Bikin Kemasan Beras Yang Trusted Di Mana Yaa?

Kali ini BisnisUKM bakalan bahas mengenai kemasan beras. Nah buat kalian yang bisnis sembako dan lagi cari tempat bikin kemasan beras yang trusted dimana. Kita kasih rekomendasi nih tempat bagus bikin kemasan beras. Nah langsung kita simak aja dulu penjelasan tentang kemasan beras yang disampaikan langsung oleh Silvia Anggraini dari dikemas.com.

Kemasan beras yang pertama akan kita bahas adalah beras organik. Beras organik biasanya dikemas dengan menggunakan plastik vacuum atau vacuum bags. Kenapa harus pakai vacuum bags? Karena pada saat penanamannya sendiri beras ini tidak menggunakan pupuk kimia atau bahan tambahan lain seperti obat kimia dan lain – lain. Sehingga ketika dikemas dengan kemasan lain atau kemasan plastik biasa akan mudah terserang jamur, kutu dan lain – lain. Untuk beras organik ini biasanya dipasarkan dengan ukuran plastik 1 kg, 0,5 kg dan 0,25 kg.

Kemasan Beras Vacuum Bags

Kemasan beras Vacuum bags atau plastik vacuum bisa di pres menggunakan mesin vacuum sealer. Untuk yang kedua yakni kemasan beras non vacuum yang biasa kita temukan dipasar tradisional maupun retail modern. Beras non vacuum biasanya dikemas dengan menggunakan kemasan plastik sablon maupun printing. Untuk plastik sablon bisa menggunakan 1 warna, 2 warna dan maupun 3 warna. Sementara untuk plastik printing bisa lebih kompleks full warna.

Kemasan beras plastik ini ada 2 macam bahan, yang pertama bahan PE dan PP. Perbedaan antara keduanya yakni, untuk bahan PE memiliki ketebalan 8 mikron dan sedangkan PP memiliki ketebalan 10 mikron. Perbedaan yang jelas untuk bahan PP ini bening dan PE agak buram. Untuk PE dan PP sendiri tergantung produsen beras.

Biasanya yang PP dipilih oleh produsen kemasan beras yang ingin menonjolkan atau memperlihatkan wujud dan keunggulan berasnya. Misalnya berasnya putih, besar dan lain sebagainya. Sedangkan untuk plastik PE atau buram biasanya dipilih oleh produsen beras yang mana berasnya dikirim ke luar kota atau jarak jauh. Tujuannya agar apa? nah hal ini untuk mengantisipasi jika ada beras yang patah tidak bisa terlihat langsung oleh pembeli.

Jenis Kemasan Beras

Plastik kemasan beras bisa ditutup dengan menggunakan mesin hand sealer atau contuinuous sealer. Untuk yang ketiga adalah karung beras, untuk karung beras biasanya menggunakan ukuran besar. Dikemas ada 3 ukuran karung beras yakni 5 kg, 10 kg dan 25 kg. Kemasan karung beras ini ada 2 macam yakni, karung bening dan karung warna putih susu.

Ada juga karung laminasi yang depan putih bening dan yang belakang putih susu. Untuk sablon biasanya menyesuaikan jenis berasnya, misalnya beras putih pakai desain sablon warna hijau, kuning, merah. Untuk beras hitam biasanya memakai tinta hijau, kuning atau warna lain yang terlihat jelas. Jaid untuk warna silahkan bisa disesuaikan dengan jenis berasnya.

Untuk selanjutnya yaitu desain pada kemasan beras, biasanya informasi apa saja yang dicantumkan dalam kemasan beras? Informasi yang biasa dicantumkan dalam kemasan beras diantaranya merk, berat bersih, diproduksi oleh, baik digunakan dan jenis beras. Kemudian yang tak boleh dilewatkan adalah logo beras. Sebagai contohnya mari kita simak pembahasan tentang masing – masing kemasan beras berikut ini :

Plastik Kemasan Beras PP (bening)

Beras Manja Kenon

Kemasan beras pertama yang akan kita bahas kali ini adalah untuk merknya sendiri adalah Manja Kenon, berat bersihnya 2 kg dan ada juga logo. Untuk bahan kemasan ini menggunakan PP dan untuk tintanya memilih warna hijau dan orange.

Beras Putih N90

Kemasan beras plastik ini memakai bahan PP bening, untuk tinta memakai warna hijau tua dan kuning. Kemasan beras ini juga mencantumkan dari keunggulan beras. Misalnya tanpa bahan pengawet, tanpa pemutih, baik untuk kesehatan. Dan yang terakhir kemasan ini juga mencantumkan netto yakni 5 kg.

Beras Jagung Agro

Kemasan beras yang satu ini memilih sablon 1 warna dengan desain yang sangat simpel. Tidak lupa pula kemasan beras ini mencantumkan keunggulan produknya, yakni tanpa pengawet dan rendah gula.

Beras Petani

Contoh kemasan beras premium, bahannya menggunakan PP atau bening dan biasanya untuk tinta beras premium menggunakan tinta warna hijau dan gold. Selanjutnya dengan mencantumkan diproduksi oleh.

Plastik Kemasan Beras PE (buram)

Beras Mentik Wangi

Kemasan beras ini menggunakan ukuran 5 kg, dan bahannya buram. Kemasan ini menggunakan logo yang sangat simpel hanya bingkai dan logonya saja.

Beras Sehat Barokah

Kemasan beras ini menggunakan desain gambar padi, dan mencantumkan diproduksi oleh, dan mencantumkan jenis – jenis berasnya. Pada kemasan ini ada pilihan berasnya seperti C4, mentik, ketan, merah dan ada juga kotak untuk checklist. Nah untuk produsen beras yang masih sedikit dan memproduksi beberapa macam beras, namun dengan minimal order yang masih kecil.

Kemasan Beras Karung

Beras Gibor 23

Contohnya ada beras gibor 23, bahanya perpaduan karung plastik dengan laminasi. Jadi contohnya ini warna putih bening. Untuk tinta memakai warna merah, sedangkan untuk penutupnya bisa memakai mesin jahit.

Pakan Ternakku

Selanjutnya kemasan beras dengan bahan dasar putih. Untuk kemasan karung ini tidak hanya digunakan untuk kemasan beras saja. Namun juga bisa digunakan untuk kemasan seperti pakan ternak. Kemasan jenis ini bisa memakai tinta warna apa saja yang masuk dalam warna putih. Untuk kemasan pakan ternak ini memakai tinta warna hijau.

Untuk pemesanan kemasan beras di dikemas.com minimal order 300 pcs. Dan menariknya buat temen – temen yang belum punya desain bisa dibantu buatkan gratis. Sekian pembahasan kita kali ini mengenai macam – macam dan jenis kemasan beras. Jika ada pertanyaan atau ada informasi yang kurang jelas bisa langsung hubungi CS dikemas.com.

Jangan lupa subscribe channel youtube TVBisnis dan nyalakan tombol lonceng video agar tidak ketinggalan video liputan terbaru lainnya. Berikut ini adalah salah satunya, check this out !

2 thoughts on “Bikin Kemasan Beras Yang Trusted Di Mana Yaa?”

  1. assalamu’alaikum wwb
    saya mau tanya harga untuk kemasan 5 kg jenis PE berapa harga dgn 2 warna ( apa bisa dibantu design)
    dan juga untuk karung laminasi kemasan 5 kg berapa harga dgn 2 warna (apa juga dibantu design)

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba