Bisnis Kuliner, Bisnis Online, Inspirasi Bisnis

Sstt… Ini Bisnis Kuliner Online Yang Sebulan Janjikan Untung Jutaan!

sstt-ini-bisnis-kuliner-online-yang-sebulan-janjikan-untung-jutaan

Perkembangan jaman semakin modern. Jika dahulu makan di luar menjadi hal tabu, terutama bagi yang sudah berkeluarga,  saat ini dengan keberhasilan emansipasi wanita mengakibatkan banyak wanita bekerja dan memasak menjadi bulan sebagai tugas utama. Meskipun sempat memasak,  tetapi waktu di dapur tidak banyak sehingga tidak bisa menyajikan aneka makanan di rumah. Suasana ini menjadikan ide bisnis kuliner mulai dikembangkan. Banyak penyedia jasa layanan kuliner bermunculan, mulai dari masakan rumahan hingga masakan yang sekedar untuk camilan. Bahkan kini kuliner sudah tidak lagi menjadi kebutuhan primer semata melainkan sudah beranjak menjadi kebutuhan rekreatif.

Makan di luar menjadi alternatif berwisata bersama dengan keluarga atau handai taulan. Selain bisnis kuliner untuk wisata, bisnis kuliner online juga sudah mulai dikembangkan. Kamu bisa memesan melalui website dan dengan sekali klik makanan bisa disajikan dan diantar ke rumah.

Ingin memanfaatkan kondisi dan berwirausaha bidang kuliner?  Berikut aneka ide bisnis kuliner online yang menjanjikan.

1. Masakan Beku

Pernahkah kamu membayangkan masakan siap saji, namun awet yang dapat dijual dan jadi ladang penghasilan? Pasti sudah tahu bahwa masakan tidak akan tahan lama. Mungkin masakan yang diproses lama pemanasannya maksimal bisa bertahan selama 2 hari itupun harus dihangatkan berulang. Jika kita berjualan kemudian tidak langsung  dibeli sudah pasti tidak bisa lagi menjualnya untuk keesokan harinya. Rugi dong karena berarti kamu harus membuang makanan tersebut.

Nah sebuah ide bisnis kuliner spektakuler yang juga bisa menjadi lahan bisnis kuliner adalah masakan beku. Menyediakan masakan beku ini bahkan bisa dijadikan lahan bisnis kuliner online yang menjanjikan. Lalu jenis masakan yang dijual seperti apa? Untuk membuat masakan beku, yang sebaiknya bisa digunakan adalah masakan yang tidak mudah rusak ketika berada pada kondisi ekstrem. Sayuran lunak mungkin kurang tepat. Masakan berbahan dasar daging menjadi pilihan tepat untuk ide ini.

Sebagai contoh adalah rendang daging, gulai ayam, opor ayam dan sejenisnya. Masakan beku bisa dikemas di dalam wadah mika tertutup rapat. Pembeli tinggal memanaskan masakan sebelum disajikan.

2. Masakan Rumahan

Saat ini masakan rumahan menjadi idaman para penggemar kuliner. Gaya masakan rumahan membuat orang terutama para perantau menjadi pengobat rindu kampung halaman. Bagi yang tidak sempat memasak pun masakan rumahan menjadikan seolah sedang mencicip masakan keluarga. Siapa bilang masakan rumah tidak bisa dijadikan lahan bisnis kuliner online?

Kamu bisa menjualnya melalui website dan ada layanan pesan antar. Apalagi saat ini sudah berkembang layanan transportasi online di mana aplikasi menyediakan pula pemesanan makanan online. Seperti apa sih contoh masakan rumahan yang bisa diajukan untuk dijual online? Contoh masakan antara lain adalah oseng-oseng, sayur sop, sayur bening, aneka lodeh, lauk pauk olahan seperti bacem, ayam goreng, terik tahu atau tempe dan lain sebagainya. Pengemasan bisa dalam kotak makanan, mika,  plastik, dan lain sebagainya.

Hanya saja untuk masakan rumahan, sistem layanan antar biasanya memiliki batas maksimal lokasi antar mengingat masakan kurang enak jika dikonsumsi terlalu dingin dan khawatir terjadi kerusakan ketika harus diantarkan ke lokasi jauh atau diantar menggunakan paket sudah pasti bisa terjadi kerusakan. Lalu untuk menarik minat pembeli apakah yang bisa dilakukan? Kamu harus menjual masakan rumahan yang unik misalnya sayur lodeh rebung, oseng-oseng jantung pisang, sayur bobor bayam.

Jenis masakan tersebut mengingatkan kuliner kuno tetapi sangat menarik dan digemari. Pemberian nama pada setiap aitem masakan juga menjadi daya tarik sendiri misalnya sup jagung mertua, oseng kacang panjang eksplosif (pedas), dan lain sebagainya.

3. Masakan Dalam Kaleng

Sebagaimana masakan beku, masakan dalam kaleng memberikan tingkat keawetan yang luar biasa. Bahkan masakan yang dikalengkan dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Masakan kaleng dapat dijadikan ide bisnis kuliner yang memberikan hasil maksimal. Pernahkan kamu mendengar gudeg kaleng?

Ya, masakan gudeg yang menjadi ikon masakan Yogyakarta tersebut kini bisa dijumpai di mana saja karena sudah bisa dibeli dalam bentuk kaleng. Bahkan gudeg kaleng sudah dijual dalam skala ekspor. Kamu bisa menjadi pengikut bisnis kuliner olnline masakan kaleng dengan aneka bentuk masakan. Memang tidak semua masakan bisa dikalengkan. Masakan seperti sup sedikit rentan jika diproses dengan tekanan. Pengalengan membutuhkan sistem sterilisasi di mana sterilisasi membutuhkan panas dan tekanan tinggi.

Adapun sayuran dapat mengalami kerusakan jika memperoleh tekanan tinggi atau pemanasan berlebih. Masakan berbahan dasar daging seperti rendang, gulai, tongseng, ayam bacem bisa dijadikan alternatif masakan kaleng. Masakan kaleng bisa menjadi bisnis kuliner online yang bakal diburu konsumen bahkan hingga mancanegara. Mungkin yang perlu kamu investasi adalah pembelian alat pengkalengan. Kamu juga perlu mempelajari teknik pengalengan untuk bisa mempertahankan kualitas masakan sehingga layak konsumsi meskipun disimpan dalam waktu cukup lama.

4. Camilan Sehat

Camilan sangat digemari banyak khalayak. Tak terbatas usia. Bisnis camilan bisa menjadi lahan bisnis kuliner online yang menjanjikan. Ide bisnis kuliner ini terinspirasi oleh makanan-makanan anak yang sejak dahulu sudah banyak dijual dan diproduksi oleh perusahaan besar dalam bentuk camilan dalam kemasan. Kamu bisa memproduksi dalam skala rumah tangga dalam bentuk kemasan praktis. Bisa dalam kotak kuliner, bisa juga, dalam plastik atau mika yang tertutup rapat.

Jika modal cukup, camilan juga bisa dikalengkan. Bisnis kuliner online camilan sehat pasti akan diburu konsumen. Lalu, bagaimana sih membuat camilan sehat. Yang jelas harus mengetahui tentang camilan sehat itu seperti apa. Sehat haris memenuhi standar gizi, tidak menggunakan pengawet, tidak menggunakan pewarna buatan. Kentang goreng, ketela goreng masuk dalam kategori camilan sehat.

Aneka keripik bisa pula dijual. Aneka produk ikan goreng kering seperti belut, wader, udang goreng bisa juga menjadi camilan sehat yang diburu. Untuk memasarkan bisa menitipkan di layanan toko atau aplikasi online yang sudah tersedia, namun bisa juga dengan menjual sendiri melalui sistem perpesanan online misalnya. Kamu juga bisa membuka website sendiri.

5. Aneka Kue

Bisnis kuliner online yang menjanjikan selanjutnya adalah jualan kue. Kue bisa berupa kue kering maupun basah. Aneka kue ulang tahun, aneka bolu dan juga berbagai jenis kue bisa dijual secara online. Konsumen saat ini lebih menyukai cara transaksi praktis tanpa harus beranjak dari tempat duduknya. Tinggal sekali klik, pesanan bisa diantar sesegara mungkin. Kue dapat difoto contoh jadinya kemudian diberi nama yang menarik tentu akan menarik minat calon pembeli.

Aneka kue yang dihias tidak harus berupa tart juga, sangat digemari. Sebagai contoh adalah kue bolu yang bagian atasnya diberi topping dengan hiasan menarik. Berilah ulasan di setiap item produk yang dijual di dalam website. Dijamin pembeli akan tertarik untuk memesan produk yang kamu jual. Harga yang kompetitif,  bentuk yang kreatif akan membuat usaha kamu pun laris manis.

Bagaimana, tertarik berbisnis kuliner spektakuler dengan untung bombastis? Cobalah aneka bisnis di atas.

sumber gambar: https://unsplash.com/photos/VRB1LJoTZ6w