6 Faktor Utama Dalam Sukses Berbisnis Kuliner, Patut Dicoba!

6 faktor utama dalam sukses berbisnis kuliner patut dicoba
anekatempatwisata.com

Memulai bisnis di bidang kuliner memang mudah, tapi yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar bisa sukses berbisnis kuliner. Karena itulah, para pemula atau calon pengusaha sukses di bidang kuliner dituntut untuk lebih jeli memanfaatkan peluang yang ada dan berani berinovasi menghasilkan karya yang berbeda. Hal ini penting karena setiap harinya tingkat persaingan bisnis di bidang tersebut menunjukan peningkatan yang semakin pesat. Jadi, bila Anda tidak menciptakan sesuatu yang hebat, bisa dipastikan bisnis Anda yang akan terancam tamat.

Nah, untuk membantu para pemula maupun calon pengusaha sukses di bisnis kuliner, berikut ini kami informasikan 5 faktor utama dalam menjalankan bisnis kuliner :

Kualitas Produk Kuliner

Pertama, produk makanan yang berkualitas menjadi modal utama bagi Anda untuk memenangkan persaingan bisnis. Pada umumnya kualitas makanan terbagi menjadi dua kelas, yaitu real quality dan perceive quality. Untuk real quality biasanya  lebih mengutamakan cita rasa makanan yang disajikan dan bahan baku yang digunakan. Sedangkan untuk perceive quality, para produsen tidak hanya memperhatikan cita rasa makanan yang dihasilkan tetapi juga memperhitungkan faktor kesehatan bagi para konsumennya.

Tentukan Lokasi Strategis

Kedua, lokasi usaha menjadi faktor pendukung kesuksesan bisnis Anda. Tak bisa dipungkiri bahwa lokasi usaha yang strategis mempermudah para pengusaha untuk menjaring banyak konsumen. Meskipun begitu, Anda tidak perlu ngoyo (terlalu memaksakan diri) untuk mencari tempat usaha yang dekat dengan jalan raya atau di sebuah mall besar. Sebab, yang dimaksud strategis tidak selamanya harus dekat dengan pusat keramaian. Yang terpenting adalah cari tempat yang memiliki kesesuaian antara makanan yang Anda tawarkan dengan target pasar yang Anda bidik. Misalnya Anda menawarkan burger mini, maka lokasi usaha yang cukup strategis adalah di sekitar sekolah ataupun kampus.

Bentuk Persepsi Konsumen

Ketiga, berusaha membentuk persepsi konsumen. Membentuk persepsi konsumen menjadi salah satu strategi bagi Anda untuk mengenalkan bisnis makanan yang sedang dijalankan. Strategi ini juga membantu Anda untuk menanamkan citra merek atau ciri khas tertentu di hati para konsumen. Jadi, sebisa mungkin berikan pelayanan terbaik bagi para konsumen, ciptakan inovasi baru dalam mengemas produk makanan, serta sajikan menu baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Perkuat Promosi Agar Sukses Berbisnis Kuliner

Keempat, jangan ragu untuk mempromosikan bisnis makanan yang Anda jalankan. Faktor keempat ini sering diabaikan para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, sehingga tidak heran bila banyak bisnis restoran atau rumah makan yang akhirnya bangkrut dan tutup karena gagal dalam hal pemasaran. Karenanya, mulailah aktif mempromosikan bisnis Anda ke area publik, seperti melalui media online, pemasaran produk dengan brosur, memasang spanduk dan neonbox di depan lokasi usaha, atau mempromosikan bisnis Anda melalui billboard yang terpasang di sepanjang jalan raya.

Simak yuk cara-cara promosi di bawah ini!

Gunakan Media Sosial

Kamu sudah tahu soal fitur akun bisnis? Kalau belum, saatnya beralih menggunakan akun ini, mulai dari WA, Instagram, hingga Facebook. Beberapa manfaat yang bakalan kamu dapatkan adalah:

  1. Promosi jadi lebih mudah ketika menjalin kerja sama dengan platform. Jadi dengan akun bisnis kamu bisa mengiklankan produk kulinermu.
  2. Gampang cek fitur insight atau wawasan. Dengan fitur ini kamu dapat melihat jumlah pengikut, kiriman, jumlah tayangan, jumlah klik situs, total klik surel dan telepon, impresi profil, hingga jangkauan profil bisnis kulinermu.
  3. Bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas karena akan semakin banyak pelanggan yang percaya. Akun bisnis memerlihatkan usaha kulinermu jadi lebih profesional.

Berikan Diskon hingga Gratis Ongkos Kirim

Banyak orang yang berburu diskon kuliner lho! Kenapa tidka manfaatkan celah itu untuk mengadakan program diskon seminggu untuk menu-menu utamamu. Dari pelanggan yang membeli secara diskon, mintalah testimoni untuk dipajang di akunmu. Kalau kamu ikut dalam layanan transaksi online seperti Ovo, nah kamu bisa menawarkan gratis ongkir jadi pelanggan merasa harga jual makananmu lebih murah.

Daftarkan Usaha Kulinermu dalam Aplikasi Pesan Antar

Ingin supaya bisnis kulinermu bisa dikonsumsi lebih banyak orang? Nah ikuti saja aplikasi pesan antar. Caranya mudah, karena kamu tinggal menyiapkan rekening tabungan dan fotokopi KTP. Lewat aplikasi ini kamu bisa menawarkan vocher dan kupon promo. Dengan begitu, banyak pelanggan yang akan tertarik. Jangan lupa gunakan visualisasi makanan yang bagus ya!

Ingin Sukse Bisnis Kuliner? Terapkan SOP!

Kelima, lengkapilah bisnis Anda dengan standard operational procedur (SOP). Jika bisnis kuliner yang Anda jalankan sudah berkembang besar, maka tidak ada salahnya bila Anda melengkapinya dengan SOP yang baku. Hal ini penting sebelum akhirnya Anda membuka cabang baru atau menawarkan bisnis makanan tersebut sebagai peluang investasi waralaba. Dengan SOP yang jelas, maka bisnis makanan yang dijalankan bisa semakin terarah dan memiliki kualitas pelayanan yang terjaga.

Standar Operational Procedure (SOP) adalah serangkaian tata tertib yang dibuat agar kamu punya sistem usaha yang mampu menghadirkan pelayanan hingga kualitas rasa yang sesuai standar. Beberapa fungsi dari SOP adalah:

Konsistensi

Dalam bisnis kuliner, konsistensi menjadi nilai lebih bagi di mata pelanggan. Dengan SOP kamu bisa mengatur kualitas rasa yang tidak akan berubah-ubah, kualitas pelayanan dengan standar baku, hingga kualitas penyajian. Dengan begitu bisnis kulinermu memperkecil kemungkinan terjadi masalah pada kualitas.

Mengurangi adanya kemungkinan salah

Pemberlakukan SOP menjadi panduan dasar yang juga berguna untuk mengurangi kesalahan karena sudah ada peraturan sendiri. Pun jika ada kemungkinan salah, kamu bisa segera melakukan evaluasi dan segera memperbaiki SOP bisnismu.

Komunikasi

Kamu bingung membagi jobdesk tim bisnis kulinermu? Nah inilah gunanya SOP, jadi setiap pembaruan prosedur dapat langsung dimengerti oleh setiap tim.

Peningkatan Ketrampilan Kerja Agar Sukses Berbisnis Kuliner

Standarisasi berfungsi untuk mengecek sejauh mana pekerjaan karyawan dalam bidang usaha kuliner. Dengan begitu, bisa langsung terlihat target apa yang belum dicapai, apakah karyawan-karyawanmu sudha bekerja sesuai dengan tolak ukurnya.

Perhatikan Kemasan Usaha Kulinermu

Keenam, kalau sudah pakai sistem pesan-antar, kamu juga harus mulai memperhatikan bentuk kemasan. Nah di bawah ini adalah beberapa manfaat kemasan itu sendiri:

  1. Membangun kepercayaan
    Ingin bisnis kulinermu terkesan elegan dan profesional? Nah dengan kemasan, kepercayaan dari konsumen akan meningkat. Tetapi jangan lupa untuk memperhitungkan efektivitas dan efisiensi kemasan ya.
  2. Membentuk Ciri Khas
    Pernah melihat kemasan yang membuatmu terpikirkan pada satu produk kuliner tertentu? Ini yang disebut denga ciri khas. Dalam kemasan, penting untuk memerhatikan unsru-unsur terkait: desain dan penempatan logo, warna kemasan, hinga dekskripsi makanan yang diperlukan.

Setelah membahas 6 faktor sukses berbisnis kuliner ini, semoga pembaca bisa semakin mantab untuk segera memulai usaha. Jangan pernah takut untuk mencoba, lihatlah peluang disekitar Anda dan bergeraklah sekarang juga!!! Salam sukses!

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

6 Komentar

  1. insya ALLOH mudah2an sy bs berbisnis kuliner dan insya ALLOH sy akn praktek kan.amiin.

    Reply
  2. Uraiannya sangat bagus mungkin perlu di tambahkan pula tentang perhatian terhadap motivasi penikmat kuliner yang menjadi target kita karena memang bermacam macam,ada yg karena life style,kesehatan,harga,citarasa atau keyakinan terhadap khasiat makanan tertentu.

    Reply

Leave a Comment