokelat.

5. Angkat roti dan sajikan di atas piring.

6. Tambahkan taburan meses, lipat roti. Kemudian tambahkan susu kental manis dan keju parut di atasnya. Roti bakar siap disantap.

5. Bisnis Kuliner Tahu Krispi Pedas

Tahu saat ini bukan sekadar bahan makanan yang diolah menjadi masakan utama saja. Seperti dijadikan untuk lauk pauk atau pun sebagai tambahan bahan makanan untuk sop dan jenis sayur lainnya. Sekarang makin beragam jenis olahan tahu yang dibuat. Salah satunya asalah tahu krispi pedas. Sensasi gurih dan kriuk dari tahu yang digoreng dengan tepung sampai kering digemari oleh banyak kalangan terutama anak muda. Jadi peluang bisnis kuliner mahasiswa tahu krispi pedas masih terbuka lebar. Berikut resep tahu krispi yang bisa kamu coba.

Bahan Tahu Krispi Pedas

– 5 buah tahu putih

– telur 1 butir

– 150 gram tepung bumbu instan

– 30 gram tepung beras

– 2 sdm bubuk cabai

– 3 siung bawang putih

– Garam secukupnya

Bisnis Kuliner Tahu Krispi Pedas
manhaj.home.blog

Cara Membuat Tahu Krispi Pedas

1. Potong dadu tahu putih.

2. Tumbuk bawang putih, taburi dengan garam dan beri sedikit air. Tambahkan bumbu pada potongan tahu

3. Campurkan tepung beras, tepung bumbu, bubuk cabai dan aduk hingga rata. Lumuri tahu dengan telur agar menempel dengan tepung.

4. Goreng tahu dengan minyak panas sampai berwarna kecoklatan dan tiriskan.

5. Tahu krispi pedas siap disajikan.

Itulah lima ide bisnis kuliner mahasiwa yang bisa kamu coba. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu dalam memulai usaha kuliner sampingan. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kuliner mahasiswa kamu semakin #NaikKelas ya! Ikuti terus tulisan tentang usaha kuliner mahasiswa lainnya hanya di BisnisUKM.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai usaha kuliner!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba