Patut Dijajal Nih Bisnis Makanan Kreatif Otak-Otak Jamur Tiram

Cari ide bisnis makanan kreatif apa yang bisa dijalankan di era modern yang  persaingan pasarnya semakin ketat seperti sekarang ini? Hal yang paling sulit adalah menemukan ide bisnis. Buat kamu yang lagi cari ide bisnis kita bakalan kasih nih peluang bisnis makanan otak-otak jamur tiram. Gimana baru mendengar saja sudah menarik ya? Jamur sudah lama dimanfaatkan menjadi bahan baku membuat makanan pengganti daging. Jamur sendiri sudah banyak ditemui diolahan menjadi sate, burger, nugget dsb. Nah kali ini otak-otak jamur tiram menarik untuk diulas dan dijadikan ide bisnis. 

Jamur merupakan bahan makanan pengganti daging yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang vegetarian. Namun, jamur juga banyak disukai oleh semua kalangan dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Menu makanan olahan jamur yang paling terkenal yaitu jamur crispy. Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya kreatifitas orang untuk mengolah jamur, banyak berbagai macam makanan yang berbahan dasar jamur. Salah satu olahan jamur tersebut adalah Otak-otak jamur tiram. 

This image has an empty alt attribute; its file name is BISNIS-UKM-46-720x432.jpg

Resep Otak-otak Jamur Tiram 

Bahan-bahan : 

  • 200 gram jamur tiram, haluskan
  • 5 buah jamur kuping, rendam dengan air hangat, iris tipis
  • 100 gram daging ayam giling
  • 125 tepung sagu
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • 1 siung bawang putih, haluskan 
  • ½ sdt merica bubuk instan
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 25 ml air es
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Kuah Otak-otak : 

  • 750 ml air
  • ½ sdt garam
  • 1 1/2 sdm asam jawa
  • 225 gram gula merah, disisir
  • ½ sdm ebi sangrai, haluskan
  • 8 buah cabai rawit hijau, ulek halus

Cara Membuat : 

  1. Pertama campurkanlah daging ayam, jamur tiram, irisan jamur kuping dan juga bawang putih yang sudah dihaluskan hingga rata.
  2. Lalu tambahkan irisan daun bawang, merica, gula pasir, dan juga garam. Aduk sampai adonan tercampur rata. Setelah itu tambahkan tepung sagu dan juga air es sedikit demi sedikit sembari di uleni.
  3. Apabila sudah, tuangkan adonan kedalam cetakan yang telah diolesi minyak. Kukus adonan otak-otak jamur di dalam dandang selama kurang lebih 25 menit dan matang, kemudian angkat.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak di dalam wajan. Goreng otak-otak jamur hingga berwarna kuning kecokelatan.
  5. Angkat dan sajikan otak-otak jamur tiram lengkap dengan kuahnya.

Model Bisnis Makanan Kreatif 

Stand Dirumah 

Memulai bisnis kuliner otak-otak jamur tiram ini ada banyak cara dan modelnya. Nah apalagi buat kamu yang masih pemula, modal adalah salah satu yang menjadi kendala. Namun jangan khawatir kamu tetap bisa jualan dengan mengandalkan modal yang ada dengan meminimalisir budget sewa lokasi. Salah satu caranya dengan konsep menggunakan stand dan mengandalkan halaman rumah sebagai lokasinya. 

Jangan khawatir juga jika lokasi rumahmu tidak strategis dekat dengan jalan ramai. Kamu bisa mengakalinya dengan memaksimalkan pemasaran sosial media. Dengan begitu konsumen akan dengan mudah menemukan lokasimu melalui gmaps. Bagaimana masih ragu untuk memulai? kemudahan yang ada sekarang dalam memulai usaha tidak lagi mengalami keterbatasan tempat maupun modal usaha lagi. 

Pesan Antar 

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfatkan layanan pesan antar. Dengan cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah dan cocok bagi para pemula. Memanfaatkan dapur dirumah untuk menghemat biaya sewa tempat. Sehingga kamu hanya perlu berjualan dari rumah tanpa menerima konsumen yang makan ditempat. Kemudian manfaatkan layanan gofood seperti gojek dan grab. 

Dengan mengandalkan layanan tersebut kamu bisa memulai hanya dengan modal dapur dirumah. Sistemnya nanti pembeli akan pesan makananmu melalui aplikasi gofood dan nanti akan diantarkan oleh kurir gojek atau grab. Menarik sekali bukan? nah tunggu apalagi tak usah ragu memulai usaha karena sudah banyak para pelaku usaha sukses yang memulai usahanya dari dapur dan memanfaatkan layanan gofood. Tak sedikit par apelaku usaha yang membagikan ceritanya dengan mengandalkan layanan ini penjualan bisa lebih meningkat 2 x lipat.

Bisnis Makanan Kreatif Otak-otak Jamur 

Kekurangan 

Bisnis makanan tentu memiliki resiko paling besar, karena makanan memiliki masa simpan yang pendek. Jika tidak segera habis atau sisa tentu akan membuang banyak. Baik yang sudah diolah maupun bahan baku itu sendiri. Nah solusinya adalah dengan menyediakan stok sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga kualitas bahan baku agar tetap menggunakan bahan segar. Hindari membuat stok yang sudah matang terlalu banyak, kamu pun bisa menerapkan sistem pre order. 

Kelebihan 

Usaha makanan yang satu ini terbilang cukup unik dan menarik. Tentu dengan kehadiran otak-otak jamur tiram ini jadi terobosan terbaru. Terutama bagi para vegetarian yang mengurangi konsumsi daging. Selain enak dan lezat otak-otak jamur tiram ini juga tak kalah sehat. Menariknya otak otak dari olahan jamur ini mudah sekali dibuat dan harga bahan bakunya pun tentunya lebih murah.

Mudah didapatkan dimanapun sehingga bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja. Tentu dengan beberapa faktor pendukung tersebut menjadikan peluangnya menarik untuk dicoba. Disamping itu modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis otak-otak jamur tiram juga sangat terjangkau. Kamu bisa memulai dari skala kecil dan dengan menggunakan gerobak 

Konsumen 

Makanan yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang terutama kalangan anak-anak. Selain rasanya yang gurih, makanan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai camilan. Maka tak heran jika penggemarnya tidak hanya anak-anak namun juga orang dewasa. Jadi sudah bisa dibayangkan dong berapa banyak orang yang bakalan jadi konsumenmu. Jadi tak perlu khawatir jika makanan ini tak punya penggear, karena makanan vegetarian yang enak banyak disukai. Terlebih jika olahan makanan tersebut tidak hanya enak namun juga unik dan menarik. 

Strategi Pemasaran 

Ada banyak kemudahan yang bisa dilakukan oleh para pemula bisnis untuk memulai bisnis yang satu ini. Kamu bisa memulainya dengan skala kecil dengan menggunakan gerobak ataupun stand. Pemasaran yang bisa kamu gunakan ada beragam mulai dari promosi penjualan dari mulut ke mulut, atau menggunakan brosur. 

Kamu juga bisa menggunakan cara “jemput bola” yaitu para pelaku bisnis menjajakan otak-otak jamur tiram hasil buatannya secara keliling. Kamu pun bisa menaikan penjualan 2x lipat dengan mendaftarkan diaplikasi layanan gofood. Selain itu kamu juga bisa memaksimalkan pemasaran dnegan mengandalkan sosial media. Dijamin jika semua metode pamsarankamu gunakan maka penjualan akan terus meningkat dan pundi-pundi rupiah akan mengalir deras.

Analisa Ekonomi

Asumsi pemakaian alat 
Masa pakai gerobak                                           3 tahun
Masa pakai sepeda                                            5 tahun
Masa pakai peralatan masak ( panci, kompor dan ulekan)       1 tahun
Investasi
Gerobak                                           Rp 1.500.000
Peralatan masak                                   Rp   600.000
Total investasi                                   Rp 2.100.000


Biaya Operasional Bulanan
Biaya tetap :
Penyusutan gerobak jual 1/36 x Rp 1.500.000       Rp      41.500
Penyusutan peralatan masak 1/12 x Rp 600.000      Rp      49.900
Total biaya tetap                                 Rp      91.400 

Biaya tidak tetap :
Belanja bahan Rp 150.000 x 30                     Rp 4.500.000
Pembelian gas 25.000 x 30                         Rp   750.000 
Total biaya tidak tetap                           Rp 5.250.000

Total biaya operasional                           Rp 5.341.000
Penerimaan bulanan
Penjualan otak-otak 
(1 bungkus isi 6 buah otak-otak harganya Rp 5.000) 
Rp 5.000 x 50 bungkus per hari                    Rp   250.000
Rp 250.000 x 30 hari                              Rp 7.500.000 

Keuntungan 
Rp 7.500.000  – Rp 5.341.000    =  Rp 2.159.000

Nah itu tadi adalah bisnis makanan kreatif otak otak jamur tiram yang bisa kamu coba. Semoga berhasil dan selamat mencoba.

Leave a Comment